Published on

Technology

8 Langkah menjaga jejak digital di internet agar tetap bersih

Nur Lella Junaedi

menghapus-jejak-digital-EKRUT.jpg

Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan oleh pengguna teknologi adalah aspek keamanan. Ketika melakukan aktivitas di dunia maya, baik secara sadar maupun tidak, kamu telah meninggalkan jejak digital atau sering disebut sebagai digital footprint.

Apa itu jejak digital?

Apa itu jejak digital?
Jejak digital merupakan data yang diperoleh saat seseorang menggunakan internet - Pexels

Dikutip dari techterms.com, jejak digital merupakan jejak data yang diperoleh ketika seseorang menggunakan internet. Data ini berasal dari situs web yang dikunjungi, email yang dikirim, serta informasi yang dibagikan secara daring. Jejak digital dapat berbentuk seperti unggahan konten, aktivitas berbagi pesan, tinggalan komentar, aktivitas internet perbankan, dan sebagainya. Hal tersebut menjadi jejak digital yang kemungkinan besar akan tersimpan secara permanen di internet.

Seberapa penting jejak digital

Seberapa penting jejak digital
Jejak digital mempunyai dua sisi mata uang sehingga harus berhati-hati menggunakannya - Pexels

Jejak digital dapat mengungkapkan begitu banyak hal tentang dirimu. Karena berasal dari aktivitas daring, jejak digital dapat dilacak, dianalisis, dan digunakan untuk membangun gambaran profil yang sesuai dengan lokasi, kelompok sosial, perilaku, dan minatmu. Profil tersebut digunakan oleh bisnis atau perusahaan untuk menargetkan konsumen tertentu sesuai dengan penawaran dan iklan yang sudah dipersonalisasi.

Jejak digital juga berperan penting dalam dunia kerja karena sering dijadikan sebagai tolak ukur HR dalam menyeleksi kandidat. Dikutip dari kominfo.go.id, Heni Mulyati, Pengurus Siberkreasi Komite Edukasi Mafindo, mengatakan bahwa terdapat beberapa parameter yang dapat dipakai untuk melihat calon karyawan melalui media sosialnya; seperti kalimat yang sering diunggah, foto-foto, interaksi yang dilakukan, serta lingkaran pertemanan calon karyawan.

Bagaikan dua sisi mata uang, jejak digital dapat membantu memperkuat potensimu, tetapi di sisi lain juga dapat merugikan diri sendiri jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya. Oleh karena itu, pikirkan baik-baik konten yang diunggah di akun sosial mediamu agar tidak ada penyesalan di kemudian hari. 

2 Jenis jejak digital

2 Jenis jejak digital
Mengunggah konten ke media sosial merupakan salah satu contoh jejak digital aktif - Pexels

Jejak digital tidak dapat benar-benar terhapus seluruhnya dari internet. Namun, yang terpenting kamu menyadari bahwa semua hal yang dilakukan secara daring akan terdeteksi dengan berbagai cara. Dikutip dari familylives.org.uk, terdapat dua jenis jejak digital yaitu sebagai berikut.

1. Jejak digital aktif

Jejak digital aktif adalah data atau informasi yang dibagikan pengguna dengan sengaja melalui media sosial atau situs web. Contoh dari jejak digital aktif yaitu ketika mengirim email, mengunggah konten di media sosial, mengisi formulir secara daring, atau membuat komentar di forum online. Nama atau profil yang terdaftar dapat ditautkan ke kiriman yang telah dibuat dan sangat mudah untuk mengetahui banyak hal mengenai seseorang dari jejak digital yang ditinggalkan.

2. Jejak digital pasif

Jejak pasif adalah data atau informasi yang dikumpulkan dari pengguna tanpa sepengetahuan orang tersebut. Contoh dari jejak digital pasif meliputi domisili pengguna, alamat IP pengguna, atau jenis perangkat yang digunakan. Biasanya jejak digital pasif digunakan untuk mencari tahu profil pelanggan, target iklan, dan sebagainya. 

8 Langkah menjaga jejak digital di internet tetap bersih

8 Langkah menjaga jejak digital di internet tetap bersih
Pastikan jejak digitalmu di internet tetap bersih - Unsplash

Jejak digital membuat bias antara batas privasi dan pribadi. Dengan hanya mengecek nama lengkap di mesin pencari saja, mungkin kamu sudah bisa menemukan identitasmu. Meksi nampak keren, nyatanya hal ini bisa sangat berisiko. Pasalnya, datamu bisa saja dijual atau menjadi target dari orang yang berniat buruk. Untuk itulah penting menghapus jejak digital di internet. Meskipun tidak bisa terhapus sepenuhnya. Setidaknya kamu bisa mengurangi jejak digital melalui cara-cara di bawah ini.

1. Periksa ketersedian informasi pribadi di internet

menghapus jejak digital EKRUT 
Coba periksa ketersedian informasimu di internet untuk melihat seberapa besar informasi yang bisa didapatkan dari sana - EKRUT

Langkah awal untuk mengetahui apakah datamu tersimpan di internet atau tidak adalah melalui proses checking browser. Masukkan namamu di kolom pencarian dan lihat apakah ada identitasmu di dalamnya. Seperti identitas di media sosial FB, Twitter, Instagram, LinkedIn, YouTube bahkan tempat kuliah. Untuk menghapus namamu dari mesin pencarian kamu harus meminta izin kepada administrator untuk menghapus namamu.

Baca juga: Ingin hapus history di akun Twitter? Begini caranya

2. Menghapus, menonaktifkan akun media sosial, dan akun belanja

menghapus jejak digital EKRUT
Untuk menghilangkan jejak digital salah satunya menghapus sosial media - EKRUT

Cara menghilangkan jejak digital selanjutnya yakni menonaktifkan berbagai macam situs media sosial dan akun belanja. Coba mulailah dengan menghapus beberapa media sosial dan akun belanja yang sudah jarang digunakan. Pada pengaturan akun, pilih opsi untuk menonaktifkan sementara dan hapus. Biasanya dalam proses ini membutuhkan waktu untuk menutup sepenuhnya aksesmu.

3. Menggunakan mode samaran saat browsing di internet

menghapus jejak digital EKRUT 
Coba gunakan juga mode incognitife agar proses browsingmu tidak terlacak - EKRUT

Bila kamu ingin agar proses penjelajahanmu di internet tidak terlacak oleh mesin pencari, kamu bisa mencoba fitur mode samaran atau dikenal dengan istilah incognitife mode. Beberapa mesin pencari sudah mendukung fitur tersebut seperti Google, Mozilla Firefox, UC Browser sampai Opera mini. Dengan menggunakan fitur ini, proses browsingmu bersifat privasi dan kamu juga bisa membuka lebih dari satu akun sekaligus.

4. Menghapus email atau membuat email samaran

menghapus jejak digital EKRUT
Agar identitas asli tetap aman, kamu juga bisa menggunakan email samaran - EKRUT

Surat elektronik atau email hampir ada di seluruh pemilik telepon genggam. Bagaimana tidak, kamu tidak akan bisa mengunduh aplikasi tanpa perizinan yang diberikan dari email. Bahkan sejumlah pemberitahuan akan masuk ke email. Cara menghapus email bervariatif, tergantung jenis email yang kamu miliki. Kamu bisa mengajukan untuk menghapus akun tersebut. Tetapi prosesnya tidak akan terjadi secara langsung.

Mengingat pentingnya keberadaan email bagi pemilik telepon genggam, kamu juga bisa menggunakan email samaran dengan nama email yang tidak sesungguhnya. Hanya saja, jangan sampai untuk melamar pekerjaan kamu menggunakan akun samaran.

Baca juga: Jangan salah, ini cara membuat tanda tangan email yang benar

5. Berhenti berlangganan mailing list atau newsletter

menghapus jejak digital EKRUT 
Cara menghapus jejak digital juga salah satunya adalah berhenti email berlangganan - EKRUT

Mailis atau mailing list biasanya berasal dari situs yang menyediakan informasi berlangganan bagi para pembacanya. Isinya berupa informasi update terkait situs tersebut semisal buletin, majalah mingguan atau mungkin info promo. Berhenti berlangganan dari mailis bisa mengurangi data yang tersedia terkait info pribadi. Untuk menghentikannya, kamu bisa memilih bagian unsubcribe dibagian terbawah email.

6. Menggunakan VPN

menghapus jejak digital EKRUT
Cara aman lainnya agar tidak diretas yakni menggunakan VPN - EKRUT

Virtual Private Network (VPN) bisa kamu gunakan untuk mengakses jaringan publik tetapi masuk dengan cara privat. Menggunakan VPN keamanan datamu di web akan terjamin. Situs web tidak akan bisa melacakmu di internet. Tetapi meski terkesan aman, jangan pernah mencoba membuka akun perbankanmu melalui alamat VPN yah karena berisiko untuk dibajak.

Baca juga: Mengenal VPN dan fungsinya dalam akses internet, amankah?

7.  Menggunakan alat anti pelacak 

menghapus jejak digital EKRUT 
Beberapa alat pelacak seperti Ghostery dan Disconnect juga bisa kamu gunakan - EKRUT

Untuk menutupi jejakmu saat berselancar di dunia maya, kamu juga bisa menggunakan alat anti pelacak agar mudah menghapus jejak digital. Beberapa alat anti pelacak itu seperti Disconnect, DoNotTrackMe, dan Ghostery. Alat-alat ini bekerja untuk memblokir perangkat lunak yang diketahui memantau semua aktivitasmu. Selain beberapa alat pelacak di atas, kamu juga bisa menggunakan perangkat keras Anonabox. Alat ini akan melindungimu berselancar secara anonim, dan melindungi saat mentransfer film dan mengirimkan email. Dengan begitu privasi kamu tidak dapat terlacak internet. 

8. Memikirkan ulang setiap konten yang kamu sebarkan di internet

menghapus jejak digital EKRUT 
Agar kamu tidak menyesal coba pikirkan lagi sesuatu di internet sebelum mengupload sesuatu - EKRUT 

Langkah terakhir menghapus jejak digital yaitu dengan selalu berpikir ulang sebelum menyebarkan sesuatu di internet. Apakah konten itu perlu atau tidak. Semakin sedikit kamu aktif di  media sosial, semakin sedikit jejak digitalmu yang terlacak. Selain langkah di atas, kamu pun bisa mengatur ulang postingan lama dan membuatnya menjadi konsumsi pribadi. Buat citramu di media sosial terlihat baik dengan tidak banyak mengeluh, mengomentari suatu hal dengan kasar, dan melakukan perundungan atau bullying.

Mewaspadai bahaya jejak digital dalam dunia kerja

Mewaspadai bahaya jejak digital dalam dunia kerja
Waspadai bahaya jejak digital yang mungkin timbul dalam dunia kerja - Pexels

Selain dapat digunakan untuk membentuk citra positif dalam dunia kerja, jejak digital juga berpotensi menimbulkan bahaya. Dikutip dari netsafe.org.nz, bentuk risiko paling umum terkait dengan jejak digital individu adalah sebagai berikut.

  • Memublikasikan informasi pribadi yang mengarah pada intimidasi atau pelecehan secara daring
  • Menerbitkan atau berbagi gambar atau video untuk kepentingan pornografi dan menyalahgunakannya dengan tujuan pemerasan
  • Memublikasikan informasi pribadi atau bisnis yang digunakan untuk serangan manipulasi psikologis
  • Memublikasikan atau membagikan informasi yang merusak reputasi, seperti kehilangan pekerjaan

Baca juga5 Alasan pentingnya menjaga keamanan data pribadi

Nah, itu tadi seluk beluk mengenai jejak digital beserta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga jejak digitalmu tetap bersih. Bagi kamu yang tertarik untuk memulai karier di bidang digital, simak video di bawah ini, ya!

menghapus jejak digital EKRUT 
Last update: 8 October 2021

Sumber: 

  • spyadvice.com 
  • cnet.com
  • techradar.com
  • techterms.com
  • rasmussen.edu
  • kominfo.go.id
  • familylives.org.uk
  • netsafe.org.nz

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Phishing.jpg

Technology

Apa itu Phishing? Definisi, Jenis, Ciri hingga Tips Penting

Algonz D.B. Raharja

17 January 2022
5 min read
5_Cara_cek_pulsa_Smartfren_dengan_mudah_tanpa_ribet_2022.jpg

Technology

5 Cara cek pulsa Smartfren dengan mudah tanpa ribet 2022

Sylvia Rheny

17 January 2022
5 min read
H1_Social_Engineering.jpg

Technology

Bahaya Social Engineering! Kenali Jenis dan Cara Mencegahnya

Algonz D.B. Raharja

17 January 2022
6 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read