Published on

jobs

Ini 8 skill yang perlu dimiliki oleh DevOps, sudah tahu?

Tsalis Annisa

DevOps-EKRUT.jpg

DevOps mengacu pada metode yang memadukan pendekatan kolaboratif antara bagian pengembangan (development/Dev) dan bagian operasi (operation/Ops). Dengan ini, proses pengembangan aplikasi akan lebih cepat.

Di samping kemampuan utama (hard skill), DevOps yang andal juga perlu memiliki kemampuan pendukung (soft skill). Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut ini adalah hard skills dan soft skills yang perlu dimiliki.

4 Hard skills yang dibutuhkan oleh DevOps

Dalam membangun atau mengembangkan sebuah aplikasi, peran DevOps sangat penting, khususnya 4 kemampuan di bawah ini:

Mengenal dan menguasai Cloud

DevOps memiliki ikatan yang tak terpisahkan dari cloud. Apa alasannya?

Cloud menawarkan beragam CI/CD tool, hemat biaya, dan aman, yang memungkinkan dibangunnya DevOps automation. Cloud juga menyediakan platform terpusat untuk menguji dan menjalankan code bagi DevOps maupun seluruh anggota tim.

Dengan memakai cloud, proses pemantauan akan menjadi lebih mudah. Demikian pula dengan penyesuaian biaya yang dibutuhkan sehingga proses pengembangan bisa berjalan lebih cepat.

Kemampuan automation

Inilah salah satu kemampuan utama yang diperlukan oleh seorang DevOps. Di samping menurunkan risiko terjadinya error, sistem automation akan menggenjot kecepatan, meningkatkan keakuratan, dan memberikan konsistensi maupun reliabilitas.

Apabila automation berjalan lancar, pengembang dapat memberikan pelayanan yang lebih cekatan dan berkualitas bagi pelanggan. Dengan ini, tingkat kepuasan pelanggan akan turut meningkat.

Kemampuan coding dan scripting

Bila ingin menjadi DevOps yang cakap, kamu sebaiknya mengenal dan menguasai bahasa pemograman. Dewasa ini, terdapat beragam bahasa pemograman yang telah dikembangkan, sebut saja Phython, Ruby, Java, Javascript, PHP, Bash, hingga Shell.

Pengetahuan akan ragam bahasa pemograman tersebut akan menjadi nilai plus bagi DevOps. Semakin banyak yang kamu kuasai, peluangmu untuk berkarier juga akan meningkat.

Memiliki pengetahuan dasar software security

Keamanan dan kenyamanan pengguna termasuk poin penting yang harus dipertimbangkan ketika membangun sebuah aplikasi. Kenapa? Jika aplikasi yang diluncurkan mengandung virus atau bug yang mengganggu kelancaran pemakaian, pelanggan perlahan-lahan akan meninggalkan aplikasi tersebut dan beralih ke aplikasi lain. Oleh karena itu, DevOps setidaknya harus memiliki pengetahuan dasar mengenai software security.

Baca juga: 5 tren pengembangan software di masa depan

devops - EKRUT
Seorang DevOps harus memiliki kemampuan cloud dan memiliki integritas - EKRUT

4 Soft skills yang dibutuhkan oleh DevOps

Di samping kemampuan utama di atas, DevOps juga memerlukan sejumlah kemampuan pendukung atau soft skill jika ingin dilirik oleh sebuah perusahaan. Soft skill apa sajakah yang dibutuhkan?

Mengutamakan pengguna

Tidak bisa dipungkiri bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dari pengembangan aplikasi. Maka dari itu, DevOps perlu memprioritaskan pengguna dan bekerja sama dengan barbagai pihak agar hasilnya maksimal.

Memiliki integritas

Kepribadian yang jujur dan terbuka dapat mengantarmu menuju kesuksesan dan mengembangkan kepercayaan, termasuk bagi para DevOps.

Memiliki keinginan untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan

DevOps tidak boleh cepat puas dengan kemampuannya. Butuh pembelajaran yang kontinyu agar dapat mengikuti perkembangan teknologi yang terus terjadi.

Memiliki keinginan untuk membuat infastruktur menjadi lebih tangguh

Seorang DevOps dianjurkan untuk bersikap kritis terhadap aplikasi yang dikembangkannya dan peka terhadap kemajuan teknologi. Begitu pula dengan menerapkan pola pikir yang kreatif dan adaptif ketika muncul masalah atau tantangan yang harus dihadapi.

Menjadi DevOps yang dapat diandalkan memang tidak mudah. Sama seperti pekerjaan pada umumnya, menguasai hard skill saja belum cukup. Butuh integritas dan keinginan untuk terus belajar agar kamu bisa semakin berkembang dan mencapai kesuksesan.

devops - EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • squadex.com
  • teachbeacon.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Matlab.jpg

Technology

Kenali MATLAB, platform pemrograman yang dapat membantu Software Engineer

Algonz D.B. Raharja

17 January 2022
5 min read
sejarah-JavaScript---EKRUT.jpg

Technology

Mengenal apa itu JavaScript mulai dari pengertian hingga sejarahnya

Sylvia Rheny

17 January 2022
3 min read
css_adalah.jpg

Expert's Corner

CSS adalah: Pengertian, cara kerja, fungsi, dan 3 jenisnya

Algonz D.B. Raharja

17 January 2022
10 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read