Published on

jobs

5 Alasan mengapa email marketing penting untuk bisnismu

Nur Rosita Dewi

mengapa-email-marketing-penting-EKRUT.jpg

Email marketing bisa menjadi media yang tepat untuk memasarkan produk dan layanan bisnis. Email marketing juga dapat membuat pelanggan mendaftarkan email mereka untuk mengetahui produk baru, diskon, dan layanan lainnya.

Agar lebih paham dan tahu mengapa email marketing penting diterapkan dalam bisnis, berikut informasi selengkapnya. 

Apa itu email marketing?

mengapa email marketing penting - EKRUT
Email marketing dapat berupa newsletter yang berhubungan ddengan update perusahaan - EKRUT

Email marketing adalah metode pemasaran dalam dunia digital untuk mempromosikan produk atau jasa. Email ini dapat berupa newsletter berisi tentang update terbaru perusahaan, penawaran eksklusif, hingga pesan umum atas nama perusahaan.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, email marketing dapat membantu pelanggan mengetahui item atau penawaran terbaru dengan mengintegrasikannya langsung ke dalam upaya otomatisasi pemasaran.

Email marketing juga memainkan peran penting dalam strategi pemasaran karena dapat mengenalkan brand, membangun hubungan dengan pelanggan, hingga menjaga pelanggan tetap terlibat di antara pembelian melalui berbagai jenis email pemasaran.

Baca juga: 7 Tips membuat email marketing yang efektif

5 Alasan mengapa email marketing penting untuk bisnis

mengapa email marketing penting - EKRUT
Email marketing dapat membantumu mengirimkan pesan yang lebih bisa dipersonalisasi - EKRUT

Mungkin kamu mengira bahwa email tidak cukup efektif untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Padahal menurut data, 34% penduduk dunia menggunakan surat elektronik ini. Jumlahnya mencapai 2,5 miliar orang.

Email marketing adalah cara yang kuat untuk terhubung langsung dengan pelanggan. Metode ini juga merupakan cara yang sangat pribadi untuk menjangkau pelanggan kamu. Itulah mengapa email marketing akan memiliki pengaruh jika dipersonalisasi. Tak hanya itu, beberapa hal di bawah ini juga bisa kamu dapatkan jika menggunakan surat elektronik dalam strategi pemasaranmu. 

1. Lebih efektif daripada media sosial (untuk akuisisi pelanggan)

Media sosial adalah komponen yang sangat penting dalam strategi pemasaran bisnis. Akan tetapi ketika kamu ingin mengubah orang menjadi anggota, pelanggan, atau pendukung, email marketing adalah cara yang tepat.

Studi menemukan bahwa akuisisi pelanggan melalui email marketing meningkat empat kali lipat dalam empat tahun sebelum 2013. Bahkan telah menyumbang hampir 7% dari semua akuisisi pelanggan yang terjadi secara online!

2. Email marketing menghemat biaya

Email marketing memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau sejumlah besar konsumen dengan kecepatan hampir tidak ada per pesan.

Jika kamu baru merintis bisnis, pemasaran dengan email bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat biaya. Mudah, efektif, dan murah!

Baca juga: Perhatikan 5 hal ini saat membuat email marketing campaign

3. Bersifat pribadi dan dapat disesuaikan

Jika ingin email pemasaran efektif, kamu harus menyegmentasikan audiens ke dalam daftar dan mengirimkan setiap pesan yang telah disesuaikan dengan minat pembaca atau penerima pesan. Target yang sesuai terbukti telah meningkatkan pendapatan.

Dengan menggunakan email marketing software, kamu bisa menyebut orang satu per satu dengan nama dan membagikan suatu topik untuk anggota tertentu dari daftar. Lebih eksklusif dan pribadi!

4. Dapat diukur

Ketika menggunakan email marketing, kamu tidak perlu berspekulasi karena ada software khusus yang dapat melacak siapa saja yang membuka email, tautan mana yang diklik, dan berapa banyak orang yang berhenti berlangganan.

Dengan mudahnya kamu bisa mendapatkan gambaran apakah sebuah campaign sukses atau tidak. Metrik pemasaran email penting untuk diingat saat memantau dan mengukur strategi pemasaran internet secara keseluruhan.

5. Setiap orang memeriksa email mereka secara konstan

Perangkat seluler telah membuat sebagian orang cenderung memeriksa email mereka setiap hari. Itulah mengapa email marketing dapat menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk bisnismu.  

Penggunaan email marketing memang sangat penting dan cukup efektif dalam pemasaran, tapi ingat, kamu harus membuat strategi yang tepat. Jangan sampai pelanggan kabur karena terlalu banyak email yang mereka terima (spam).

Sumber: 

Tags

Share

Artikel Terkait

content-is-king-1132259__340.jpg

jobs

5 keahlian content marketing untuk memikat netizen

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read
marketing-1466315__340.jpg

Technology

Tren digital marketing terbaru untuk tingkatkan konversi

Widyanto Gunadi

20 January 2022
4 min read
seo-strategi-EKRUT.jpg

Technology

10 Strategi SEO praktis untuk para pemula

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read