Published on

Careers

7 contoh cover letter dan tips agar dilirik HRD

Tsalis Annisa

contoh_cover_letter_EKRUT.jpg

Cover letter seharusnya bisa mencerminkan kemampuanmu, beserta pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu ambil. Tapi sayangnya, seringkali para calon pegawai tak menunjukkan hal tersebut dengan tepat di dalam cover letter.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk tahu bagaimana cover letter yang menarik dengan melihat 6 contoh cover letter di bawah ini.

Seperti apa contoh cover letter yang ideal?

Seperti apa contoh cover letter yang ideal?
Terdapat perbedaan antara cover letter dan surat lamaran bila dilihat dari fungsinya - EKRUT

Untuk membuat cover letter yang ideal, terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai menulisnya.

1. Seberapa penting cover letter untuk melamar kerja?

Saat melamar pekerjaan baru, sangat penting buat kamu untuk membuat cover letter yang disebut juga application letter dengan baik. Beberapa orang sering melupakan untuk membuat cover letter yang layak dan membuatnya dengan terburu buru, sehingga informasi dan relevan tidak dimasukkan ke dalam surat tersebut.

Dapat dikatakan bahwa cover letter sama halnya dengan first impression perusahaan terhadap calon pegawainya. Surat tersebut memberikan gambaran kepada recruiter untuk mengenal calon karyawan baik secara profesional maupun individual. 

Tidak semua pelamar kerja akan lolos ke tahap wawancara, kamu harus menggunakan cover letter untuk menarik perhatian perekrut. Sehingga kamu perlu untuk menyesuaikan cover letter dengan pekerjaan yang kamu lamar, pastikan tidak ada kesalahan pengejaan atau tata bahasa. 

Baca juga: 3 Langkah tepat saat diminta surat referensi oleh HRD

2. Perbedaan cover letter dan surat lamaran

Ada berbagai macam jenis dokumen yang biasanya perlu kamu kirimkan kepada perekrut saat melamar kerja, mulai dari cover letter hingga surat lamaran. Meski terdengar sama, nyatanya kedua dokumen ini berbeda. Agar kamu tidak bingung lagi, berikut adalah perbedaan dan penjelasannya yang perlu kamu ketahui. 

  • Cover letter biasanya selalu disertai resume karena informasi yang kamu sampaikan tidak lengkap dan di dalamnya hanya terdiri dari 3 hingga 4 paragraf saja.

Ada baiknya isi di dalam cover letter bukanlah informasi ulangan dari resume yang telah dibuat, melainkan informasi baru dan unik sebagai karyawan yang memberikan perekrut wawasan baru terhadapmu. Dengan begini, mereka tertarik untuk memberikan kamu kesempatan untuk bertemu mereka. 

  • Sedangkan untuk surat lamaran, dokumen ini berdiri sendiri meski tanpa ada informasi terkait lowongan sekalipun. Fungsi dari surat lamaran ini mampu menggantikan resume karena isinya lebih luas dan mendalam boleh berisi lebih dari satu halaman.

Di dalamnya menyoroti tentang keterampilan, kualifikasi, kekuatan dari pekerjaan sebelumnya di mana informasi ini berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Fungsi dari surat lamaran ini biasanya untuk memasarkan diri pada atasan, menarik atasan dan meyakinkannya untuk memanggil kamu dalam wawancara.

Baca juga: Contoh deskripsi diri agar CV kamu semakin menarik

3. Mencantumkan referensi dalam cover letter

Jika kamu mendapatkan referensi dari seseorang yang bekerja di perusahaan yang kamu lamar, kamu juga perlu mencantumkannya. Secara umum, kamu perlu membahas orang tersebut di paragraf pembuka untuk mendapatkan perhatian perekrut yang sudah mengenal pemberi referensimu.

7 Contoh cover letter

7 Contoh cover letter
Cover letter dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon pekerja. - EKRUT

Contoh cover letter di bawah ini akan mendemonstrasikan bagaimana struktur cover letter yang baik dan benar. Berikut 7 contoh cover letter yang dapat dijadikan referensinya.

1. Contoh cover letter untuk freelancer

Bila kamu ingin melamar pekerjaan paruh waktu, kamu disarankan menyebutkan beberapa hal penting di cover letter. Pasalnya, hal ini akan mempermudah proses seleksi, dan tentunya  usahamu ini akan diapresiasi oleh perekrut.

contoh cover letter - EKRUT

2. Contoh cover letter untuk magang

Tak banyak perbedaan antara cover letter untuk melamar magang dan pekerjaan penuh waktu. Namun, kamu tetap harus fokus pada kebutuhan perusahaan akan karyawan magang.

Cantumkanlah beberapa hal yang dapat kamu kontribusikan bagi perusahaan bila kamu diterima. Berikut ini adalah contoh cover letter magang yang bisa menjadi referensimu.

Contoh cover letter magang EKRUT

Baca juga: 5 Cara membuat website pribadi untuk personal branding

3. Contoh cover letter untuk fresh graduate

Sebagai lulusan baru, umumnya tak banyak pengalaman bekerja yang kamu miliki. Karena itu, cover letter yang kamu buat sebaiknya berfokus pada kemampuan-kemampuanmu, dan pengetahuanmu seputar perusahaan yang kamu lamar.

Jika kamu memiliki pengalaman kerja selama masa kuliah, tentu hal ini dapat menjadi nilai lebih dan penting untuk kamu cantumkan juga. Berikut ini adalah contoh cover letter untuk fresh graduate.

contoh cover letter - EKRUT

4. Contoh cover letter jika kamu ingin berganti pekerjaan

Bila kamu berencana untuk berganti pekerjaan, tentu pengalamanmu di tempat kerja sebelumnya tak begitu relevan. Karena itu, kamu disarankan untuk menyatakan alasanmu berganti pekerjaan beserta kemampuan apa yang kamu tawarkan untuk perusahaan yang akan kamu lamar.

Berikut ini adalah contoh cover letter yang bisa menjadi referensimu. 

5. Contoh cover letter jika kamu sedang tidak bekerja

Sedang tidak bekerja atau mengganggur bukan berarti kamu tidak punya kesempatan untuk berkembang. Paham bagaimana cara membuat cover letter yang baik dapat membantumu mendapatkan pekerjaan baru.

Cobalah untuk menyebutkan dengan jujur mengapa kamu berhenti atau diberhentikan dari pekerjaan sebelumnya. Jika kamu melakukan kesalahan di tempat kamu bekerja sebelumnya, cobalah untuk mengakuinya. Kejujuranmu ini mungkin dapat memberikan nilai tambah untuk kamu.

Tapi ingat, meski menyebutkan alasan kamu berhenti atau diberhentikan, kamu tetap perlu memberikan alasan mengapa kamu tetap berhak untuk berkembang di tempat kerja yang baru. Di bawah ini adalah contoh cover letter sebagai referensimu.

Klik di sini untuk melihat contoh cover letter sebagai referensimu

6. Contoh cover letter untuk managerial level

Dalam cover letter di managerial level, kamu harus menunjukkan pengalaman sebagai profesional. Kamu juga bisa menekankan bahwa kemampuan yang kamu miliki dapat memberikan dampak positif pada perusahaan. 

Contoh cover letter untuk managerial level
7. Contoh cover letter jika ada gap year

Jika kamu memiliki jeda karena berbagai macam alasan, sebelum melamar pekerjaan yang baru, maka kamu harus menceritakannya di cover letter yang akan kamu buat. Kamu juga bisa menjelaskan alasan kenapa terdapat jeda dimana kamu tidak bekerja.

Pastikan kamu memberi tahu mengenai pengalaman kerja sebelumnya, serta kemampuan yang dimiliki. Sebutkan juga bahwa kamu memiliki kemauan yang kuat untuk kembali bekerja. Dalam kasus ini biasanya perekrut akan menilai apakah secara psikologi dan logika kamu siap bekerja. Berikut contoh dari cover letter dengan gap year.

Contoh cover letter jika ada gap year

Mendapat referensi? Begini cara mencantumkannya di dalam cover letter

Jika kamu mendapatkan referensi dari seseorang yang bekerja di perusahaan yang kamu lamar, kamu juga perlu mencantumkannya.

Secara umum, kamu perlu membahas orang tersebut di paragraf pembuka untuk mendapatkan perhatian perekrut yang sudah mengenal pemberi referensimu.

Di bawah ini adalah contoh cover letter jika kamu mendapatkan referensi.

content_Contoh_cover_letter_dengan_referensi_EKRUT

Baca juga: 3 Langkah tepat saat diminta surat referensi oleh HRD

Cara mengirim lamaran lewat email

Setelah mengetahui cara membuat cover letter yang baik, penting bagimu untuk tahu bagaimana cara mengirim lamaran lewat email yang benar. Bila kamu melihat tulisan “submit your cover letter and resume via email”, bukan berarti kamu bisa mengirim cover letter begitu saja.

Kamu tetap perlu memberikan usaha lebih agar bisa diterima di perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tentu akan melihatmu sebagai calon karyawan yang gigih. Jangan lupa juga untuk tetap berikan penjelasan yang jelas dan ringkas mengenai posisi yang sedang kamu lamar di bagian body email.

Berikut ini adalah contoh cara mengirim lamaran lewat email.

contoh cover letter - EKRUT

Saat melamar pekerjaan, akan ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Mulai dari kelengkapan serta ketepatan dokumen yang dibutuhkan, etika dalam mengirim serta membalas email, hingga bagaimana persiapan interview yang tepat agar upayamu mendapatkan pekerjaan dapat berhasil. 

Oleh karena itu, pastikan kamu memerhatikan beberapa hal seperti pada contoh cover letter di atas. Setelah mengetahui beberapa contoh cover letter yang dapat menarik HRD, kamu juga perlu menghindari beberapa kesalahan dalam membuatnya.

Tips membuat cover letter

Tips membuat cover letter
Cover letter merupakan first impression bagi perekrut sehingga harus dibuat dengan  baik. - EKRUT

Simak beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam proses pembuatan cover letter.

  • Cover letter tidak lebih dari satu halaman.
  • Heading CV dan cover letter harus identik. Jangan lupa sertakan informasi kontak.
  • Gunakan bahasa yang sederhana dan font yang sama dengan CV.
  • Gunakan format surat bisnis dalam tanggal dan keterangan lainnya.
  • Tujukan surat kepada orang yang tepat, lebih kalau spesifik.
  • Cover letter terdiri dari 3 paragraf.
  • Menulis cover letter dengan to the point.
  • Lakukan pengecekan ulang sebelum mengirim cover letter, untuk menghindari kesalahan pengejaan dan tata bahasa.

Saat melamar pekerjaan, akan ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Mulai dari kelengkapan serta ketepatan dokumen yang dibutuhkan, etika dalam mengirim serta membalas email, hingga bagaimana persiapan interview yang tepat agar upayamu mendapatkan pekerjaan dapat berhasil. 

Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan beberapa hal seperti pada contoh cover letter di atas. Setelah mengetahui beberapa contoh cover letter yang dapat menarik HRD, kamu juga perlu menghindari beberapa kesalahan dalam membuatnya.

Cari tahu pula kesalahan dalam membuat cover letter yang mungkin kamu lakukan. 

Nah, untuk lebih mempermudah kamu dalam mendapatkan pekerjaan tanpa perlu repot menyusun cover letter, cobalah untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace.

Cukup daftar dengan menggunakan akun LinkedIn, dan mengisi data diri, pekerjaan yang sesuai akan langsung menghampirimu tanpa perlu melamar ke sana-kemari.

Cari kerja tidak melulu harus kerja keras!

contoh cover letter EKRUT
 Last update: 25 August 2020

Sumber:

  • theinterviewguys.com
  • themuse.com
  • monster.ca
  • chron
  • resumewritinglab

Tags

Share

Artikel Terkait

foto_CV.png

Careers

Cara menyisipkan foto di CV yang profesional

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
cv_fresh_grad.jpg

Careers

Fresh Grads, ayo buat CV pertama Anda!

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
5_Contoh_daftar_riwayat_hidup_yang_profesional_dan_relevan_untuk_ditulis.jpg

Careers

5 Contoh Daftar Riwayat Hidup yang Profesional dan Relevan

Sylvia Rheny

10 January 2022
8 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read