Published on

Careers

Ini sebabnya kamu sulit mendapatkan kandidat terbaik

Widyanto Gunadi

susah-mendapatkan-kandidat-EKRUT.jpg

Beberapa perekrut mungkin sering mengeluhkan sulitnya menemukan kandidat yang tepat. Akan tetapi, semua itu bukan semata-mata disebabkan kurangnya tenaga kerja yang tersedia. Tapi ada beberapa faktor lainnya yang mungkin kurang kamu perhatikan. 

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin kamu lakukan sehingga sulit untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Perhatikan baik-baik, ya!

1. Informasi lowongan tak menarik 

Untuk dapat membuat kandidat tertarik, pasang informasi pekerjaan yang lengkap. Dari informasi tersebut, kandidat yang memang berminat biasanya akan mengunjungi situs perusahaanmu.

Pastikan situs yang kamu buat merepresentasikan aspek menarik perusahaan. Jika ingin kandidat berkualitas, buatlah lowongan pekerjaan yang atraktif. 

Baca juga: 3 Metode wawancara ini bantu kamu dapatkan kandidat yang tepat

2. Kurang aktif di media sosial 

Generasi milenial pasti akan menjadi bagian dari sebagian besar kandidat yang ada. Hal ini sudah tak bisa dipungkiri lagi. Generasi ini juga sangat lekat dengan teknologi. Mereka sudah pasti sangat mengenal berbagai media sosial. Mereka menghabiskan sebagian besar waktu di media sosial.  

Dengan begini, untuk mendapat kandidat berkualitas yang tepat, kamu harus mulai mengikuti gaya hidup kandidat milenial. Berperanlah lebih aktif dalam media sosial. Sampaikan informasi mengenai perusahaan di media sosial, dan mulailah dekati generasi milenial untuk membentuk talent pool kamu. 

3. Kualifikasi kurang diperhatikan

Ketika seorang perekrut sedang membutuhkan kandidat cepat, seringkali ia melupakan kualifikasi yang diperlukan. Hindari melakukan perekrutan kandidat dengan terburu-buru.

Jangan lupa, definisikan kualifikasi yang diperlukan dalam lowongan pekerjaan sejelas mungkin. Ini akan menghindarkan kamu dari mendapatkan kandidat yang buruk, dan lebih mudah menarik kandidat berkualitas. 

4. Kriteria pencarian sempit 

Kesalahan yang menyebabkan sulitnya mendapat kandidat berkualitas berikutnya adalah, sempitnya kriteria pencarian. Kamu ingin mendapat kandidat yang sangat pas, namun kriterianya terlalu spesifik.

Jangan terlalu fokus pada kriteria saja. Perhatikan juga potensi kandidat. Ada banyak kandidat yang mungkin memiliki kualifikasi mendekati dengan pencarianmu. Jangan lewatkan mereka begitu saja. Mereka bisa jadi memiliki potensi luar biasa, yang bisa mendukung perusahaanmu. 

Kamu bisa memperluas pencarian kandidat di talent marketplace. EKRUT menyediakan talent marketplace yang bisa kamu jelajahi. Di sini para kandidat sudah melalui proses kurasi. Sehingga, kamu dapat melakukan pencarian kandidat secara efisien. 

5. Wawancara kurang informatif

Di satu sisi, perekrut pasti akan menilai kandidat. Di sisi lain, kandidat pun memberikan penilaian terhadap perusahaan. Salah satunya melalui tahapan wawancara.

Para kandidat biasanya ingin mengetahui latar belakang perusahaan serta peran mereka nantinya. Jika kamu tak berhasil membuat kandidat tertarik dengan perusahaan, maka mereka akan enggan untuk bergabung.

Baca juga: Kesulitan mencari kandidat terbaik? Ini cara tepatnya

Setelah mengetahui penyebab kandidat kurang berminat terhadap perusahaan, semoga kamu bisa melakukan tahapan rekrutmen dengan lebih baik ya!

Last update: 12 October 2019

Sumber:

  • navigarecruiting.com
  • recruiterbox.com
  • socialtalent.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_.jpg

jobs

Apa itu tes EPPS (Edward Personal Preference Schedule)? Simak informasi selengkapnya di sini!

Luqman Hafidz

17 January 2022
5 min read
perusahaan-yang-bergabung-dengan-EKRUT.jpg

Careers

Semakin Meningkat, 2 Perusahaan Baru Bergabung Dengan Ekrut

Tsalis Annisa

10 January 2022
5 min read
perusahaan-yang-bergabung-dengan-EKRUT.jpg

Careers

Get, Touchten, dan Investree Mencari Karyawan Baru di Ekrut

Tsalis Annisa

10 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read