Published on

Careers

Lakukan 6 hal ini sebelum ambil tawaran kerja

Maria Yuniar

office-furniture-2014888__340.jpg

Mendapat tawaran pekerjaan merupakan kabar yang sangat menyenangkan dan biasanya disambut dengan antusias. Akan tetapi, sebahagia apapun, Anda tetap perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal sebelum menyetujui tawaran pekerjaan yang diterima. 

Dilansir fastcompany.com, CEO LaSalle Network Tom Gimbel memaparkan enam hal yang patut Anda periksa sebelum menerima tawaran pekerjaan baru.

 

Cek jam kerja

Saat melakukan wawancara, Anda bisa mencuri-curi kesempatan melihat para karyawan di kantor tersebut. Dengan melihat gerak-gerik karyawan, Anda bisa melihat apakah mereka tertekan saat bekerja di kantor tersebut atau tidak.

Bila Anda wawancara di pagi atau sore hari menjelang jam pulang kantor, Anda juga bisa mengetahui seberapa patuh kantor tersebut terhadap jadwal bekerja dengan melihat jam berapa karyawan di sana datang atau meninggalkan kantor.

 

Cari tahu DNA perusahaan

Biasanya, perusahaan memiliki motto tertentu yang menjadi kunci perusahaan. Namun, jangan sampai motto tersebut hanya menjadi angan-angan dan pada kenyataannya tak pernah diwujudkan.

Selama sesi wawancara, Anda bisa coba tanyakan contoh nyata penerapan motto tersebut pada pewawancara. Bila ia tak bisa menceritakannya, ada kemungkinan besar mereka memang tak menerapkannya dengan baik.

 

Lihat lingkungan kantor

Saat sesi wawancara, Anda bisa melihat cara para karyawan di sana mengatur meja kerjanya. Bila mereka tak memiliki hiasan atau foto di atas meja, kemungkinan besar memang tak ada meja khusus untuk karyawan di sana atau lokasi kantor tersebut hanya digunakan untuk sementara.

 

Perhatikan jam makan siang

Ketika Anda diwawancara sekitar jam makan siang, Anda bisa melihat jumlah karyawan yang bekerja saat jam tersebut. Bila Anda bekerja di perusahaan yang menghargai waktu Anda, perusahaan tersebut akan mengizinkan Anda untuk makan tanpa harus memandangi layar komputer.

 

Tengok kamar mandinya

Anda juga bisa mengambil kesempatan untuk izin ke toilet dan melihat seberapa bersih keadaan di sana. Ketika perusahaan tidak menghargai ruang pribadi, perusahaan tersebut mungkin tak akan memperhatikan hal-hal kecil, seperti tisu toilet yang habis atau penyemprot air yang tak bekerja.

Tampaknya sederhana ya. Namun, enam hal tersebut ternyata penting lho Anda lakukan, sebelum menerima tawaran pekerjaan baru.

 

 

Sumber:
fastcompany.com
brilio.net

Tags

Share

Artikel Terkait

freelance-1989333__340.png

Careers

Pekerja IT peroleh kenaikan gaji tertinggi

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
job-offer-ERKUT.jpg

Careers

Lakukan 7 tips ini sebelum menerima job offer

Maria Yuniar

21 January 2022
4 min read
businessman-2956974__340.jpg

Careers

Nego gaji lewat email, apakah mungkin?

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read