Published on

Technology

Kok PUBG Mobile yang baru mirip Fortnite?

Widyanto Gunadi

maxresdefault.jpg

Bagi Anda penggemar game sejati, tentu sudah tak asing dengan Player Unknown's Battleground (PUBG) dan Fortnite. Kedua judul game ini adalah permainan bergenre battle royale yang terpopuler saat ini. PUBG mengeluarkan sebuah update. Ternyata, fitur barunya malah mirip mode Battle Pass milik Fortnite lho!

 

PUBG versus Fortnite

PUBG Mobile dan Fortnite sama-sama dirilis pada 2017. Namun, PUBG Mobile sejak awal kemunculannya sudah mengadopsi genre battle royale. Genre ini mengharuskan banyak pemain bertempur dalam satu layar yang sama, hingga hanya ada satu pemenang. Sementara itu, Fortnite pada awal kemunculannya tak melirik battle royale. Genre ini baru diadopsi oleh pengembang Fortnite sejak akhir 2017 lalu.  

 


Sumber: Twitter

 

Kedua pengembang game, yaitu PUBG Mobile maupun Fortnite, memang sempat berseteru karena urusan genre ini. Pihak pengembang PUBG Mobile menuduh Epic Games, pencipta Fortnite, mengekor kesuksesan karya mereka. Namun, pihak Epic Games juga menuntut balik PUBG Mobile karena dianggap meniru satu fitur dalam game mereka, yaitu Battle Pass. 

 

Update di PUBG Mobile

Game PUBG Mobile belum lama ini meluncurkan update berupa fitur yang bernama Royale Pass. Fitur ini disebut-sebut meniru Fortnite. Pesaing PUBG Mobile ini sudah lebih dahulu memasukkan fitur serupa bernama Battle Pass.  

 

Fitur Royale Pass 

Fitur Royale Pass pada intinya memberikan pemain game PUBG Mobile akses ke sejumlah tantangan, yang telah disiapkan pengembang. Jika para pemain dapat menyelesaikan tantangan tadi dengan baik, maka hadiah berupa uang bisa diraih. Uang hadiah dari tantangan ini bisa digunakan pemain untuk membeli items. Sangat mirip dengan Battle Pass dari Fortnite, ya? 

 

Tiga opsi

Royale Pass juga dihadirkan dengan tiga opsi yang bisa diambil oleh pemain. Pilihan tersebut berupa items, yang akan diterima pemain pasca menyelesaikan tantangan. Pemain akan disodorkan tiga opsi, yaitu gratis, elite upgrades, dan elite upgrades plus.  

Pilihan elite upgrades dan elite upgrade plus memungkinkan pemain untuk melompat ke tantangan level 20, dari total 70 level yang ada. Nantinya, pemain yang berhasil menyelesaikan level 70 akan mendapat hadiah kostum Royale Bunny Mask.  

 

Alat masak jadi senjata 

Satu lagi fitur PUBG Mobile yang dinilai mirip dengan Fortnite adalah penggunaan alat masak sebagai senjata dan armor. Mengenai hal ini, PUBG Corp pun sampai mengajukan gugatan kepada Epic Games melalui NetEase. Meski demikian, Epic Games hingga saat ini belum juga memberikan pernyataan ke publik, mengenai gugatan yang diajukan PUBG Corp. 

 

Sumber: Twitter

 

PUBG Mobile masih terpopuler 

Meski banyak masalah yang menghampiri PUBG Mobile, tampaknya kepopuleran game ini tak perlu diragukan. Terlepas dari tuduhan plagiarisme fitur Royale Pass yang diajukan oleh pihak Fortnite, game PUBG Mobile masih banyak diminati. PUBG Corp bahkan mengklaim telah menjual sekitar 50 juta kopi game mereka, untuk konsol Xbox One dan Windows PC. Hingga saat ini, jumlah pemain PUBG Mobile pun mencapai 400 juta orang yang tersebar di seluruh dunia. 

 


Sumber: Twitter

 

Bagaimana pendapat Anda? Apakah fitur baru PUBG Mobile itu memang mirip dengan yang dimiliki Fortnite?

 

 

Sumber:
kompas.com
kincir.com
kumparan.com
youtube.com
 

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-yan-krukov-9072248.jpg

    Technology

    Mengenal Apa Itu STEAM dan Fitur Penting yang Wajib Diketahui

    Tio Derma

    18 August 2022
    6 min read
    H1_Gamification.jpg

    Technology

    Gamification: Definisi, Elemen, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

    Algonz D.B. Raharja

    04 July 2022
    5 min read
    Mengenal_8_jenis_Esport__industri_yang_sedang_booming_mulai_beberapa_tahun_terakhir.jpg

    Technology

    Mengenal 8 Jenis Esport, Industri yang Sedang Booming Mulai Beberapa Tahun Terakhir

    Sylvia Rheny

    23 February 2022
    5 min read

    Video