Published on

Technology

5 Tips kembangkan situs dengan tren pencarian suara

Widyanto Gunadi

pencarian-suara-EKRUT.jpg

Tahun 2020 diperkirakan pencarian data dan informasi melalui internet dengan suara akan semakin berkembang. Setidaknya, sekitar 30% sessions sebuah situs akan didapatkan dari pencarian suara

Berdasarkan hal ini, maka tidak diragukan lagi jika nantinya pencarian suara akan semakin diminati dan berkembang. Lalu, bagaimana langkah untuk memajukan situs seiring dengan perkembangan pencarian suara? 

1. Susun strategi SEO lokal

SEO lokal adalah upaya mengoptimasi situs bisnis di mesin pencarian untuk pencarian lokal atau berdasarkan lokasi pengguna. Jika kamu memiliki bisnis seperti restoran kamu bisa sangat memanfaatkan fitur ini dan menyusun strateginya dengan baik. 

Misalnya saja dengan menuliskan informasi lengkap mengenai bisnismu, seperti lokasi, harga, nomor telepon, jam buka, produk atau layanan apa saja yang kamu tawarkan. Selain itu, ulasan juga akan membantumu dalam mendapatkan kredibilitas .

Nah, dengan informasi yang lengkap, dan jelas akan memudahkan bisnismu untuk muncul pada pencarian suara.  Selain itu, dengan ulasan yang bagus akan memperluas peluangmu untuk mendapatkan posisi pertama di mesin pencarian. 

2. Jadikan situs dan kontenmu mobile friendly 

Kamu  perlu menjadikan situsmu mobile friendly semaksimal mungkin karena telepon genggam adalah perangkat utama tempat orang melakukan penelusuran suara. Kamu  dapat menggunakan uji Google Mobile Friendly untuk melihat kinerja situs. Tes ini akan menunjukkan poin-poin spesifik yang perlu kamu tingkatkan.  

Kamu juga perlu fokus untuk menjadikan kontenmu mobile friendly. Dengan menjadikan begini, situsmu akan lebih maju seiring perkembangan pencarian suara. 

3. Gunakan kalimat sederhana, dan singkat

Kenapa? Karena umumnya saat seseorang mencari dengan menggunakan pencarian suara, maka pertanyaan yang dilontarkan akan cenderung sederhana, dan singkat. Pertanyaan yang dilontarkna juga umumnya mudah diterjemahkan mesin pencarian, serta mudah dimengerti oleh AI (artificial intelligence). 

Jadi, pastikan informasi yang kamu berikan menggunakan kalimat sederhana, dan kata kunci yang jelas. 

4. Perhatikan kecepatan situs

Kecepatan situs merupakan hal yang terpenting untuk mendapatkan nilai tambah dari Google, baik dalam hal pencarian berbasis teks, maupun dengan pencarian suara. Hal ini pun sebaiknya tidak dianggap remeh jika kamu ingin situsmu berada di urutan pertama. 

Karena jika Google menemukan situs yang serupa, namun memiliki kecepatan dalam memuat atau loading yang lebih baik dari situsmu, maka Google akan menjadikannya di posisi pertama dalam hasil mesin pencarian. 

5. Sajikan konten dengan gaya bahasa seperti berbicara

Jika sasaran utamamu adalah mendapatkan sessions dari pencarian suara, maka memastikan kontenmu dituliskan dalam gaya bahasa seperti berbicara merupakan hal yang penting. 

Selain itu, pastikan kalimat yang kamu tuliskan juga mudah untuk dipahami, sekalipun informasi yang kamu berikan adalah informasi yang sangat berbobot atau high level

Seiring berjalannya waktu, sangat penting bagimu untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.  Guna memastikan konten situsmu dapat terus berkembang dan beradaptasi, penting bagi kamu untuk melakukan optimasi pencarian suara. 

Sumber:

  • thenextweb.com
  • theforbes.com

Tags

Share

Artikel Terkait

cara-mengoptimalkan-media-sosial-EKRUT.jpg

Technology

Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Widyanto Gunadi

21 January 2022
5 min read
data_analytics.png

Technology

Manfaatkan data analytics untuk kembangkan bisnis!

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
google_analytics.jpg

Technology

7 tips Google Analytics untuk business intelligence

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read