Published on

Careers

6 Kesalahan fatal saat interview ini bisa mengancam kariermu

Maria Yuniar

kesalahan-fatal-saat-interview-EKRUT.jpg

Sudah sejauh mana persiapanmu menghadapi interview kerja? Apakah kamu telah mempelajari berbagai pertanyaan yang biasanya diajukan perekrut? Selain itu, hindarilah enam kesalahan fatal ini.

Sebab, jika kamu melakukannya, niscaya perekrut akan mencoretmu dari daftar kandidat. Apa sajakah kesalahan yang harus kamu hindari? 

1. Salah kostum

Saat menghadiri setiap wawancara kerja, usahakan untuk selalu terlihat rapih dan profesional. Memang sih, setiap profesi biasanya memiliki style berpakaian tersendiri. Misalnya, para pekerja startup cenderung memilih pakaian startup.

Jadi, ketika kamu datang ke interview kerja di sebuah perusahaan rintisan atau startup, kamu bisa menyesuaikan pilihan pakaianmu. Meski kasual, bukan berarti asal-asalan lho! Apa pun perusahaannya, kamu harus tetap tampil rapih. Jangan sampai kamu salah kostum dan membuat perekrut jadi tak percaya dengan kredibilitasmu.

2. Datang terlambat

Kesan pertama, apa pun itu, selalu membawa dampak yang besar. Jadi, sudah bisa ditebak nasib kandidat yang datang terlambat ke wawancara kerja. Sebenarnya, keterlambatan ini bukan hanya mencerminkan buruknya kemampuan manajemen waktu seorang kandidat. Namun, kandidat juga dianggap tidak menghargai perusahaan dan perekrut yang mengundang.

Perhitungkan waktu tempuh dari tempat tinggalmu ke lokasi wawancara. Jangan sampai terlambat. Lebih baik datang lebih awal. Dengan demikian, kamu tidak terburu-buru dan masih memiliki waktu untuk menenangkan diri sebelum menghadapi wawancara.

3. Membawa minuman

Kamu boleh saja menunggu waktu wawancara sembari ngopi di kafe. Namun, jangan bawa kopi atau minuman lainnya ke dalam ruang interview. Jika kamu memang butuh minum, lakukan sebelum wawancara.

Apa efeknya jika kamu membawa minumanmu masuk ke ruang interview? Kamu bisa dicap tidak profesional. Padahal, proses wawancara akan mempengaruhi perekrut dalam menilai sikapmu, baik dalam membawa diri, menjawab pertanyaan, dan kontak mata.

Keberadaan secangkir atau sebotol minuman di hadapanmu tentu akan menjadi sebuah gangguan. Selain itu, bagaimana jadinya jika minuman tersebut tumpah di tengah-tengah wawancara?

kesalahan fatal saat interview - EKRUT
Sebelum memasuki ruangan interview, ada baiknya kamu mematikan ponsel terlebih dahulu  - EKRUT

4. Menggunakan ponsel

Sebelum menghadiri sebuah interview kerja, ada baiknya kamu menonaktifkan mode suara pada ponselmu. Selain itu, jangan chatting dengan ponselmu di ruang wawancara.

Sebab, selain tidak sopan dan mengganggu, tindakanmu ini bisa membuat perekrut menilai seolah-olah kamu meremehkan perusahaan yang mengundangmu wawancara. Jangan pernah menerima panggilan, atau bahkan menelepon selama wawancara berlangsung. Untuk menghindarinya, simpan ponselmu di dalam tas.

5. Terlalu banyak bicara

Apakah yang paling buruk dari sebuah wawancara? Jika kandidat tidak berhenti bicara. Perekrut tidak perlu mengetahui semua kisah hidupmu. Jadi, berikan jawaban yang singkat dan padat.

Tak usah ceritakan kehidupan pasanganmu atau bahkan masalah internal keluarga. Seramah apa pun perekrut, sesi interview tetap saja harus berjalan dengan profesional.

6. Ketahui apa saja hal yang sebaiknya tidak kamu katakan

Selain beberapa hal di atas, kamu juga perlu tahu apa saja hal yang sebaiknya tidak kamu katakan saat interview. Misalnya saja, hindari mengatakan bahwa kamu membenci perusahaanmu yang sekarang atau bahkan mengatakan bahwa kamu tidak memiliki kekurangan sama sekali. 

Agar lebih paham, cari tahu hal apa saja yang terlarang kamu katakan saat interview di sini.

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, semoga kamu bisa mempersiapkan diri lebih baik, ya, ketika menerima undangan interview kerja. Kamu juga bisa lho, mencari peluang kerja baru dengan cepat dan mudah.

Caranya dengan bergabung di talent marketplace EKRUT. Di platform ini, kamu hanya perlu melakukan registrasi sekali, untuk ratusan peluang dari berbagai perusahaan.

Sumber:

  • thebalancecareers.com

Tags

Share

Artikel Terkait

temukan-kandidat-terbaik-untuk-perusahaan-EKRUT.jpg

Careers

4 Langkah temukan kandidat terbaik untuk perusahaan

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
wawancarai_lagi_kandidat.png

Careers

Ingin mewawancarai lagi kandidat yang pernah Anda tolak?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
wawancara_kerja_freshgrad.png

Careers

Fresh grads, pelajari pertanyaan-pertanyaan untuk interview pertama

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read