Published on

Technology

4 Fakta seputar regulasi IMEI, ponsel impor harus waspada

Tsalis Annisa

regulasi-IMEI-EKRUT.jpg

Regulasi seputar kontrol IMEI cukup membuat sebagian orang bertanya-tanya, apa sebenarnya tujuan dari diberlakukannya hal ini. Nah, untuk menjawab beberapa pertanyaanmu, berikut ini adalah beberapa fakta yang menarik untuk kamu ketahui. 

1. Menanggulangi telepon genggam black market

Diberlakukannya kontrol IMEI pada 17 Agustus 2019 bertujuan untuk menghilangkan telepon genggam black market yang ada dipasaran. Meski begitu, telepon genggam black market yang dibeli sebelum tanggal tersebut akan mendapatkan pemutihan. 

Sedangkan untuk telepon genggam yang dibeli dari luar negeri setelah tanggal 17 Agustus, tidak bisa dipakai di Indonesia. Jadi, jika kamu ingin berniat membeli telepon genggam dari luar negeri, nampaknya kamu harus mengurungkan niatmu. 

2. Melindungi industri dalam negeri

Saat peraturan ini berlaku, akan ada pemblokiran untuk telepon genggam yang tidak memenuhi kententuan. Dengan begini pemerintah secara otomatis dapat melindungi konsumen dan industri dalam negeri. 

Perlu kamu ketahui bahwa dari tahun ke tahun industri telepon genggam dalam negeri tengah mengalami pertumbuhan produksi. Di mana angka produksi telepon genggam dalam negeri meningkatkan hingga 68 juta unit di tahun 2016. Dengan diberlakukan pertauran ini, diharapkan produksi dapat semakin meningkat. 

3. Ini yang terjadi pada telepon genggam milik turis asing

Meski telepon genggam dari luar negeri tidak bisa digunakan di Indonesia, hal ini ternyata tidak berlaku untuk turis asing. Pasalnya, mereka bukanlah target penertiban telepon genggam ilegal. 

Mengenai hal ini, pemerintah akan memyiapkan mekanisme tertentu. Hanya saja hal ini masih belum bisa disampaikan lebih lanjut. 

4. Masyarakat tidak perlu melakukan cek IMEI segera

Meski sudah diberitakan sejak dini, saat ini halaman untuk melakukan pengecekan IMEI masih sedang dalam persiapan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu buru-buru mengeceknya. 

Itulah beberapa hal mengenai regulasi IMEI yang akan berlaku pada tanggal 17 Agustus mendatang. Sekarang kamu sudah tahu apa tujuan peraturan ini, bukan? 

Peraturan ini diberlakukan bertujuan untuk melindungi industri dan kamu sebagai konsumen pengguna ponsel. Jadi, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan peraturan baru ini, ya!

regulasi IMEI - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Laptop_Terjangkau_Untuk_Desain_Grafis_Terbaik_Tahun_2022.jpg

    Technology

    10 Laptop Terjangkau untuk Desain Grafis Terbaik Tahun 2022

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    10 August 2022
    7 min read
    Cara_Refresh_Laptop_yang_Tepat_agar_Tidak_Lemot-2022.jpg

    Technology

    Cara Refresh Laptop yang Tepat agar Tidak Lemot (2022)

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    21 June 2022
    5 min read
    H1_Artificial_Intelligence.jpg

    Technology

    Artificial Intelligence (AI): Definisi, Cara Kerja, dan Contohnya

    Natasya Primatyassari

    14 June 2022
    5 min read

    Video