Published on

Careers

Dukung performa kerjamu dengan playlist musik yang tepat

Widyanto Gunadi

music_for_working.jpg

Musik memang asyik didengarkan di mana pun, termasuk ketika bekerja di kantor. Musik yang kita pilih bisa menjadi pelepas stres dan membantu berkonsentrasi dalam mengerjakan tugas kantor yang banyak. Apakah Anda tahu, playlist yang Anda dengarkan, bisa menunjang performa kerja?

Musik dapat meningkatkan konsentrasi dan performa kerja

Perusahaan riset asal Inggris, Mindlab International melakukan survei terhadap 26 responden. Seluruhnya merupakan pekerja kantoran. Berdasarkan penelitian tersebut, seratus persen responden menyatakan dapat berkonsentrasi lebih baik dengan mendengarkan musik, sekaligus menyelesaikan berbagai tugas dengan efisien.

Meski demikian, asisten profesor program terapi musik di Miami University, Dr. Teresa Lesiuk menjelaskan, pilihan musik seorang pekerja memang berperan penting dalam mendingkatkan performa kerja. Penulis kolom untuk situs berita Philly.com, Daniel Rubin, memilih musik klasik untuk membantunya menyelesaikan tulisan menjelang deadline.

Jenis musik yang ideal untuk bekerja

Jurnal Ergonomics pada 2006 memaparkan temuan yang mengejutkan. Berdasarkan jurnal tersebut, kebisingan yang sifatnya terus-menerus seperti yang kita jumpai dalam musik, meskipun volumenya keras, tidak akan mengganggu kita bekerja, jika dibandingkan suara orang-orang yang berbincang di dekat kita.

Sementara itu, The Journal of Consumer Research pada 2012 mempublikasikan temuannya, bahwa mendengarkan musik ambient dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Berdasarkan hasil riset itu, seseorang yang mendengarkan musik ambient dengan volume sedang sembari bekerja, mengalami peningkatan kreativitas secara signifikan.

Sebenarnya, jenis musik yang ideal didengarkan selama bekerja adalah musik bergenre pop, folk, serta rock, berdasarkan penelitian situs penyedia layanan pencaarian kerja, Totaljobs.

Programmer sangat membutuhkan musik

Totaljobs telah melakukan tes kepribadian berjudul “The Sound of Productivity” yang melibatkan 4.500 orang. Hasilnya, computer programming merupakan profesi yang paling membutuhkan musik untuk bekerja, dengan porsi sebesar 73 persen dalam tes tersebut.

Dengan demikian, musik memang terbukti bermanfaaat menemani Anda bekerja, terutama jika Anda memiliki profesi di bidang teknologi. Pilihlah playlist yang Anda sukai dan bekerjalah dengan maksimal, sembari ditemani musik favorit!

 

 

Sumber:
nytimes.com
medium.com
itprotoday.com
totaljobs.com
cmuse.org

Tags

Share

Artikel Terkait

kesalahan_melamar_kerja.jpg

Careers

Jangan lakukan kesalahan ini saat melamar kerja

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
working2.jpg

Lainya

Tetap produktif selama puasa, ini kuncinya

Widyanto Gunadi

21 January 2022
5 min read
H1_Agent_of_Change.jpg

Careers

Alasan Mengapa Perlu Menjadi Agent of Change (AoC) dalam Sebuah Perusahaan

Algonz D.B. Raharja

21 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read