Published on

Expert's Corner

Apa itu brand identity? Berikut manfaat dan 4 cara membuatnya!

Nur Lella Junaedi

brand-identity-adalah-EKRUT.jpg

Brand identity sangatlah penting karena dapat membantu konsumen untuk mengenali merek dan membedakannya dengan merek lainnya. Bila kamu juga ingin mengenal lebih jauh tentang brand identity tersebut beserta cara membuatnya, ada baiknya simak dulu ulasannya berikut ini. 

Pengertian brand identity 

brand identity adalah EKRUT 
Brand identity adalah elemen yang membuat konsumen mengenali brand kamu - EKRUT

Brand identity adalah sekumpulan elemen yang terlihat dari suatu merek mulai dari desain, logo dan warna yang mengidentifikasikan dan membedakan merek di benak konsumen.  Singkatnya brand identity adalah apa yang membuat konsumen langsung mengenali brand kamu. Umumnya konsumen akan menghubungkan brand identity dengan produk atau layanan. 

Nah, dari identitas itulah mulai terjadi hubungan antara brand dengan konsumen, membangun loyalitas mereka hingga menentukan bagaimana pelanggan memandang suatu merek. Perlu diingat juga bahwa brand identity atau brand identitas ini berbeda dengan brand dan branding. Apa saja perbedaanya? 

  • Brand lebih condong kepada bagaimana konsumen memandang perusahaan kamu. 
  • Branding menjelaskan tentang bagaimana tindakan yang dilakukan untuk membangun citra tertentu perusahaanmu. 
  • Brand identity adalah kumpulan suatu elemen yang ada untuk menciptakan suatu citra merek.  

Adapun elemen umum yang dipakai untuk membangun brand identity meliputi logo, warna merek utama dan palet warna, variasi logo, tipografi, gaya yang konsisten untuk gambar dan konten, identitas visual di media sosial hingga perpustakaan elemen grafis. 

Salah satu contoh dari brand identity adalah ketika mendengar nama Coca Cola, mungkin yang kamu ingat bisa berupa pita yang ada di kalengnya atau warna merah yang selalu identik dengan produk minuman soda tersebut. 

Baca juga: 7 Tips membuat tagline perusahaan

Alasan pentingnya brand identity

brand identity adalah EKRUT 
Salah satu alasan pentingnya brand identity adalah untuk membangun loyalitas pelanggan - EKRUT

Selain sebagai ciri khas dan pembeda dari merek yang lain, ada beberapa alasan lain kenapa brand identity sangat penting bagi sebuah merek, yaitu:

1. Membangun loyalitas 

Brand identity yang efektif akan dapat membangun loyalitas pelanggan dan kepercayaan kepada merek, sebab ini akan memungkinkan pelanggan membuat hubungan antara produk dan perusahaan. 

2. Konsistensi 

Dengan adanya brand identity, kamu harus membuat pesan yang konsisten pada semua materi pemasaran, di mana semua bagian memiliki elemen desain dan gaya dasar yang sama untuk menciptakan merek yang kohesif. 

3. Kepribadian 

Alasan lain pentingnya brand identity adalah sebagai representasi visual dari nilai-nilai dan kepribadian merek. Umumnya desain identitas digunakan untuk membangun nada merek dan dipakai untuk membangun perasaan tertentu terhadap audiens, termasuk di dalamnya mempromosikan tujuan perusahaan. 

4. Mudah bersaing dengan kompetitor

Brand identity adalah salah satu hal yang dapat menjadi pembeda ketika produkmu diluncurkan di pasaran. Brand identity juga membantu pelanggan mengenali dan mendukung bisnismu, bahkan membantu memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Dengan memperkuat brand identity, akan semakin banyak pengakuan yang diterima dari konsumen. Hal tersebut membuat bisnismu semakin meningkat dan mudah bersaing dengan merek terkenal lainnya

5. Lebih mudah dikenali pelanggan

Memiliki brand identity yang kuat berfungsi untuk membangun pengakuan pelanggan. Hal ini berarti ketika pelanggan berbelanja untuk produk tertentu atau mempertimbangkan perusahaan untuk melakukan sebuah layanan, mereka mengenali perusahaanmu yang menjalankannya. Konsumen memiliki kecenderungan untuk memilih merek yang mereka kenal daripada merek serupa yang kurang familiar, bahkan jika mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan kamu pada saat itu.

6. Meningkatkan profit perusahaan

Memiliki brand identity yang kuat dan terkenal akan meningkatkan kredibilitas bisnismu di hadapan pelanggan dan pasar secara keseluruhan. Saat kamu membangun kredibilitas, kamu juga turut membangun pengakuan, loyalitas, dan daya saing. Semuanya berjalan beriringan, dan kamu akan menemukan bahwa kredibilitas akan membawa kemudahan pembelian yang berpengaruh pada peningkatan profit perusahaan. Jika brand kamu terpercaya, bisnismu akan jauh lebih mudah memaksimalkan penjualan.

Cara membuat brand identity 

brand identity adalah EKRUT 
Perhatikan desain logo, dan template ketika membuat brand identity - EKRUT

Dengan  adanya brand identity, audiens pada akhirnya akan lebih mudah mengingat merek secara  jelas, unik dan konsisten. Oleh karena itu, penting agar kamu dapat membuat brand identity dengan tepat. Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara membuat brand identity yang benar.

1. Melakukan riset pasar 

Melakukan riset pasar sangat penting untuk mengetahui siapa sebenarnya target pasar kamu. Dalam melakukan riset pasar ini, setidaknya ada empat hal yang harus diklarifikasi yakni: 

  • Audiens. Pelajari apa yang diinginkan audiens dalam industri bisnis kamu untuk menciptakan merek yang disukai oleh mereka. 
  • Misi perusahaan. Kamu tidak dapat menciptakan kepribadian bisnis dengan baik tanpa tahu apa visi dan misi perusahaan menciptakan produk. 
  • Proposisi nilai dan persaingan untuk mengetahui apa keunikan dari produk kamu dibanding dengan produk orang lain. 
  • Analisis SWOT perlu dilakukan untuk membantu memahami merek kamu lebih dalam. Dengan begitu kamu bisa memahami karakteristik yang ingin digambarkan lewat merek tersebut

2. Perhatikan desain logo dan template

Setelah melakukan hal di atas, maka kini yang perlu kamu lakukan adalah menentukan logo, warna palet, jenis dan template. Dalam membuat beberapa hal ini, kamu harus memastikan konsistensi yang sama di seluruh area bisnis untuk menciptakan merek yang harmonis. Kamu pun bisa memastikan semua tim berpegang pada aturan merek yang sama lewat buku panduan merek yang akan mendokumentasikan semua hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam pembuatan merek. 

3. Mengintegrasikan merek lewat bahasa yang terhubung di media sosial

Konten dalam media sosial kamu juga mencerminkan brand itu sendiri. Oleh karena itu dalam membuat konten, gunakan bahasa yang sesuai dengan kepribadian merek. Jika identitas brand kamu diperuntukkan bagi high end maka pakai bahasa yang profesional. Namun jika identitas brand kamu bersifat lebih santai, maka kamu bisa menggunakan bahasa yang komunikatif.  Bahasa yang dipilih juga harus terintegrasi dengan seluruh bisnis untuk menciptakan nada merek yang sama baik itu dalam iklan atau konten media sosial. 

4. Memantau merek untuk mempertahankan brand identity 

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membuat brand identity adalah melakukan pemantauan secara rutin baik menggunakan Google Analytic, survei, melihat komentar di media sosial dan sebagainya. Pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana audiens bisa berinteraksi dengan merek kamu. Dengan melakukan pemantauan yang rutin juga akan memberikan gambaran berupa strategi yang bisa diperbaiki untuk meningkatkan brand identity. 

Baca juga: Mengenal pentingnya branding dalam bisnis

Elemen brand identity

Elemen brand identity
Logo menjadi bagian dari elemen visual - Pexels

Brand identity dapat membantu sebuah merek membedakan dirinya dengan orang lain. Menurut stasadurdic.com, elemen brand identity dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Elemen visual

Elemen visual merupakan perwujudan atau gambaran visual dari identitas merek yang ingin ditampilkan. Elemen ini terdiri dari berbagai kombinasi grafis yang memuat unsur-unsur identitas merek seperti, logo perusahaan, palet warna, tipografi, serta kumpulan gambar dan visual lainnya yang digunakan oleh perusahaan untuk mengomunikasikan pesannya.

2. Elemen nonvisual

Elemen nonvisual atau bisa juga disebut elemen verbal merupakan perwujudan atau gambaran verbal dari identitas merek yang ditampilkan. Identitas nonvisual terbentuk dari berbagai kombinasi pesan yang disampaikan kepada audiens, melalui nama brand, slogan, brand voice, brand tone, maupun gaya berkomunikasi yang dipakai oleh perusahaan.

Perbedaan brand identity dengan brand image

Perbedaan brand identity dengan brand image
Brand identity dan brand image merupakan dua hal yang berbeda - Freepik

Menurut 99designs.com, perbedaan brand identity dan brand image dapat dilihat dari apakah itu merupakan pendapat konsumen tentang suatu brand atau brand tersebut yang mencoba membentuk pendapat konsumen. Brand identity merupakan kumpulan elemen yang diciptakan perusahaan untuk membentuk citra kepada konsumen, sementara brand image mengacu pada opini konsumen mengenai suatu merek.

Baca juga: Mengenal pentingnya branding dalam bisnis

Setelah mengetahui pentingnya brand identity bagi perusahaan, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang sebaiknya dihindari, seperti jangan meniru identitas brand yang dibuat oleh kompetitor dan hindari mengunggah konten secara tidak konsisten. Selain empat langkah di atas, kamu juga perlu memperhatikan hal yang sebaiknya dihindari saat membuat brand identity, seperti jangan meniru identitas brand yang dibuat oleh pesaing dan menerapkan konten online dan offline secara tidak konsisten. 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, perlahan kamu pun dapat membangun brand identity yang kuat dalam benak pelanggan.

brand identity adalah EKRUT
Last update: 10 October 2021

Sumber: 

  • 99designs.com
  • investopedia.com
  • blog.tbhcreative.com
  • blog.hubspot.com
  • mill.agency  
  • managementstudyguide.com 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1.png

Expert's Corner

5 Perbedaan UI/UX Designer dan Graphic Designer beserta prospek kariernya

Kalinda

17 January 2022
5 min read
H1_instagram_reels.jpg

Technology

5 Cara Download Reels Instagram Dengan Mudah dan Praktis

Nurina Ulfah

17 January 2022
5 min read
H1_content_marketing.jpg

Careers

7 Tren Content Marketing yang Dapat Kamu Terapkan di Tahun 2022

Nurina Ulfah

16 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read