Published on

Careers

7 Bootcamp terbaik untuk menunjang karier profesional

Maria Yuniar

H1_1._7_Bootcamp_terbaik_untuk_menunjang_karier_profesional.jpg

Bertahun-tahun menuntut ilmu di bangku kuliah terkadang belum cukup untuk mendukung perjalanan karier. Sebab, ada soft skill yang harus diasah, dan hard skill yang harus terus dilatih melalui praktik. Nah, untuk yang terakhir ini, kamu bisa mendapatkannya dari bootcamp. Keterampilan yang kamu peroleh di bootcamp akan menunjang pengetahuan teoretis dari kampus. Sebenarnya, sejauh apa sih bootcamp dapat berperan dalam perjalanan kariermu kelak?

Baca juga: Blockchain dan efisiensi industri

Apa itu bootcamp?

Apa itu bootcamp?
Ada banyak program bootcamp yang tersedia seperti kelas programming - Pexels

Bootcamp merupakan program pelatihan dengan materi yang relevan untuk kebutuhan industri. Sehingga, akan berdampak lebih besar pada peluang karier. Ada banyak program yang ditawarkan, tergantung jurusan dan jenis bootcamp. Misalnya saja, kamu memilih coding bootcamp, maka materi yang bisa kamu pelajari di sana antara lain pemograman website, software, Android, atau iOS

Durasi pelaksanaan program juga relatif singkat, yaitu 12 sampai 24 pekan. Sehingga program ini sangat efektif. Kegiatan belajarnya biasanya melalui praktik langsung, dengan bimbingan sejumlah instruktur. Tentunya kamu selalu bisa mengajak mereka berdiskusi.

Baca juga: Bootcamp untuk coding, perlukah?

Keuntungan mengikuti bootcamp

Keuntungan mengikuti bootcamp
Bootcamp memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah waktu yang efisien dan jumlah murid terbatas - Pexels

Bootcamp bisa mendukung gelar sarjana yang kamu miliki. Ini bisa kamu rasakan dalam waktu yang relatif singkat, dalam hitungan bulan. Berikut ini keuntungan-keuntungan bootcamp yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Jumlah murid terbatas

Kelas dalam bootcamp biasanya hanya terdiri dari 15–20 orang. Sehingga materi tersampaikan secara lebih jelas. Kurikulumnya dirancang oleh pengajar dan praktisi langsung yang profesional dan berpengalaman. Tujuannya, agar siswa benar-benar siap terjun ke dunia kerja saat lulus. Kemudian, kamu juga akan dibekali dengan skill-skill lain yang juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Misalnya, langkah-langkah membuat resume, tips sukses menghadapi wawancara, dan lain sebagainya. Kamu kelak juga dibantu mendapatkan pekerjaan. Bahkan biasanya, hiring partner bootcamp sudah siap merekrut saat kamu selesai mengikuti pelatihan.

2. Biaya

Biaya untuk mengikuti bootcamp tidak sampai sepertiga dana yang kamu keluarkan untuk kuliah. Ini relatif kecil untuk benefit yang akan kamu dapatkan setelah lulus. Ilmu yang kamu dapatkan juga dapat dipraktikkan langsung, untuk menunjang teori yang didapat di perkuliahan. Kamu juga berpotensi mendapatkan tawaran gaji yang lebih besar. Jadi, untuk meningkatkan kemampuan dan meningkatkan rate gaji sebagai karyawan, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti bootcamp ini.

3. Waktu

Bootcamp hanya berjalan selama beberapa pekan dan mencetak lulusan yang siap kerja. Meski waktunya relatif singkat, tetap dibutuhkan keaktifan dan inisiatif dari siswa, agar materi yang disampaikan benar-benar dikuasai. Dengan biaya relatif murah, waktu yang singkat, dan kesiapan kerja lulusannya yang lebih tinggi, bootcamp adalah sebuah investasi yang menjanjikan. Jadi, jangan merasa takut mengeluarkan biaya tersebut ya.

4. Mendapatkan peluang karier

Setiap orang mempunyai tujuan masing-masing dalam karier Pikirkan dulu tujuan kamu untuk belajar. Baik untuk bekerja di korporasi, mendirikan start-up sendiri atau bersama-sama membangun perusahaan rintisan. Intinya, bootcamp akan berperan banyak bagi peningkatan karier kamu yang tentunya didukung semangatmu dalam mengembangkan kemampuan.

Baca juga: 10 peran penting dalam tim data science

7 Bootcamp terbaik untuk menunjang karier profesional 

7 Bootcamp terbaik untuk menunjang karier profesional
Sudah tersedia banyak bootcamp di Indonesia yang menarik dan mudah dilakukan - Pexels

Bila kamu sedang ingin memulai karier namun belum menguasai keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja, beberapa tempat bootcamp berikut ini bisa menjadi referensinya. Berikut pemaparan lengkapnya!

1. Binar Academy

Binar Academy adalah sebuah platform end-to-end digital career solutions yang menyediakan binar insight, binar bootcamp, dan job connect. Binar bootcamp menyediakan kelas Full-stack Web Dev, Android Engineering, UI/UX Design & Research, Business Intelligence Analyst, dan Product Management. Binar bootcamp menggunakan kurikulum dan metode belajar praktikal yaitu dengan belajar mandiri dengan real project sehingga kamu bisa menguasai fundamental & best practice. Kamu bisa pilih jadwal kelas dan berdiskusi dengan fasilitator handal.

Setelah selesai program kamu akan mendapatkan rapor belajar juga e-sertifikat. Kurikulum Binar Bootcamp telah mendapatkan sertifikasi dari Education Alliance Finland (EAF). Kamu juga akan mendapat kesempatan disalurkan kerja lewat Binar Talent Solution. Sudah ada lebih dari 3.000 alumni binar bootcamp. Durasi belajar untuk UIX Design, Product Management, Android Engineering adalah 4 bulan sementara Full-stack Web Dev adalah 6 bulan. Harga bootcamp di sini berkisar dari Rp 2.799.000-4.999.000. 

Binar Academy sendiri sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Bank Mandiri, Bank BCA, PT Astra Honda Motor, Telkom Indonesia, Home Credit, Indomaret, Sayurbox, Investree, Dana, Prudential, Kiostix, dll. Jika kamu tertarik, kamu bisa langsung membayar untuk akses kelas premium (bootcamp) di aplikasi Binar Academy atau kamu bisa mencoba kelas silver (materi gratis) mereka terlebih dahulu secara online, dengan mudah, dan kapan saja di aplikasi tersebut. 

2. Revou

Revou menyediakan tiga program yaitu intro programs (1 minggu), advanced programs (7 minggu), dan full programs (6 bulan). Untuk mengikuti program dari revou, pertama kamu perlu mendaftar lalu mengikuti tes penerimaan dan melakukan pembayaran. Untuk pembayaran, kamu bisa langsung melakukan pembayaran tunai atau cicilan selama 6, 12, atau 18 bulan. 

Setelah itu kamu bisa mengikuti kelas yang sudah tersedia secara online. Program di Revou menawarkan kesempatan berkonsultasi dengan tutor, membuat portofolio, mendapat pembinaan karir, juga garansi uang kembali jika kamu tidak mendapat pekerjaan setelah menyelesaikan program. Program gratis mereka yaitu Intro programs selama 1 minggu dibuka untuk kelas Digital Marketing, Tech Sales & Business Development, dan Data Analytics. Sementara tiga kelas yang sama juga dibuka untuk full programs selama 6 bulan. 

Sementara kelas advanced programs hanya menyediakan dua topik yaitu advanced SEO dan advanced social media.  Alumni Revou sudah bekerja di Tokopedia, Shopee, Traveloka, Bukalapak, Gojek, Lazada, Grab, Qraved, UangTeman, fabelio, Orami, DocDoc, Alodokter, Halodoc, dan Kompas.  

3. Hacktiv8

Hacktiv8 menyediakan program bootcamp, professional development, dan corporate. Program bootcamp Hacktiv8 tersedia untuk kelas Fullstack Javascript Immersive (selama 16 minggu seharga Rp 45.000.000), Fullstack Javascript Flex (selama 30 minggu seharga Rp 51.000.000) dan Data Science (selama 12 minggu seharga Rp 45.000.000).  Program ini menyediakan kelas pemrograman, pembinaan membuat resume dan portofolio, pembinaan karir dan interview kerja, juga diskusi bersama teman-teman satu batch. 

Untuk pembayaran program bootcamp sendiri, Hacktiv8 menawarkan metode Income Share Agreement, yaitu perjanjian bagi hasil di mana siswa hanya membayar refundable deposit dan membayar biaya sisanya setelah siswa lulus dan diterima bekerja.Alumni Hacktiv8 telah bekerja di Investree, Sinarmas, Loket, Hijup, TaniHub, Mekari, Asumsi, Alodokter, dll sebagai Fullstack Developer, Software Enginer, Backend Developer, atau Frontend Developer. 

Baca juga: Lahir di Indonesia, Theresia Gouw masuk daftar perempuan terkaya Forbes

4. Purwadhika

Purwadhika menyediakan program Job Connector, Job Accelerator, Digital for Executive, juga Online Workshop. Program Job Connector selama 6 bulan menyediakan kelas Full Stack Web Development, Data Science & Machine Learning, Digital Marketing, UI/UX Design dengan biaya sekitar Rp 17.600.000-34.100.000. Program Job Accelerator (bootcamp) selama 10 minggu menyediakan kelas Advanced Performance Marketing, Advanced SEO, Advanced Social Media, dan Machine Learning Engineering dengan biaya sekitar Rp 16.500.000. 

Program Digital for Executive selama 9-11 minggu menyediakan kelas Introduction to Digital Marketing, Strategic Digital Marketing for Leaders, Data Science for Leaders, dan Data Analysis dengan biaya sekitar Rp 12.100.000-14.300.000. Kamu juga bisa mencoba program Online Workshop mereka selama 2-4 jam dengan topik Web & Mobile Development, Data Science & Machine Learning, Digital Marketing, UI/UX Design, Business dan Startup seharga Rp 160.000-800.000. Beberapa perusahaan yang telah merekrut alumni Purwadhika seperti Jenius, Amartha, Pegipegi, Doku, Sinarmas, Gojek, Jd.id, Alodokter, Kaliber, dan Tokopedia. 

Baca juga: Ini perbedaan Data Engineer dan Data Scientist 

5. Arkademy

Ada 2 bootcamp yang bisa diikuti di Arkademy yaitu, Fullstack Website Developer dan DevOps Engineer. Arkademy menawarkan kesempatan belajar dengan mentor berpengalaman, pelatihan intensif, disalurkan bekerja di perusahaan rekanan serta pembayaran Income Share Agreement (ISA). Ketentuan ISA tersebut adalah membayar Rp 2.000.000-36.000.000 setiap bulan selama 12-18 bulan untuk pelatihan 6-13 minggu yang diikuti siswa. Sudah ada sekitar 763 alumni dan sekitar 274 perusahaan rekanan seperti Alodokter, Rekeningku, Tokopedia, Barito Technologies, Modal Rakyat, dll. 

6. Impact Byte

Impact Byte menyediakan program full time untuk Full Stack Web Development selama 14 minggu seharga Rp 15.000.000 untuk program online, Rp 18.000.000 untuk program offline di Batam, dan Rp 25.000.000 untuk program offline di Jakarta. Ada juga program part time dengan topik Build Web Application, Android Development, React Native Class, UI/UX Design Class, dan Beginner Front End Web Development dengan kisaran harga Rp 5.000.000-5.200.000.

Pembayaran program di Impact Byte menyediakan metode cicilan juga Income Share Agreement. Ada juga beasiswa potongan 20% sekitar Rp 5.000.000 untuk perempuan dan penyandang disabilitas yang ingin mengikuti program Full Stack Web Development. Sudah ada 198 alumni yang telah bekerja di perusahaan seperti Shopee, OVO, Amartha, Warung Pintar, IDN Media, Nodeflux, Kitabisa, Qlue, dll. 

7. Haltev

Haltev menyediakan program bootcamp dengan pilihan kelas programming seperti Android Class, Website Class, React Native Class yang berlangsung selama 1-4 bulan dengan biaya sekitar Rp 14.400.000-50.400.000. Dalam waktu belajar tersebut, siswa dapat memilih waktu belajar mereka sendiri. Siswa juga akan mendapat sertifikat dan portofolio hasil projek yang telah dilakukan selama mengikuti program. Sudah ada lebih dari 1.140 lulusan Haltev yang bekerja di lebih dari 15 perusahaan rekanan. 

Baca juga: Talent marketplace: Apa itu dan bagaimana cara kerjanya? 

EKRUT adalah salah satu talent marketplace yang dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan, yuk coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT.
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Setelah mengetahui peran-peran bootcamp tersebut, apa kamu masih ragu untuk mengikutinya?Kalau kamu ingin mengetahui selengkapnya mengenai talent marketplace EKRUT, kamu juga bisa tonton video berikut ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • thefirehoseproject.com
  • medium.com
  • codepolitan.com
  • indeed
  • binar
  • revou
  • hacktiv8
  • purwadhika
  • arkademy
  • impactbyte 
  • haltev

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_contoh_struktur_organisasi.jpg

Careers

5 Contoh Struktur Organisasi Perusahaan untuk Semua Bisnis

Nurina Ulfah

26 January 2022
5 min read
H1_Konsultan.jpg

Careers

Mengenal Profesi Konsultan dan Perannya Bagi Perusahaan

Algonz D.B. Raharja

10 January 2022
6 min read
pengembangan_karier.jpg

Careers

Berikut Pengembangan Karier Anti Wacana yang Bisa Dilakukan

Nelson Simbolon

10 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read