Published on

Technology

#RameDiTwitter: Akun apa saja yang banyak mencuri perhatian sepanjang 2018

Nelson Simbolon

rameditwitter.jpg

Di penghujung tahun 2018, Twitter Indonesia merilis daftar konten dan akun yang paling banyak dibicarakan melalui tagar #RameDiTwitter

Pada Rabu (5/12), Twitter Indonesia kembali mengumumkan daftar konten dan akun yang paling populer di jagat Twitter seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Melalui cuitan dengan tagar #RameDiTwitter, ada beberapa kategori yang diumumkan, seperti tagar paling banyak digunakan, akun Indonesia yang paling banyak dibicarakan, juga brand dengan engagement terbaik.

 

Tegar terpopuler

Dari daftar tagar paling banyak digunakan, ketiga posisi teratas dihuni oleh band K-Pop BTS dan EXO dengan tagar #BTS dan #EXO. Selain itu, perhelatan olahraga Asian Games 2018 dan World Cup 2018, juga menempati posisi ketiga dan keempat dengan tagar #AsianGames2018 dan #WorldCup.

 

Akun paling dibicarakan

Dari daftar akun Indonesia yang paling banyak dibicarakan, akun Twitter Presiden Joko Widodo (@jokowi) menjadi akun yang paling banyak dibicarakan oleh netizen sepanjang tahun 2018. Dalam daftar tersebut, ada pula calon presiden nomor dua Prabowo Subianto (@prabowo) menempati posisi keempat.

Selain Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto, daftar tersebut juga didominasi oleh para politisi, seperti Fadli Zon, Fahri Hamzah, dan Sandiaga Uno. Di samping para politisi, ada pula akun orang-orang biasa yang memiliki banyak pengikut karena konten yang menarik.

 

Nggak terkenal tapi #RameDiTwitter

“Jadi kalau dilihat di sini yang menarik ada tiga pengguna Twitter atau akun Twitter dari kalangan bukan orang terkenal. Di situ ada @seterahdeh, @bayu_joo, dan @andihiyat,” jelas Dwi Adriansah, Country Industry Head of Twitter Indonesia dan Malaysia.

Menurut Dwi, ketiga akun tersebut selalu terlibat dalam percakapan seputar isu yang sedang hangat, seperti saat momen Asian Games 2018 atau momen penting lainnya.

 

Brand dengan engagement terbaik

Sementara itu, sebagai sebuah media sosial, Twitter juga dimanfaatkan oleh berbagai brand untuk mempromosikan produk mereka. Pada tahun 2018 ini, Twitter mengumumkan 10 besar brand dengan engagement terbaik. Lima di antaranya adalah BNI (@BNI), Grab Indonesia (@GrabID), Shopee (@ShopeeID), Samsung Indonesia (@samsungID), dan Bank Mandiri (@bankmandiri).

Untuk mengumpulkan data-data berbagai akun dan tagar yang paling banyak dibicarakan, Twitter memiliki metode tersendiri. Priscila F. Carlita, Head of Communications Twitter Indonesia, mengatakan bahwa Twitter mendata jumlah mention terhadap akun atau nama di Twitter untuk menentukan akun yang paling banyak dibicarakan sepanjang 2018.

“Nama mereka ini maksudnya bisa nama panjang atau nama panggilan,” pungkasnya. 

Sementara itu, akun-akun yang sifatnya spam atau melakukan fake engagement tidak akan didata. “Misalnya, akun X di-mention oleh akun Z yang terbukti melakukan fake engagement di Twitter. Kami tidak akan menghitung mention yang dilakukan akun Z tersebut,” ujar Priscillia.

Sumber:

  • twitter.com/TwitterID
  • inet.detik.com
  • nasional.kompas.com

Tags

Share

Artikel Terkait

fake_news.jpg

Technology

Manusia vs. Internet: Siapa yang salah?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
facebook_f8.jpg

Technology

Gelar konferensi tahunan F8, Facebook luncurkan berbagai fitur

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
emoji_slider_instagram.jpg

Technology

Sudah coba Emoji Slider untuk polling di Instagram?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read