Published on

Technology

Benarkah startup bisa memprediksi masa depan?

Widyanto Gunadi

startup_masa_depan.jpg

Anda mungkin sering bertanya-tanya tentang tren teknologi di masa depan. Beberapa hal menarik seputar teknologi, tren masa depan dan peran manusia selalu menjadi topik menarik. Benarkah manusia bisa memprediksi masa depan melalui startup? Simak ulasannya berikut ini.

Startup: investasi dalam teknologi

Perubahan teknologi yang selalu cepat tidak sekedar memberikan pilihan baru dan kemudahan untuk orang banyak, melainkan juga sebagai faktor pengukur seperti tren di masa mendatang. Selain menawarkan berbagai fungsi bagi penggunanya, teknologi juga memungkinkan adanya inovasi yang efisien. Salah satu bukti kesuksesan teknologi yang cukup advanced  saat ini adalah mobil elektrik yang dikembangkan oleh Elon Musk di Tesla. 

Dalam lima tahun terakhir, perusahaan papan atas yang sebelumnya memiliki nama besar, mulai tergantikan dengan teknologi baru yang cerdas dan sangat efisien. Dari data yang ada, perusahaan-perusahaan dalam jajaran peringkat terbaik saat ini adalah Apple, Google Alphabet, Amazon, Facebook, Tencent dan Alibaba. Hal ini membuktikan peranan teknologi yang sudah mampu menggeser perusahaan konvensional secara global, dalam mengubah tren pasar.

Dengan demikian, perusahaan yang masih belum memanfaatkan teknologi, sudah harus mulai bergerak memanfaatkan setiap kemudahan dan efisiensi yang ditawarkan teknologi, agar bisa bertahan.

Bisakah startup memprediksi masa depan?

CEO startup platform berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) asal Singapura, Scry, Justin Wang menjelaskan, platform berbasis AI. Selain itu, platform semacam ini memungkinkan individu untuk membuat prediksi, melacak akurasi, membuat kalkulasi, serta perbandingan dengan pengguna lainnya. Hal ini berbeda dari yang biasa dijumpai pada jejaring sosial, karena platform dengan AI menawarkan keragaman.

Kasus Brexit dan Bitcoin

Scry menghubungkan prediksi dengan para pengguna yang ingin mengambil keputusan di masa depan. Wang mengungkapkan, ada dua kasus yang sempat dibahas di Scry. Pertama, keputusan mundurnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit. Kedua, harga puncak Bitcoin dalam jangka waktu tertentu.

Yang menjadi tantangan terbesar Scry saat ini adalah menemukan prediksi awal. Dalam enam bulan terakhir, basis pengguna Scry telah mencapai 7.000 pengguna. Perusahaan pun telah meraih pendanaan awal senilai US$ 120 ribu dari Zeroth-AI. Namun potensi pendapatan dari platform juga harus dicermati.

Setelah membaca ulasan tersebut, apakah Anda percaya ada startup yang bisa memprediksi masa depan? Sudahkah Anda menemukan jawabannya?

 

Rekomendasi bacaan:

 

 

Sumber:

inc.com
techinasia.com
dailysocial.id

 

Tags

Share

Artikel Terkait

girl-2181709__340.jpg

Technology

Masa depan AI bergantung pada kode etik

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read
artificial-intelligence-untuk-bisnis---EKRUT.jpg

Technology

Teknologi AI yang banyak pengaruhi dunia bisnis

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read
binary-1538718__340.jpg

Technology

Sediakan banyak data, Asia diprediksi jadi pemimpin AI

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read