Published on

Careers

Mengapa harus mengikuti hackathon?

Maria Yuniar

mengapa-perlu-mengikuti-hackathon-EKRUT.jpg

Apakah kamu pernah mendengar mengenai hackathon? Hackathon merupakan suatu ajang bagi programmer dan developer untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang telah ditetapkan dalam waktu yang terbatas. Dalam hacktahon, programmer biasanya akan bergabung dalam satu tim dan setiap anggota akan memiliki peranan berbeda.

Bila tak pernah terpikir untuk mengikutinya, kamu benar-benar harus mempertimbangkannya. Sebab, ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti hackathon. Berikut ini enam alasan kamu sebagai programmer atau developer harus mengikuti hackathon.

Belajar hal baru

Sebenarnya, hackathon merupakan tempat belajar bagi semua developer. Tak hanya yang sudah ahli, banyak juga developer baru yang mulai mencari pengalaman lewat ajang ini. Dengan mengikuti hackathon, kamu bisa mengeluarkan kreativitas dalam memecahkan sebuah masalah.

Meningkatkan soft skill

Kesuksesan berkarier tidak hanya membutuhkan kemampuan teknis yang kuat, tapi juga soft skill, seperti kerja sama tim dan komunikasi yang efektif. Ajang hackathon merupakan tempat yang tepat untuk mengasah soft skill kamu.

Karena dalam ajang hackathon, kamu diharapkan dapat berkolaborasi secara efektif di bawah tekanan dengan orang-orang yang baru dikenal. Kamu harus mencari tahu kekuatan mereka, membagi tugas, dan bagaimana menyatukan kemampuan mereka untuk membuat proyek yang dapat bersaing.

Baca juga: Perbedaan hard skill dan soft skill, ini yang perlu kamu ketahui

Melatih manajemen waktu

Batasan waktu yang diberikan dalam suatu hackathon biasanya adalah 24 jam atau 48 jam. Dalam jangka waktu yang amat sangat pendek ini, kita harus menyelesaikan aplikasi maupun produk agar dapat maju ke tahap selanjutnya.

Di sini kita dapat mempelajari strategi mengatur waktu untuk menentukan tugas yang mesti diselesaikan terlebih dahulu dalam jangka waktu yang memungkinkan. Sementara itu, tugas-tugas lain juga harus dapat selesai tepat pada waktunya. 

Membangun CV dan portofolio

Ketilka melihat curriculum vitae (CV) kamu, calon bos tidak akan hanya melihat riwayat pendidikan dan pekerjaanmu saja. Biasanya mereka juga melihat hal-hal lain untuk mengetahui personamu.

Oleh karena itu, dengan memasukkan pengalaman hackathon kamu ke dalam CV, kamu dapat menunjukkan diri kamu sebagai orang yang bisa mengambil inisiatif, aktif belajar, dan menikmati tantangan.

Memenangkan hadiah

Tentu saja, sebagai sebuah ajang kompetisi, kamu bisa mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Sponsor acara hackathon biasanya akan memberikan banyak hadiah, seperti cindera mata, lisensi perangkat lunak, bahkan gadget atau hardware terbaru.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja manfaat mengikuti hackathon, bukan? Jadi, ikutilah acara ini untuk terus meningkatkan kemampuan dan jaringanmu. 

Last update: 16 November 2019

 

Sumber:

  • hacktiv8.com
  • codepolitan.com

Tags

Share

Artikel Terkait

kelebihan-bahasa-pemrograman-Python---EKRUT.jpg

Technology

Bahasa pemrograman Python: 6 Kelebihan dan kekurangannya

Maria Yuniar

20 January 2022
6 min read
fakta-software-engineer-EKRUT.jpg

Careers

Ketahui 7 fakta menarik tentang Software Engineer

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read
technology-1283624__340.jpg

jobs

3 tantangan Typescript untuk programmer dan developer

Maria Yuniar

20 January 2022
4 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read