Published on

Careers

6 Cara mengatasi gangguan kecemasan di tempat kerja

Tsalis Annisa

gangguan-kecemasan-EKRUT.jpg

Memiliki gangguan kecemasan akan sedikit menghambat dan menyulitkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan di kantor. Pasalnya, gangguan ini terbukti akan menyulitkan penderitanya untuk fokus sehingga rasanya mustahil untuk menyelesaikan pekerjaan.

Perlu kamu ketahui, gangguan kecemasan berbeda dengan rasa cemas yang umum dialami. Faktanya bahkan rasa cemas dibutuhkan tubuh sebagai sinyal bahaya atau kondisi tertentu. Sedangkan gangguan kecemasan sendiri adalah kondisi di mana seseorang mengalami rasa gelisah, takut, dan khawatir yang berlebih.

Kondisi ini dapat ditandai dengan sesak napas, jantung berdebar-debar, atau bahkan berkeringat dingin. Nah agar tidak terus mengganggu, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi gangguan ini ketika terjadi padamu.

Berikut ini adalah  cara dalam mengatasi gangguan kecemasan yang mungkin terjadi di tempat kerja!

1. Tarik napas dalam-dalam dan atur perlahan

gangguan kecemasan - EKRUT
Mengatur pernapasan dapat membantu menenangkan diri - EKRUT

Ketika merasa cemas berlebihan mulai melandamu di kantor, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Setelah itu, coba atur pernapasanmu menjadi lebih teratur. Sebab, menurut ahli, menghirup oksigen mampu membantu untuk menenangkan diri.

Pastikan juga caramu mengatur napas sudah benar. Kamu dapat melakukannya dengan menaruh tangan di atas perut. Ketika menarik napas, perutmu harus mengembang, dan ketika menghela napas, perutmu harusnya mengempis.

Selain berusaha bernapas secara benar dan teratur, menarik napas dalam-dalam selama lima detik juga dapat membantu mengurangi kecemasan. Cobalah ulangi hal ini selama beberapa kali sampai kecemasan mereda dan degup jantungmu kembali normal seperti sebelum cemas.

Baca juga: Tenang, ini 7 cara menghilangkan pikiran negatif di tempat kerja

2. Tenangkan diri dengan memikirkan hal baik yang terjadi padamu

gangguan kecemasan - EKRUT
Cobalah untuk terus berpikir positif - EKRUT

Biasanya, penderita gangguan kecemasan juga merupakan orang yang perfeksionis, ambisius terhadap pencapaian, dan terbiasa menjaga harapan yang cukup tinggi pada diri sendiri. Jadi, ketika ada suatu hal dalam hidup yang berjalan dengan kurang baik, gangguan ini dapat dengan mudah muncul.

Sifat-sifat di atas dapat sangat memicu rasa cemas karena penderita akan merasa marah terhadap dirinya sendiri setiap tidak mendapatkan atau menjadi yang terbaik. Hal ini juga dapat membuat penderita memperlakukan dirinya dengan buruk dan memperparah kondisi cemas.

Jadi, ketika kecemasan melandamu akibat adanya sebuah kesalahan atau ketidaksempurnaan yang terjadi, cobalah untuk menenangkan diri. Kamu dapat memikirkan hal baik yang ada pada dirimu atau terjadi padamu. Coba juga untuk terus mengingat bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini.

3. Rutinlah berolahraga

gangguan kecemasan - EKRUT
Olahraga dapat membantu mengatasi gangguan kecemasan - EKRUT

Semakin sehat kamu, semakin berkurang potensi stres dan rasa cemas yang akan kamu rasakan. Itu sebabnya coba luangkan waktu untuk berolahraga misalnya sebelum atau setelah pulang kerja. Kamu bisa mengikuti kelas yoga atau kelas kebugaran lainnya yang dekat dengan lokasi kantormu. 

Selain itu kamu juga bisa melakukan peregangan sejenak di sela pekerjaan. Tinggalkan meja kerja dan cobalah berjalan-jalan beberapa menit. 

4. Keluar ruangan dan hirup udara segar

gangguan kecemasan - EKRUT
Ketika gangguan kecemasan muncul, cobalah untuk menenangkan diri dengan menghirup udara segar - EKRUT

Jika memungkinkan, ketika merasa kecemasan mulai mengganggu, cobalah untuk berjalan keluar ruang kantor untuk mencari udara segar. Hal ini dapat membantu melepaskan hormon endorfin yang dapat menenangkan hati dan pikiranmu.

Atau, kamu juga bisa mencari tempat sepi di area kantormu untuk sejenak menenangkan pikiran dan hati. Terkadang, duduk terlalu lama di depan komputer juga dapat menimbulkan stres yang akhirnya mengarahkan pada rasa cemas.

5. Selalu persiapkan diri untuk semua urusan pekerjaan

gangguan kecemasan - EKRUT
Persiapkan pekerjaan dengan baik dapat mengurangi stres dan kecemasan di tempat kerja - EKRUT

Gangguan kecemasan dapat dipicu oleh stres, dan stres terkadang datang akibat kurangnya persiapanmu dalam menghadapi sesuatu. Misalnya, gangguan kecemasan yang terjadi sebelum kamu harus presentasi saat meeting dengan atasan.

Pastikan kamu telah mempersiapkan yang terbaik untuk hal yang mungkin akan menimbulkan rasa gugup dan kecemasan. Sehingga ketika saat itu datang dan kamu tidak memiliki apa-apa lagi untuk dicemaskan.

Baca juga: Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!

6. Ceritakan kecemasan dengan teman terdekat

gangguan kecemasan - EKRUT

Cara satu ini dapat sangat membantumu untuk menghilangkan perasaan cemas yang sedang melanda. Jika kamu memiliki seseorang yang dapat dipercaya untuk membicarakan hal ini dan dia cukup mengerti bagaimana cara untuk menenangkanmu, hal ini akan membantumu berpikir bahwa kamu mampu melaluinya.

Jadi, jangan malu dan merasa gengsi untuk menghubungi temanmu ketika sedang mengalami gangguan kecemasan. Karena ternyata, cara tersebut justru baik dan ampuh dalam mengatasi gangguan yang kamu alami.

Selain beberapa hal di atas, dalam mengatasi gangguan kecemasan, kamu juga dapat melakukan beberapa hal lain seperti menjaga gaya hidup sehat, makan makanan sehat, perbanyak minum air putih, dan menjalani olahraga rutin. Jangan lupa juga untuk bersikap realistis terhadap diri sendiri.

Nah, itu dia cara untuk mengatasi gangguan kecemasan yang dapat melandamu ketika sedang bekerja. Jadi, ketika hal tersebut datang, terapkan saja hal-hal di atas, ya. Jangan malah merasa panik, karena hal tersebut dapat memperparah keadaan.

Semoga kamu tidak mudah terserang gangguan cemas lagi, ya!

gangguan kecemasan - EKRUT
Last update: 10 Mei 202

Sumber:

  • psychcentral.com
  • glassdoor.com
  • adaa.org

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_People_Pleaser.jpg

Lainya

8 Tanda Kamu Adalah People Pleaser Beserta Tips untuk Meminimalisasinya

Algonz D.B. Raharja

20 January 2022
5 min read
H1_INFJ.jpg

Lainya

INFJ Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan Beserta Rekomendasi Pekerjaannya

Algonz D.B. Raharja

20 January 2022
5 min read
H1.jpg

Lainya

Hidup Sederhana Buat Lebih Bahagia? 5 Tips untuk Memulainya

Felixitas Yolanda

17 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read