Published on

Expert's Corner

14 Cara menambah viewer YouTube dengan mudah 2022

Nur Lella Junaedi

Cara-menambah-view-YouTube-EKRUT.jpg

YouTuber menjadi salah satu profesi favorit saat ini karena di samping dapat meraih popularitas kamu juga bisa mendapatkan uang melalui YouTube. Namun, keberhasilan seorang YouTuber itu tergantung kepada view atau tampilan tayangan YouTube. Semakin banyak penonton yang melihat video kamu, maka semakin besar kemungkinan kamu menghasilkan uang dari YouTube

Berikut ini adalah beberapa cara menambah view YouTube yang efektif dan bisa kamu lakukan. Agar paham, baca semua ulasannya di bawah ini ya. 

Tren Youtube 2021

Tren Youtube 2021
Cara menambah viewer YouTube adalah dengan mengikuti perkembangan tren. (Sumber: Pexels)

Tren pembuatan video terus berkembang dan menjadi bagian dari strategi bagi yang ingin berbisnis di bidang ini. Bersumber dari Hootsuite, orang-orang menonton lebih dari satu miliar jam video di YouTube setiap hari. Popularitas atau tren YouTube hingga tahun 2021 masih tak terbendung. Bersumber dari Cyberlink, lebih dari dua miliar pengguna masuk setiap bulan dan bahkan jumlah tersebut tidak termasuk pengunjung yang tidak membuat atau masuk ke akun. 

Karena popularitasnya, tren video YouTube berubah dan muncul terus-menerus. Baik untuk YouTube content creators atau pengguna biasa, mengikuti tren ini akan membantu keduanya untuk tetap mengikuti stay up-to-date. Beberapa topik atau video yang tren dalam YouTube 2021 antara lain training atau how-to videos, ASMR (autonomous sensory meridian response), dan immersive shopping. 

14 Cara manambah viewer YouTube

14 Cara manambah viewer YouTube
Terdapat beragam cara menambah viewer YouTube. (Sumber: Pexels)

Berikut ini adalah beberapa cara menambah view YouTube yang efektif dan bisa kamu lakukan. Agar paham, baca semua ulasannya di bawah ini ya.

1. Cara menambah view YouTube dengan memperhatikan thumbnail YouTube 

cara menambah view youtube EKRUT 
Thumbnail YouTube mempengaruhi view tayangan - EKRUT

Kamu mungkin sering melihat YouTuber yang menggunakan thumbnail besar disertai dengan judul yang mencolok pada video mereka. Pada dasarnya fungsi thumbnail memang seperti baliho yang bisa memancing user untuk menonton video kamu. Tapi ingat, sebaiknya penggunaan thumbnail ini jangan berlebihan atau hanya menjadi bagian dari clickbait saja. Thumbnail yang baik adalah thumbnail yang mewakili isi di dalam video, bukan thumbnail yang sensasional. 

Salah satu trik membuat thumbnail yang menarik yakni dengan memadukan kombinasi empat warna mulai dari biru, hijau, orange dan kuning. Sebab, bila thumbnail menggunakan kombinasi warna lain seperti putih, merah atau hitam maka warna thumbnail kamu akan serupa dengan tampilan beranda YouTube dan tidak mencolok. Kamu tetap boleh menggunakan warna hitam atau merah, namun ada baiknya tidak menjadikan warna itu sebagai warna thumbnail utama. 

Baca juga: Intip Algoritma Youtube 2020 dan cara mengotimalkan kanalmu

2. Buat judul video yang menarik

cara menambah view youtube EKRUT 
Video yang memiliki panjang judul 40 - 50 karakter berpotensi mengalami peringkat yang baik - EKRUT

Cara menambah view YouTube selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mampu membuat judul video yang menarik. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu saat membuat judul, di antaranya: 

  • Gunakan judul yang memiliki panjang antara 40- 50 karakter. Judul dengan panjang seperti ini memiliki peringkat terbaik di YouTube
  • Masukkan unsur tanda kurung [ ] sebab, menurut penelitian Hubspot menyebutkan bahwa video yang memiliki tanda kurung dalam judulnya mampu mendatangkan 33 persen klik dari user
  • Masukkan angka dalam judul, misalnya yang menunjukkan tahun  atau daftar cara melakukan sesuatu. Dengan kehadiran angka tersebut bisa menarik orang untuk mengklik video

3. Gunakan rumus tertentu untuk membuat tag video

cara menambah view youtube EKRUT 
Tagging dalam video juga dapat menjadi cara menambah view YouTube - EKRUT

Selain memperhatikan dua hal di atas, view video juga tergantung pada penggunaan tag yang benar dalam video. Tag video akan membantu kamu dalam menarapkan strategi SEO YouTube. Di samping itu, tag video juga memiliki hubungan yang erat dengan peringkat video di YouTube. Salah satu upaya yang bisa kamu praktikkan untuk membuat tag video yang tepat yakni dengan mengaplikasikan keyword MVC yang merupakan singkatan dari “Main Keyword, Variation and Category”

Maksud dari MVC adalah kamu harus mencantumkan keyword tag video utama, lalu menambahkan keyword variasi yang berasal dari tag utama tersebut dan kategori tambahan. Contoh, keyword tag utama video adalah tentang link building, maka keyword tag variasinya bisa kamu tambahkan dengan backlinks, seo backlinks, dan seo link building. Sementara keyword kategorinya, cukup menambahkan tag digital marketing, seo atau online marketing. Dengan begitu SEO YouTube akan mudah mengidentifikasi jenis video yang kamu buat. 

Baca juga: 8 Digital marketing tools yang wajib untuk kamu tahu!

4. Bagikan video di forum-forum 

cara menambah view youtube EKRUT 
Bagikan video ke forum-forum lain contohnya ke kanal Quora atau Reddit atau Facebook - EKRUT

Beberapa diskusi tanya jawab di berbagai macam kanal bisa membantu untuk menaikkan view YouTube. Kamu bisa menautkan link dari YouTube kamu melalui forum-forum grup Facebook atau menjawab berbagai macam pertanyaan yang ada di kanal Reddit, Quora atau forum lainnya. Bila tidak ada pertanyaan terkait video yang kamu buat, kamu bisa membuat thread pertanyaan sendiri lalu menuliskan artikel atau captionnya dengan menautkan link channel YouTube kamu. Lakukan ini secara konsisten dan kamu akan melihat hasil yang cukup baik dalam kenaikan view YouTube. 

5. Buat transkrip video

cara menambah view youtube EKRUT 
Transkrip video dapat mempermudah orang yang memiliki gangguan pendengaran untuk menonton videomu - EKRUT

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan sebagai salah satu cara menambah view YouTube yakni dengan menyematkan transkrip dalam video. Perlu kamu tahu bahwa transkrip ini akan membantu kamu dalam menaikkan peringkat video di mesin pencarian Google juga. Sebab tidak semua video yang ada di peringkat #1 YouTube merupakan video yang direkomendasikan di peringkat #1 Google. 

Nah untuk membantu google melakukan pelacakan SEO terhadap videomu yang perlu dilakukan yaitu dengan menaruh keyword di transkrip video dan menyebutkan keyword tersebut di dalam konten video sebanyak 4 kali. Transkrip video juga akan membantu memperluas jangkauan lantaran kini pengguna YouTube berasal dari berbagai latar belakang.  Orang-orang yang memiliki gangguan pendengaran dapat mampu memahami videomu lewat transkrip yang kamu buat. 

Baca juga: Mudah, ini 5 cara membuat Youtube channel dan tips lainnya

6. Kenali audiens Youtube kamu

Kenali audiens Youtube kamu
Cara menambah viewer YouTube adalah dengan mengenali audiens. (Sumber: Pexels)

Jika kamu ingin mengoptimalkan strategi pemasaran YouTube, maka kamu harus mengenal audiens channel kamu. Ingat, bahwa kamu tidak membuat video untuk semua orang. Cukup identifikasi apa yang paling ingin diketahui oleh audiensmu, lalu buat video yang memenuhi kebutuhan mereka. 

Biasanya, jika mereka menyukai salah satu videomu dan merasakan mendapatkan manfaat dari video tersebut, maka kemungkinan besar mereka akan menuju profil YouTube-mu dan mulai menonton video-videomu yang lain. Jika kamu masih bingung, tipsnya kamu bisa mencari channel populer yang membahas topik atau tema yang sama seperti channel kamu, kemudian temukan video yang memiliki jumlah views tinggi. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui video seperti apa yang banyak diminati oleh audiensmu. 

7. Perhatikan tren video

Perhatikan tren video
Cara menambah viewer YouTube adalah dengan memperhatikan tren. (Sumber: Pexels)

Salah satu cara yang terbukti ampuh untuk meningkatkan viewers di YouTube adalah dengan membuat video yang terkait dengan tren saat itu. Perlu diingat bahwa tren video akan selalu berubah-ubah dan tidak ada yang abadi. Itulah mengapa kamu harus terus update tentang tren yang bersinggungan dengan channel kamu. Salah satu cara untuk mengetahui tren adalah melalui Google Trends.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap tren tidak harus kamu ikuti secara mentah-mentah, solusinya kamu bisa melakukan seleksi terhadap setiap tren dan menyesuaikannya dengan tipe konten pada channel YouTube milikmu. 

8. Buat video ke dalam playlist

Buat video ke dalam playlist
Cara menambah viewer YouTube adalah dengan membuat playlist. (Sumber: Pexels)

Membuat playlist untuk setiap topik pembahasan yang sama akan lebih menarik pengunjung untuk mengklik dan mencari tahu isi playlist tersebut. Di dalam playlist juga terdapat fitur autoplay yang tentunya bisa menjadi salah satu cara menambah viewer YouTube karena setelah selesai menonton satu video, maka secara otomatis penonton akan diarahkan ke video lainnya dalam playlist tersebut.

Selain itu, fitur playlist ini juga digemari oleh penonton karena mereka tidak perlu repot-repot mencari satu per satu video dengan topik yang mereka minati karena kamu telah mengemasnya dalam satu playlist

9. Manfaatkan fitur cards dan end screens

Kalau kamu sering menonton video di YouTube, maka kamu tidak akan asing dengan fitur cards dan end screens. Yang dimaksud YouTube Cards adalah fitur yang menampilkan gambar, judul, link, dan call-to-action ke dalam video YouTube. YouTube Cards ini biasanya muncul di kanan atas saat video diputar. Fungsinya sama dengan end screens, yaitu mempromosikan video-video kamu yang lain atau juga bisa link menuju website-mu. Bedanya, end screens biasanya ditampilkan di akhir video. Kamu dapat memanfaatkan fitur menarik ini sebagai salah satu cara menambah viewer YouTube.

10. Berinteraksi dengan audiens kamu

Cara menambah viewer YouTube yang selanjutnya adalah dengan berinteraksi dengan audiens. Biasanya di dalam membuat video, content creator akan meminta penonton untuk meninggalkan komentar, dengan membalas komentar-komentar yang ditinggalkan penonton tersebut akan membuat mereka kembali ke videonya. Jika interaksi yang terjadi meninggalkan kesan dan pengalaman yang positif bagi penonton tersebut, tidak menutup kemungkinan ia akan membuka profil YouTube-mu dan mulai menonton konten-konten video kamu yang lainnya. 

11. Melakukan kolaborasi dengan channel lain

Melakukan kolaborasi dengan channel lain adalah salah satu cara menambah viewer YouTube yang terbukti ampuh. Kolaborasi antar channel ini akan menguntungkan kedua belah pihak karena mengenalkan channel YouTube satu sama lain. Namun, perlu diingat untuk melakukan kolaborasi dengan berbagai channel lain yang masih berkaitan dengan channel kamu. Dengan begitu, ini akan menarik viewers dari channel A ke channel B dan sebaliknya.

12. Pastikan videonya menarik

Selanjutnya, cara menambah viewer YouTube adalah dengan membuat video yang menarik. Video menarik memiliki pengertian yang luas. Suatu video bisa dikatakan menarik karena kontennya yang menarik bagi penonton, juga bisa dikatakan menarik karena editing-nya, atau juga bisa keduanya. Untuk membuat video yang menarik ini, maka kamu perlu melakukan riset yang mendalam dan menyeluruh tentang apa yang menjadi kesukaan audiensmu. Salah satu tipsnya, kamu bisa mempelajari dari video-video yang telah mencapai viewers tinggi dari channel sejenis.

13. Lakukan riset kata kunci atau keyword

Cara menambah viewer YouTube adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci. Semakin relevan videomu dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna, maka semakin besar kesempatan videomu ditampilkan di urutan teratas. Cara melakukan riset kata kunci apa yang paling sering dicari oleh penonton salah satunya melalui Google Trends. Atau, kamu juga bisa mencari beberapa video populer dengan topik sejenis dan menggunakan tools seperti VidIQ atau TubeBuddy untuk mengetahui kata kunci yang digunakan dalam video tersebut. Setelah mengetahuinya, kamu bisa mulai membuat video dengan topik yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. 

14. Upload video pada waktu yang direkomendasikan

Cara menambah viewer YouTube yang terakhir adalah dengan mengunggah video pada waktu yang direkomendasikan. Setiap channel pasti memiliki data yang menunjukkan waktu-waktu tertentu audiensnya aktif menonton YouTube. Dengan mengunggah video sesuai dengan rekomendasi waktu yang diberikan oleh YouTube akan meningkatkan kesempatan videomu untuk lebih banyak ditonton oleh audiens.

Baca juga: Growth hacking: Bedanya dengan traditional marketing dan 5 cara menerapkannya

Itulah 14 cara menambah view YouTube yang efektif dan bisa kamu coba praktikkan. Tentunya upaya-upaya ini harus dilakukan dengan konsisten agar kamu bisa melihat perubahan signifikan pada view YouTube kamu. 

Terakhir, jika kamu seorang profesional yang sedang mencari pekerjaan sebagai content creator, yuk daftarkan dirimu di EKRUT sekarang juga karena terdapat banyak peluang kerja yang bisa disesuaikan dengan minatmu. Selain itu, kamu juga bisa subscribe YouTube “EKRUT Official” untuk mendapatkan berbagai tips dan insight keren lainnya untuk mengembangkan kariermu. 

Cara menambah view YouTube EKRUT
Last update: 12 October 2021

Sumber: 

  • Influencermarketinghub
  • Hootsuite
  • Oberlo
  • Cyberlink

Tags

Share

Artikel Terkait

pencarian-suara-EKRUT.jpg

Technology

5 Tips kembangkan situs dengan tren pencarian suara

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
cara-mengoptimalkan-media-sosial-EKRUT.jpg

Technology

Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Widyanto Gunadi

21 January 2022
5 min read
data_analytics.png

Technology

Manfaatkan data analytics untuk kembangkan bisnis!

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read