Published on

Careers

11 pertanyaan Facebook saat interview kandidat

Maria Yuniar

interview_10.jpg

Facebook tahun ini dinobatkan oleh perusahaan rekrutmen, Glassdoor, sebagai tempat terbaik untuk bekerja. Dengan banyaknya benefit bagi karyawan, gaji yang tinggi, perkembangan karier, banyak yang ingin bekerja di Facebook. Dengan banyaknya peminat, bagaimana cara Facebook melakukan rekrutmen? Ternyata dalam sesi wawancara, ada 11 pertanyaan yang biasanya ditanyakan Facebook kepada kandidat. Apa saja sih? (Baca juga: Apa saja 10 pertanyaan umum dalam interview kerja?)

 

Apa saja pengalamanmu dalam berkolaborasi?

Hampir semua pekerjaan membutuhkan kemampuan berkolaborasi. Oleh karena itu, Facebook ingin mengetahui cara kandidatnya berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya. Dari sana, raksasa teknologi ini dapat memahami kecocokan kandidat dengan budaya perusahaan. (Baca juga: Persiapan wajib dalam menghadapi interview kerja)

 

Apa yang membuatmu semangat?

Dalam hampir semua pekerjaan, semangat yang baik dapat membawa hasil kerja maksimal. Karena itu, Facebook tertarik untuk mengetahui hal-hal yang membuat kandidatnya semangat bekerja. Misalnya, promosi atau lingkungan perusahaan yang baik. (Baca juga: Hati-hati saat jawab 5 pertanyaan interview ini)

 

Bagaimana kamu membangun relasi?

Komunitas para profesional di bidang HR, Sociiety for Human Resource Management (SHRM) tahun 2017 melakukan survei mengenai kepuasan bekerja. Hasilnya, sekitar 48 persen responden menyebut relasi dengan rekan kerja sebagai hal yang paling penting. Facebook pun ingin mengetahui cara kandidatnya membangun hubungan dengan rekan kerja dan manager ketika bekerja.

 

Apa yang akan kamu lakukan bila pewawancara tak kunjung tiba?

Dengan pertanyaan ini, Facebook dapat mengetahui reaksi kandidat ketika ada hal yang salah. Apakah mereka akan menelepon pewawancara, pergi begitu saja, atau mungkin menghubungi orang lain di kantor dan mencari tahu apa yang sedang terjadi?

 

Apa proyek yang paling membuatmu bangga?

Melalui pertanyaan ini, Facebook ingin menggali sisi terbaik dari kandidat. Dengan begitu, kandidat bisa mempromisikan diri. Di sisi lain, Facebook ingin melihat cara kandidat memberikan apresiasi terhadap rekan-rekan kerjanya.

 

Mengapa kamu ingin bekerja di Facebook?

Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman kandidat seputar Facebook dan yang kandidat harapkan dari pekerjaannya nanti di Facebook. Karena itu, jawaban kandidat harus bisa meyakinkan bahwa pekerjaan ini sangat penting baginya.


Sumber: memedroid.com

 

Apa pencapaian terbaikmu?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang lebih baik daripada menanyakan kelebihan kandidat. Sebab, Facebook dapat mengetahui bagaimana pencapaian kandidat di dunia kerja serta kemawasan diri mereka.

 

Apa tantangan terbesar yang pernah kamu alami?

Hal ini jauh lebih baik daripada menanyakan apa kelemahan kandidat. Pertanyaan ini dapat digunakan untuk mengetahui tantangan yang pernah dialami para kandidat dan cara mereka akan menyelesaikan tantangan di suatu pekerjaan.

 

Apakah kamu pernah berselisih pendapat dengan manager?

Dengan beragamnya gaya kepemimpinan para manager, tentu berselisih pendapat kandidat dengan managernya pasti pernah terjadi. Lewat pertanyaan ini, Facebook dapat mengetahui langkah kandidat menyampaikan pendapatnya terhadap manager, dan cara konflik tersebut diselesaikan.

 

Apa tantangan Facebook ke depannya?

Pertanyaan ini akan memperlihatkan tiga hal dari kandidat. Pertama, riset kandidat terhadap Facebook. Kedua, hasil riset yang digunakan kandidat dalam mencari tantangan Facebook. Ketiga, sudut pandang kandidat dalam melihat Facebook dan dunia.

 

Bagaimana pandangan rekan kerja terhadap dirimu?

Pertanyaan ini merupakan bentuk lain untuk meminta kandidat memperkenalkan diri. Para kandidat pun dapat menceritakan diri mereka secara lebih obyektif.

Bagaimana pendapatmu? Apakah kamu juga pernah menerima pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam wawancara kerja, meski bukan di Facebook?

Sumber:
fastcompany.com

Tags

Share

Artikel Terkait

susah-mendapatkan-kandidat-EKRUT.jpg

Careers

Ini sebabnya kamu sulit mendapatkan kandidat terbaik

Widyanto Gunadi

20 January 2022
4 min read
H1_.jpg

jobs

Apa itu tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule)? Simak informasi selengkapnya di sini!

Luqman Hafidz

17 January 2022
5 min read
perusahaan-yang-bergabung-dengan-EKRUT.jpg

Careers

Get, Touchten, dan Investree Mencari Karyawan Baru di Ekrut

Tsalis Annisa

10 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read