Published on

Careers

5 Tanda kamu mengalami Dunning-Kruger Effect dan cara mengatasinya

Nur Lella Junaedi

Dunning-Kruger-Effect--adalah-EKRUT.jpg

“Tong kosong nyaring bunyinya”

Mungkin istilah ini tepat disandarkan pada tipikal orang dengan Dunning Kruger Effect, karakteristik seseorang yang sering kali merasa paling tahu padahal tidak. Yuk, kenalan dengan fenomena psikologi yang satu ini agar kamu bisa menghindari Dunning Kruger Effect di tempat kerja atau tempat kita bersosialisasi sebagai manusia.  

Apa itu Dunning Kruger Effect? 

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Dunning Kruger Effect adalah jenis bias kognitif dimana kamu merasa paling pintar dibanding orang lain - EKRUT

Dunning Kruger Effect adalah jenis bias kognitif dimana seseorang percaya bahwa dirinya lebih pintar dan lebih mampu daripada yang sebenarnya terjadi. Umumnya orang yang memiliki karakter Dunning Kruger Effect ini tidak menyadari kekurangannya dan lupa bahwa sebenarnya ia tidak kompeten di semua bidang. Karakter seperti ini bisa kamu temukan  di tempat kerja, tempat tinggal bahkan banyak di media sosial. Ciri orang yang mengalami Dunning Kruger Effect biasanya hampir sama dengan orang yang incompetent yaitu: 

  • Gagal mengenali skill asli orang lain dan bersikap tidak adil.
  • Gagal mengenali kesalahannya sendiri dan kurangnya keterampilan. 
  • Menaksir terlalu tinggi dari tingkat keahlian mereka.

Peribahasa yang cocok disematkan kepada tipikal orang dengan Dunning Kruger Effect adalah tong kosong nyaring bunyinya yang memiliki makna orang yang banyak berbicara namun tidak memahami apapun dari pembicaraannya. Istilah Dunning Kruger Effect sendiri sebelumnya dicetuskan oleh para peneliti psikologi yakni David Dunning dan Justin Kruger.

Dalam makalah yang diterbitkan oleh Journal of Personality and Sociology pada tahun 1999, keduanya sempat melakukan suatu penelitian kepada beberapa peserta tentang kemampuan tata bahasa, penalaran logis dan humor. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar keyakinan peserta bisa mengalahkan peserta lainnya. 

Hasilnya memperlihatkan bahwa banyak peserta yang sebenarnya memiliki kapabilitas rendah, namun melebih-lebihkan tingkat kompetensi mereka sendiri. Fenomena ini yang kemudian dinamakan sebagai Dunning Kruger Effect. 

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

Penyebab Dunning Kruger Effect    

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Penyebab terjadinya efek Dunning Kruger yakni adanya beban ganda antar seseorang - EKRUT

Pada dasarnya Dunning Kruger Effect bukanlah penyakit mental atau sindrom, melainkan memang kerap hadir pada setiap orang dengan batas tertentu. Menurut David Dunning dan Justin Kruger, fenomena ini ada karena dorongan akibat beban ganda yang dimiliki oleh orang tersebut. Pada satu sisi seseorang itu memang tidak ahli dalam kompetensi tertentu, dan di sisi lain dia tidak bisa mengelola mentalnya untuk mengakui bahwa ia tidak mampu. 

Lebih dari itu, penyebab lain munculnya Dunning Kruger Effect adalah 

Kurangnya metakognisi 

Metakognisi merupakan sebuah proses mengamati dan mengendalikan aktivitas kognitif yang terjadi di kepala manusia. Dengan kurangnya metakognisi ini biasanya orang yang suka mengalami Dunning Kruger Effect hanya akan menilai secara subjektif dan terbatas tentang diri mereka sendiri. Sehingga perspektif yang terbatas dan subjektif itu membuat mereka merasa lebih unggul, terampil dan berpengetahuan luas padahal nyatanya tidak. 

Faktor heuristik 

Heuristik adalah sebuah jalan pintas mental yang memungkinkan seseorang memecahkan masalah dan membuat penilaian dengan cepat dan efisien.Meskipun cara ini bagus karena mampu menciptakan solusi yang cepat, tapi umumnya mereka yang melakukan ini terkadang memiliki pemahaman akan masalah dan solusi yang tidak akurat karena terlalu cepat menyimpulkan. 

Lantas bila orang biasa selalu menganggap diri mereka serba bisa, lalu bagaimana orang-orang yang kompeten memandang diri mereka sendiri? Dunning dan Kruger menemukan bahwa orang-orang yang ahli, mereka memiliki pandangan yang lebih realistis tentang pengetahuan dan diri mereka sendiri. 

Berbanding terbalik dengan orang-orang yang memiliki efek Dunning Kruger yang selalu merasa superior, orang-orang yang ahli ini cenderung meremehkan kemampuan mereka sendiri bila dibandingkan dengan orang lain. 

Para ahli ini biasanya tidak menyombongkan diri karena menyadari bahwa masih ada orang lain yang lebih kompeten dari mereka. Karakter ini persis dengan peribahasa ‘padi semakin berisi, maka semakin merunduk’.

Baca juga: Mengenal sabotase diri dan cara mengatasinya

Dampak buruk Dunning Kruger Effect

Dampak buruk Dunning Kruger Effect
Contoh kurva Dunning Kruger (Sumber: deeplytrivial.com)

Ketidakmampuan seseorang dengan efek Dunning Kruger dalam memahami situasi dan kondisi di mana ia merasa superior dari orang di sekitarnya membuatnya berdampak buruk, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Adapun beberapa dampak buruk efek Dunning Kruger adalah sebagai berikut:

1. Dampak personal di dunia kerja

Dampak personal di dunia kerja
Efek Dunning Kruger dapat mempersulit seseorang dalam dunia kerja karena susah menerima kritik (Sumber: Pexels.com)

Di tempat kerja, efek Dunning Kruger dapat mempersulit orang untuk mengenali dan memperbaiki kinerja buruk mereka sendiri. Hal ini tentu saja disebabkan oleh adanya kepercayaan diri yang terlampau hebat bagi seseorang dengan efek Dunning Kruger. Alhasil, ketika tinjauan kinerja dilakukan oleh manajemen atau atasan, seseorang ini tidak bisa menerima kritik yang membangun dan tetap melakukan apa yang menurutnya sudah benar.

Sifat dan perilaku seperti ini juga akan mengundang pengaruh negatif dari orang-orang di sekitar yang perlahan akan membuat berbagai alasan untuk tidak menyukai orang dengan efek Dunning Kruger. Hal utamanya dikarenakan seseorang dengan efek Dunning Kruger tidak bisa mengenali dan mengoreksi kegagalan yang tidak ia sadari.

2. Bersikap semaunya sendiri dalam berpolitik atau berkebijakan

Dalam risalah ilmiah berjudul “Political Extremism is Supported by an Illusion of Understanding”, didapatkan hasil dari tiga eksperimen psikologi sosial bahwa secara umum orang dengan kecenderungan Dunning Kruger dapat ditemui dalam kasus pendukung fanatik partai politik tertentu. 

Dalam risalah tersebut, para peneliti menemukan bahwa para pendukung fanatik ini cenderung mengekspresikan kepercayaan pada keahlian politik mereka sendiri terkait kebijakan-kebijakan sosial yang ditawarkan.

Hal ini menunjukkan bahwa sebetulnya para pendukung fanatik partai politik ini hampir tidak tahu sama sekali tentang kebijakan dan ide-ide umum yang sedang dikampanyekan sebuah partai politik terkait. Mereka hanya tahu sedikit dan selebihnya adalah implementasi dari efek Dunning Kruger di mana mereka mengungkapkan sikap semaunya sendiri tanpa memahami ide utama partai yang didukungnya.

3. Seringkali terlambat dan menggampangkan sesuatu

Seringkali terlambat dan menggampangkan sesuatu
Sikap menggampangkan dan berujung pada keterlambatan merupakan salah satu dampak buruk efek Dunning Kruger (Sumber: Pexels.com)

Salah satu dampak buruk dari efek Dunning Kruger adalah sifat dan sikap yang cenderung terlalu optimis ketika merencanakan sesuatu dan lantas seolah-olah menggampangkan sesuatu. Hal ini juga berlaku pada perencanaan akan waktu. Beberapa hal yang dipengaruhi efek Dunning Kruger adalah tidak dapat mencapai semua yang telah direncanakan untuk satu hari tertentu.

Kondisi seperti ini terjadi dikarenakan umumnya seseorang meyakini bahwa ia lebih baik dalam tugas-tugas tertentu dan merasa dapat menyelesaikannya lebih cepat daripada yang sebenarnya ia bisa. Alhasil, keterlambatan pekerjaan justru terjadi di bagian akhir.

Baca juga: 10 Cara membuat lingkungan kerja nyaman untuk karyawan

 5 Tanda kamu mengalami Dunning Kruger Effect

5 Tanda kamu mengalami Dunning Kruger Effect
Terlalu percaya diri merupakan tanda utama efek Dunning Kruger (Sumber: Pexels.com)

Beberapa dampak buruk umum yang dialami karena efek Dunning Kruger tadi membuat kita tahu bahwa ternyata hal-hal kecil dan umum bisa dikategorikan masuk dalam efek tersebut. Untuk lebih memahami tanda-tanda seseorang mengalami efek Dunning Kruger, mari simak beberapa penjelasan berikut ini,

1. Merasa percaya diri berlebihan

Tanda utama dari seseorang dengan efek Dunning Kruger adalah adanya rasa percaya diri yang berlebih. Secara umum, rasa percaya memang dibutuhkan untuk mendukung seseorang dapat berkembang, entah di masyarakat maupun di organisasi atau dunia kerja. Namun, setiap orang dengan rasa percaya diri berlebih justru cenderung mengarah ke sikap negatif karena sulit menerima kritik dan sebagainya.

Jika kamu merasa diri bahwa kamu telah berulang kali tidak mengindahkan kritik atau saran dari orang lain, bisa jadi kamu berada di level kepercayaan diri yang terlampau tinggi. Hal ini perlu dicegah sedari dini agar tidak merugikan diri sendiri dan juga merugikan relasi dengan orang lain.

2. Menganggap lebih punya kualitas di bidang keahlian
    
Tanda lain dari efek Dunning Kruger adalah ketika seseorang menganggap dirinya lebih punya kualitas di bidang tertentu. Secara praktik dan pendidikan, umumnya orang-orang memiliki kemampuan masing-masing di bidang keahlian tertentu. Meski begitu, orang dengan efek Dunning Kruger memiliki tingkat keyakinan tinggi bahwa ia melampaui para koleganya di bidang yang sama.

Hal semacam ini dapat membuat situasi dalam sebuah tim dalam tempat kerja maupun organisasi tidak dapat berkembang secara dinamis. Faktor utamanya tentu saja karena adanya seseorang dengan efek Dunning Kruger yang merasa diri paling hebat dan mahir. Dalam sebuah kerja tim, langkah kolaboratif menjadi hal utama dibandingkan kemampuan individu. Oleh karena itu, adanya seseorang dengan efek Dunning Kruger dapat menghambat kinerja tim.

3. Tidak bisa mengakui kehebatan orang lain

Tidak bisa mengakui kehebatan orang lain
Sulitnya memberi respek dan mengakui kehebatan orang lain juga merupakan tanda efek Dunning Kruger (Sumber: Pexels)

Seperti halnya tingkat kepercayaan dirinya yang tinggi dan perasaan superior, seseorang dengan efek Dunning Kruger akan sulit mengakui kehebatan orang lain. Memang, dalam beberapa hal sikap tidak mengakui kehebatan orang lain dapat menjadi pemicu pengembangan diri, namun jika hal ini mengarah ke hal negatif justru akan berdampak buruk pada relasi.

Seseorang dengan efek Dunning Kruger akan sulit beradaptasi di sebuah tim dengan kemampuan setara. Hal ini disebabkan ia sulit untuk mengakui bahwa orang-orang dalam timnya memiliki keahlian yang lebih darinya. Sehingga, hal umum yang terjadi adalah sebuah tim tidak bisa bekerja secara sinergis satu sama lain.

4. Tidak bisa mengenal kekurangan pada diri sendiri

Dikarenakan sikap yang terlampau superior dan optimistis, seorang dengan efek Dunning Kruger sulit untuk mengenali kekurangan dirinya sendiri. Sikap yang hanya terbuka pada superioritas akan menutup celah untuk pembenahan diri atau kritik pribadi atas hal-hal yang mungkin kurang dari seseorang tersebut. 

Bagi seorang yang mengalami efek Dunning Kruger, perkembangan diri menjadi sulit dilakukan secara bertahap. Sebab utamanya karena ia sulit menerima kritik dan juga hampir tidak mungkin untuk membuka ruang pada introspeksi diri. Tidak adanya refleksi atas kemampuan dan kekurangan diri sendiri ini dapat menghambat seseorang untuk berkembang dan beradaptasi secara umum.

5. Cenderung self-claim

Cenderung self-claim
Orang dengan efek Dunning Kruger umumnya cenderung memiliki klaim personal terhadap dirinya sendiri (Sumber: Pexels)

Tanda umum dari seseorang dengan efek Dunning Kruger adalah ia cenderung gemar melakukan klaim personal terhadap dirinya sendiri. Hal ini disebabkan karena dia tidak mendapat validasi dari orang lain yang mungkin telah menaruh prasangka negatif terhadap jiwa superioritasnya. 

Seseorang dengan self-claim juga akan sulit berkembang karena menganggap bahwa yang patut dan pantas menilai dirinya adalah dirinya sendiri secara pribadi. Hal ini merupakan gejala dari efek Dunning Kruger yang paling umum dan bisa dilihat dari kecenderungan sifat seseorang. 

Baca juga: 9 Cara atasi stres di tempat kerja yang patut kamu coba

Cara mengatasi Dunning Kruger Effect 

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT 
Dengan terus belajar tentang suatu topik kamu bisa mengendalikan fenomena Dunning Kruger Effect ini - EKRUT

Agar kamu tidak dinilai sebagai orang yang selalu merasa diri paling baik dan serba tahu, cobalah beberapa cara ini untuk mengatasi fenomena efek dunning kruger tersebut.

1. Terus belajar dan berlatih

Daripada terus berasumsi jika kamu mengetahui semuanya, ada baiknya untuk terus belajar lebih dalam. Pasalnya ketika pengetahuanmu semakin dalam terhadap suatu topik, maka biasanya kamu akan semakin penasaran untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang topik tersebut. Hal ini akan membantumu melawan kecenderungan untuk merasa serba tahu. 

2. Tanyakan kepada diri sendiri apa yang kamu tahu

Cara lain mengatasi Dunning Kruger Effect adalah dengan terus menanyakan kepada diri sendiri perihal topik  yang kamu anggap kuasai tersebut. Kenali apakah kamu memang benar-benar sudah menguasai pengetahuan tentang hal tersebut atau hanya sebatas dasarnya saja. Dengan membuat banyak pertanyaan tentang topik itu, kamu juga bisa menekan keyakinan dan harapan bahwa kamu adalah seorang pakar. 

3. Minta pendapat dari orang lain

Telah disebutkan di atas, bahwa ciri-ciri Dunning Kruger Effect yakni gagal mengenali kekurangannya sendiri. Tentunya saat kamu meminta saran atau pendapat orang lain menjadi hal yang berat untuk dilakukan. Meski begitu, orang lain terkadang tetap menjadi pilihan yang paling objektif untuk menilai diri kita apa adanya. 

Baca juga: Ketahui 8 cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

Sekarang  kamu sudah mendapat gambaran yang jelas tentang Dunning Kruger Effect, bukan? Dengan mengetahui fenomena ini, kita bisa belajar untuk tidak mudah berpuas diri dan menganggap paling tahu tentang topik yang sekiranya belum diketahui secara mendalam. 

Bagi kamu yang penasaran bagaimana sih bekerja atau berkarier dalam tim dengan masing-masing personal yang unik, maka mungkin kamu perlu mendaftarkan dirimu lewat EKRUT. EKRUT akan mempertemukanmu dengan berbagai perusahaan yang mencari kandidat untuk berbagai posisi yang pastinya memungkinkanmu bertemu dengan orang lain dari bermacam-macam latar belakang. Kamu bisa memulai kariermu dengan klik tautan di bawah ini.

Dunning Kruger Effect  adalah EKRUT
Last update: 12 October 2021

Sumber: 

  • verywellmind
  • washingtonpost
  • worldofwork
  • hubspot
  • https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-dunning-kruger-effect-4160740
  • https://www.healthline.com/health/dunning-kruger-effect#examples
  • https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0956797612464058

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_ENFP_Adalah_Karakteristik__Kelebihan_dan_Kekurangan_Serta_Rekomendasi_Pekerjaannya.jpg

Lainya

ENFP Adalah: Karakteristik Beserta Kelebihan dan Kekurangan Serta Rekomendasi Pekerjaannya

Sartika Nuralifah

21 January 2022
5 min read
H1_Agent_of_Change.jpg

Careers

Alasan Mengapa Perlu Menjadi Agent of Change (AoC) dalam Sebuah Perusahaan

Algonz D.B. Raharja

21 January 2022
5 min read
tanpa_ngantor.jpg

Careers

5 profesi ini tawarkan gaji miliaran tanpa ngantor

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read