Published on

Technology

Ini alasan peritel kembangkan mobile payment

Widyanto Gunadi

mobile_payment.jpg

Teknologi mobile payment saat ini makin ramai diperbincangkan. Terlebih, dengan kehadiran Android yang mendukung near field communication (NFC) pada seri OS Gingerbread. Banyak kalangan optimistis, teknologi tersebut kelak menggantikan fungsi dompet Anda! Peritel maupun e-commerce telah menaruh minat pada perkembangan mobile payment. Lalu, apa sih alasan peritel tertarik mengembangkan sistem mobile payment?
 

Pemilihan fitur

Yang menjadi alasan utama peritel serta e-commerce mengembangkan mobile payment adalah kemampuan mereka untuk memilih fitur pembayaran yang dibutuhkan. Pertama, retailer menentukan fitur-fitur yang diperlukan dalam sistem ini. Misalnya, ada peritel yang menginginkan akun merchant bersifat basic untuk sekedar memproses pembayaran melalui kartu debit dan kartu kredit melalui smartphone. Namun, jika peritel membutuhkan layanan yang lebih lengkap, maka fitur-fitur dalam mobile payment tersebut tentu dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.
 

Tingkat keamanan

Siapa sih yang tidak menginginkan jaminan keamanan dalam melakukan transaksi? Demi alasan keamanan, peritel kemudian memilih untuk mengembangkan sistem mobile payment. Peritel pun memilih protokol keamanan dalam sistem mPOS yang tidak hanya menjamin keamanan data pelanggan, tapi juga menjaga perusahaan dari pencurian data. Masalah peretasan memang menjadi hal sensitif bagi pelanggan.Para peretas mancanegara saat ini memiliki cara yang canggih untuk melakukan pembobolan. Peretasan juga pastinya akan meruntuhkan citra perusahaan.
 

Peralatan dan instalasi yang canggih

Peralatan dan instalasi canggih yang dikembangkan dari mobile payment tentu akan mendukung kemajuan dari peritel atau e-commerce. Namun, pembelian peralatan dan instalasi yang akan menelan biaya besar, dan peritel berpikir dua kali untuk menerapkan konsep mobile payment untuk produk yang mereka tawarkan. Tetap saja, ada peritel dan e-commerce yang memilih mobile payment dengan penerapan strategi tertentu yang menguntungkan perusahaan. Karena mobile payment tersebut memiliki kekuatan dalam hal keamanan dan kenyamaman.

Ternyata, beragamnya fitur, tingkat keamanan, serta peralatan dan instalasi yang canggih telah melatarbelakangi peritel dalam memilih dan mengembangkan sistem mobile payment. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda sudah merasakan kemudahan sistem pembayaran mobile ini?

 

 

Sumber :
teknojurnal.com
gigaom.com

Tags

Share

Artikel Terkait

goal_line_piala_liga_inggris.jpg

Technology

12 Pertandingan Liga Inggris Gunakan Goal-Line Technology

Widyanto Gunadi

21 January 2022
5 min read
augmented_reality.jpg

Technology

AR dan mobile payment jadi pasangan serasi, mengapa demikian?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
Apple_Inc..jpg

startup

Baru 3 bulan, pendapatan App Store di Tiongkok tembus Rp 13 triliun

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read