Published on

jobs

Panduan kerja: 100 hari pertama sebagai Web Development Manager

Nur Rosita Dewi

panduan-kerja-web-development-manager-EKRUT.jpg

Seorang Web Development Manager selain tajam teknologi, juga diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam hal manajemen dan memberikan solusi. Sebagai Manajer baru, kamu memiliki waktu untuk membangun tim yang kuat. 

Agar 100 hari pertama sebagai Web Development Manager berjalan dengan lancar, dan kamu mampu membuktikan hasil kinerjamu kepada perusahaan, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan di 3 bulan awal jabatanmu. 

1. Berkenalan dengan tim

Di dalam 100 hari pertama sebagai Web Development Manager, kamu harus belajar mengenal anggota tim dengan baik. Kenalilah siapa saja yang berada di dalam tim kamu dan apa saja keahlian serta tugas mereka. 

Mengobrol dengan masing-masing anggota tim akan memberikan kemudahan untuk kamu saat membuat rencana proyek nantinya. Bukan tak mungkin mereka akan memberikan masukan yang baik untuk membantu kamu.

Selain itu, mengobrol dengan anggota tim juga akan membantumu untuk mengenal pribadi masing-masing. Agar kamu tahu bagaimana cara berkomunikasi dan berhadapan dengan mereka sehingga proses kerja tim dapat berjalan lancar. 

Tak hanya itu, kamu juga harus berkenalan dengan bos dan orang-orang penting di kantor baru. Bertemu dengan mereka tidak harus dalam meeting saja. Kamu juga bisa mengajak makan siang atau coffee breaks. 

Baca juga: 9 Alasan pentingnya komunikasi dalam dunia kerja

2. Belajar dari proses

Tidak perlu terburu-buru dalam 100 hari pertama sebagai Web Development Manager. Melangkahlah perlahan, namun pasti. Belajarlah dari semua pengalaman yang telah kamu lalui. Berpikirlah bahwa pekerjaan ini adalah produk pertama yang kamu pegang.

Apa yang akan dikatakan pengguna terhadap produk yang kamu tawarkan? Mengapa mereka membutuhkannya? Apa yang akan kamu prioritaskan ke depannya? Kamu harus bisa menjawabnya seiring dengan proses yang kamu jalankan.

3. Kenali pengguna dan produk yang kamu jual dengan baik

Sebagai seorang Web Development Manager yang baru, kamu bisa memanfaatkan sudut pandang yang masih segar untuk memajukan perusahaan. Secara tidak langsung, kamu pun hanyalah seorang pengguna baru yang ingin belajar mengenal produk lebih jauh. 

Nah, manfaatkan perspektif yang baru tersebut untuk membuat daftar penilaian terhadap produkmu itu. 

Kamu juga bisa mengenal produk dan pengguna dengan mengunjungi bagian customer service. Dari bagian ini, kamu bisa mengetahui secara langsung apa yang sering ditanyakan oleh pengguna, apa yang mereka harapkan, dan kesulitan apa yang sering ditemui.

Supaya riset semakin dalam, tak masalah kok kalau kamu mau langsung merasakan berbicara dengan pengguna secara langsung. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan sudut pandang baru yang berguna.

4. Buat target untuk dirimu sendiri

Supaya bisa berhasil dalam pekerjaan ini, kamu harus mengetahui segala informasi mengenai produk, proses dalam mewujudkan produk yang baik, mengetahui tentang perusahaan, sampai pengguna yang membutuhkan produk kamu. 

Oleh karena itu, dalam 100 hari pertama sebagai Web Development Manager, kamu harus menentukan target untuk dirimu sendiri. Hal ini sangat penting supaya kamu bisa meraih hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kamu capai. 

5. Bagikan apa yang sudah kamu pelajari sebelumnya

Sebagai seorang Web Development Manager yang baru, kamu tidak boleh pelit ilmu. Berdiskusilah dengan banyak orang dan bagikan pengalaman yang pernah kamu lakukan. Melalui diskusi dan membagikan pengalaman, kamu bisa memberikan sudut pandang baru kepada masing-masing anggota tim.

Izinkan juga orang lain membagikan cerita sukses mereka untuk menginspirasimu. Berbagi ilmu dan hal-hal yang baik akan sangat bagus untuk perusahaan.

Baca juga: 8 cara menjadi manajer yang baik dan sukses

100 hari pertama sebagai Web Development Manager mungkin saja akan terasa berat karena kamu harus belajar dan mengenal banyak hal. Namun jika dilakukan dengan semangat dan optimisme, semuanya pasti akan berjalan dengan baik. 

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • productplan.com
  • linkedin.com
  • ​​​​​​​forbes.com

Tags

Share

Artikel Terkait

developer_melamar_kerja.jpg

Careers

Apa saja yang dicari developer saat melamar kerja?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
merekrut_software_developer.jpg

Careers

5 hal yang pantang Anda katakan saat merekrut developer

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
bootcamp_coding.jpg

Careers

Bootcamp untuk coding, perlukah?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read