Published on

Technology

Mudah, begini cara membuat akun Gmail baru

Tsalis Annisa

cara-membuat-akun-gmail-baru-EKRUT.jpg

Semakin banyak orang kini menggunakan akun Gmail sebagai alamat email utama. Alasannya adalah karena cara membuat akun Gmail begitu praktis dan akun ini bisa digunakan untuk mengakses fitur maupun website yang terhubung dengan Google.

Namun, keunggulan yang dimiliki akun Gmail tidak berhenti sampai di situ. Berikut adalah sederet keuntungan menggunakan akun Gmail serta cara mudah untuk membuatnya.

Keuntungan menggunakan akun Gmail

Di antara berbagai platform pesaingnya, akun Gmail menjadi yang paling unggul berkat kelebihan berikut: 

1. Mencari email tertentu dengan cepat

Fitur Google search pada Gmail memungkinkan kamu untuk menemukan email dengan cepat. Jadi, kamu tidak harus mencarinya di antara tumpukan kotak masuk, draf, atau kotak terkirim.

2. Menghalau email spam

Gmail mampu menyingkirkan email spam ataupun email sejenisnya yang tidak kamu inginkan. Jika email spam berhasil lolos memasuki kotak masuk, kamu juga bisa melaporkan hal ini sehingga kemampuan filter Gmail menjadi semakin baik.

3. Terdapat fitur chat berupa teks, suara, dan video

Kini, kamu tidak hanya bisa mengirim dan menerima email dari orang lain karena Gmail memiliki fitur untuk chat, baik dalam bentuk teks, suara, maupun video. Cukup persiapkan Gmail voice dan lengkapi komputermu dengan webcam.

Baca juga: Cara mengaktifkan dan menggunakan Google Voice

4. Balasan email (thread) dirancang menyerupai percakapan

Terkadang, email balasan tampak terlalu penuh atau membingungkan karena memuat konten email sebelumnya. Pada Gmail, tampilan balasan email menyerupai percakapan sehingga kamu bisa fokus pada satu pesan.

5. Dilengkapi label, filter, dan bintang

Fitur label, filter, dan bintang membantu mengatur seluruh email dalam akun yang kamu miliki. Label berfungsi seperti folder, filter berguna untuk menyaring pesan yang masuk, sedangkan bintang digunakan untuk menandai pesan yang penting.

6. Iklan yang muncul telah tersaring

Kamu masih akan menjumpai iklan pada laman Gmail, tapi semua iklan yang muncul telah disaring sesuai minatmu. Jadi, tidak ada lagi iklan pop-up yang tidak relevan.

7. Tampilan mobile ramah pengguna

Gmail telah tersedia dalam bentuk aplikasi smartphone sehingga bisa diakses kapan saja. Tampilan Gmail mobile yang ramah pengguna membuatmu tidak perlu membuka laman Gmail berukuran besar seperti pada versi desktop.

cara membuat akun gmail baru - EKRUT
Pastikan password-mu aman dan kamu mengingatnya dengan baik  - EKRUT

Cara membuat akun Gmail baru

Setelah memahami berbagai keunggulan yang dimiliki Gmail, berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuat akun Gmail baru. 

  1. Buka laman https://www.google.com/gmail/, lalu klik ‘Create your Google Account’.
  2. Pada kolom ‘Name’, masukkan nama depan dan nama belakangmu.
  3. Pada kolom ‘Choose your username’, pilih username yang akan kamu gunakan. Username ini nantinya akan menjadi alamat email kamu.
  4. Pada kolom ‘Create a password’, masukkan kata sandi yang kamu inginkan. Pilihlah kata sandi yang terdiri dari kombinasi huruf dan angka agar lebih aman. Ketikkan kembali kata sandi tersebut pada kolom ‘Confirm your password’, lalu klik ‘Next’.
  5. Kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi dengan nomor telepon. Kamu dapat melewati langkah ini bila tidak menginginkannya. Jika kamu memasukkan nomor telepon, Google akan menggunakan informasi ini untuk menjaga keamanan akunmu.
  6. Masukkan tanggal lahirmu pada kolom ‘Birth date’, lalu pilih jenis kelaminmu pada kolom ‘Gender’. Kemudian, klik ‘Next’.
  7. Cermati syarat dan ketentuan yang tertera, lalu lanjutkan dengan mengklik ‘I Agree’.
  8. Kamu akan diarahkan menuju laman berisi informasi diri. Di sini, kamu dapat mencantumkan biodata singkat, mengatur privasi informasi pribadi, serta melakukan fungsi pengaturan lainnya.

Cara membuat akun Gmail baru relatif mudah dan praktis. Namun, kamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melengkapi data pribadi, foto, serta informasi lainnya.

Sambil melengkapi seluruh informasi tersebut, kamu bisa menggunakan akun Gmail untuk log in pada berbagai website, games, dan media sosial. Ketiganya telah dilengkapi dengan tombol khusus yang terhubung dengan Gmail sehingga kamu tidak perlu mendaftarkan alamat email berulang kali.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • cravencc.com
  • lifewire.com
  • google.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_linkedin.jpg

Technology

LinkedIn Adalah Media Sosial untuk Karier Profesional, Berikut 5 Tips Memanfaatkannya!

Nurina Ulfah

20 January 2022
5 min read
H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

Technology

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

20 January 2022
5 min read
two-pin-3509490__340.jpg

Technology

Tips nge-charge ponsel biar awet

Widyanto Gunadi

20 January 2022
3 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read