Published on

Careers

Perlonggar persyaratan kerja perusahaanmu demi dapatkan kandidat yang sesuai

Maria Yuniar

business-2584721__340.jpg

Perusahaan yang kesulitan menemukan kandidat yang pas, pasti akan menghadapi tantangan untuk berkembang. Tentu saja, ada biaya rekrutmen yang harus dipikirkan. Oleh karena itu, saat ini 32 persen perusahaan mewarkan berbagai benefit bagi kandidat. Mulai dari tunjangan tambahan, asuransi, hingga dana tambahan. Sementara itu, ada juga perusahaan yang memberikan kelonggaran dalam persyaratan rekrutmen, demi mendapatkan kandidat

 

70% pekerjaan tak butuh sarjana

Data dari lembaga riset pasar tenaga kerja, Burning Glass Technologies, seperti dikutip Wall Street Journal mengungkapkan, pada semester pertama 2018, hanya ada 30 persen jabatan pekerjaan yang membutuhkan gelar sarjana. Angka tersebut lebih kecil dari tahun 2012, yang sebesar 32 persen.

Sementara itu pada 2018, hanya ada 23 persen pekerjaan yang membutuhkan pengalaman bekerja tiga tahun atau lebih dari kandidat. Angka tersebut menurun dari angka pada tahun 2012 sebesar 29 persen. Mungkin penurunan persentase-persentase tersebut tak terlihat besar. Namun pada kenyataannya, penurunan persentase tersebut mewakili 1,2 juta pekerjaan.

 

Bank mulai lirik kandidat tanpa gelar 

Bank of America, misalnya, saat ini memiliki 7.500 peluang pekerjaan di seluruh dunia. Namun, hanya kurang dari 10 persen di antaranya yang memerlukan gelar sarjana. Antara lain untuk posisi teller bank dan layanan pelanggan. 

Bank tersebut juga berencana untuk mempekerjakan 10 ribu orang dari masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah selama lima tahun ke depan, tanpa memandang gelar sarjana.

 

Dukung kontribusi perempuan pekerja

Melonggarkan persyaratan perekrutan pekerjaan juga dapat memberikan kesempatan untuk mencari kandidat yang berbakat, tapi belum terekspos. IBM dan GitHub misalnya, kini sedang mempekerjakan kandidat dari pelatihan-pelatihan. Mereka memang tidak memiliki pengalaman bekerja di perusahaan bergengsi, tapi keterampilan dan semangatnya tidak perlu diragukan.

Selain itu, berkurangan persyaratan untuk suatu posisi pekerjaan ternyata dapat menunjang peran perempuan dalam pekerjaan. Penelitian menunjukkan, pria akan melamar pekerjaan, meski hanya memenuhi 60 persen persyaratan. Sebaliknnya, perempuan tak akan melamar pekerjaan, sebelum memenuhi seratus persen persyaratannya.

Oleh karena itu, kebijakan perusahaan dalam melonggarkan persyaratan, akan memberikan peluang lebih pada kandidat perempuan yang berbakat. Yang perlu diingat, melonggarkan persyaratan bukan berarti menurunkan standar rekrutmen, lho! Sebab, meski kandidatmu belum memiliki pengalaman kerja yang mumpuni, selalu ada ruang untuk mengembangkan diri dan belajar. 

 

Sumber:
linkedin.com
 

Tags

Share

Artikel Terkait

Mengenal_Kraepelin_Test__Fungsi__dan_7_Tujuan_Serta_Aspek_yang_Perlu_Diperhatikan.jpg

Careers

Mengenal Kraepelin Test, Fungsi, dan 7 Tujuan Serta Aspek yang Perlu Diperhatikan

Sylvia Rheny

25 January 2022
5 min read
perekrutan_teknologi.jpg

Careers

4 tren perekrutan bidang teknologi tahun ini

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
cara_jitu_tingkatkan_rekrutmen.png

Careers

Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read