Published on

Careers

Kenapa orang sukses bangun jam 5 pagi? Ini jawabannya

Maria Yuniar

manfaat-bangun-jam-5-pagi-EKRUT.jpg

Kebiasaan bangun pagi dipercaya dapat meningkatkan produktivitas. Hal ini sudah dilakukan Mark Wahlberg, seorang bintang film Hollywood, sejak lama. Wahlberg mengungkap bahwa ia setiap hari bangun pada jam 2.30 pagi, kemudian melakukan olahraga selama 90 menit, bermain golf, dan berdoa. Ia pun kembali tidur di malam hari pada pukul 19.30.

Wahlberg bukan satu-satunya figur publik yang biasa bangun pagi. CEO Apple, Tim Cook, dikabarkan bangun pada pukul 3.45 pagi. Selain itu, bos Disney, Bob Iger, bahkan terbiasa berolahraga pada pukul 4.25 pagi.

Sebelum kamu mengikuti jejak para figur publik ini, ada baiknya kamu pahami dulu ragam manfaat bangun pagi di sini! 

1. Merasa percaya diri dan produktif

Kebanyakan orang seringkali tak bisa bangun pagi sesuai jam yang diinginkan. Namun, ketika berhasil bangun sesuai jadwal, kepercayaan diri pun akan datang karena akhirnya kamu bisa mempersiapkan harimu dengan lebih baik, bersemangat, serta produktif.

Selain itu, bagi sebagian orang, pagi hari adalah waktu yang produktif. Kamu bisa melakukan beberapa hal atau bahkan mengerjakan pekerjaanmu lebih awal dibandingkan orang lain. 

Karena memulai harimu lebih awal, bukan tidak mungkin kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu pada sore hari. Kamu pun menjadi lebih produktif, bukan?

2. Kamu dapat mengatur jadwal lebih baik

Rata-rata penduduk Amerika Serikat bangun pagi antara jam 6.00 sampai 7.30 pagi. Namun, dengan bangun jam 5 pagi, kamu dapat mengatur jadwal terlebih dahulu sebelum notifikasi dan email di ponselmu berbunyi.

Kamu pun tak perlu terburu-buru untuk memulai hari. Kamu bisa menggunakan waktu yang ada untuk berolahraga, meditasi, atau membaca buku. Selain itu, kamu pun dapat tiba di kantor sesuai jadwal.

manfaat bangun jam 5 pagi - EKRUT
Selain kamu dapat membangun udara segar, bangun pagi hari pun juga bisa membuatmu lebih tenang - EKRUT

3. Pagi hari lebih tenang

Bangun pagi di saat yang lain belum terbangun dapat memberikan ketenangan bagi jiwamu. Kamu pun dapat memulai hari tanpa terburu-buru, kamu memiliki waktu untuk dirimu, kamu bisa lebih fokus, dan bahkan menghirup udara segar. 

4. Bisa menjadi lebih disiplin

Hal tersulit ketika bangun pagi adalah berdamai dengan kenyataan bahwa alarm di ponsel sudah berbunyi dan kamu harus segera bangun. Sayangnya, tak banyak orang yang bisa disiplin bangun sesuai jadwal. Karena itu, dengan membiasakan bangun pagi, kamu akan melatih sikap disiplinmu.

Bagi kamu yang memang terbiasa bangun pagi, hal tersebut tentu merupakan suatu keuntungan karena bisa membantu performamu selama sehari penuh. Namun, bila kamu belum terbiasa untuk bangun pagi, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menyiasatinya:

  • Masuklah ke kamar dan berbaring lebih awal
  • Cari caramu untuk tidur dengan cepat, seperti menarik napas dalam-dalam atau melakukan hal yang bisa membuatmu mengantuk
  • Atur alarm pribadimu beberapa kali dalam satu jam

Itulah beberapa manfaat bangun jam 5 pagi untuk dirimu. Selain itu, jika kamu bangun pagi dan berangkat lebih awal, bukan tidak mungkin kamu juga bisa pergi ke kantor bebas macet, bukan

Jadi, kapan kamu mau mulai bangun pagi?

Sumber:

  • themuse.com
  • greatperformeracademy.com
  • independent.co.uk

Tags

Share

Artikel Terkait

kopi_1.jpg

Careers

Nih, efeknya kalau terlalu banyak ngopi

Maria Yuniar

21 January 2022
0 min read
bpjs2.jpg

Careers

Plus minus tentang BPJS Kesehatan

Maria Yuniar

21 January 2022
4 min read
H1.jpg

Lainya

Hidup Sederhana Buat Lebih Bahagia? 5 Tips untuk Memulainya

Felixitas Yolanda

17 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read