Published on

Careers

Pertimbangkan Hal-Hal ini Sebelum Kuliah S2

Maria Yuniar

thought-2123971__340.jpg

Lulus kuliah dan meraih gelar sarjana bukanlah akhir dari perjalanan mahasiswa. Para fresh graduates atau lulusan baru biasanya dihadapkan pada dua pilihan: langsung bekerja atau kuliah lagi.

Tak jarang, mereka yang memilih bekerja selepas kuliah S1, kemudian ingin melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Tujuannya selain mendapatkan lebih banyak ilmu, juga meningkatkan nilai jual dalam karier. Apakah kamu juga ingin meneruskan kuliah ke jenjang S2? Nah, sebelum memutuskan untuk kuliah lagi, ada beberapa hal yang mesti kamu pertimbangkan.

 

Jurusan kuliah

Tidak sedikit orang yang mengambil program S2 dengan jurusan yang tidak linier dengan pendidikan S1-nya. Hal ini sering kali terjadi karena bidang pekerjaan yang tak sesuai jurusan kuliah S1. Jadi, pastikan kamu sudah mantap dengan jurusan serta perguruan tinggi yang akan dipilih. Cobalah untuk mencari alternatifnya juga, ya!

 

Rencana setelah S2

Masih banyak orang yang kebingungan ketika lulus kuliah, karena belum memiliki perencanaan matang. Agar tak mengalaminya, pastikan kamu mengetahui yang akan kamu lakukan setelah lulus S2. Ada karyawan yang kuliah S2 agar bisa mendapatkan kenaikan jabatan di tempat kerjanya. Ada juga yang ingin menggali ilmu untuk mendirikan usaha sendiri. Ada yang malah ingin menjadi dosen. Setiap pilihan ada di tanganmu.

 

Biaya kuliah

Setelah mempersiapkan tujuan dan rencana S2, ingatlah bahwa kamu juga perlu memikirkan biaya kuliah. Jika kamu memilih untuk mengeluarkan biaya sendiri, pastikan sudah melakukan kalkulasi dengan baik, dan tabungan kamu mencukupi. Jika tidak, kamu bisa mencoba peruntungan dengan mengambil jalur beasiswa.

Jangan sampai biaya menjadi halangan untuk mengubur impian. Jadikan niatmu untuk kuliah S2 sebagai motivasi untuk membuat kehidupanmu lebih baik. Dipandang dari sisi lain, kuliah lagi sebenarnya bagian dari investasi

 

Pekerjaan

Lalu, bagaimana dengan kamu yang sudah memiliki pekerjaan tapi ingin kuliah S2? Lihat kembali isi kesepakatan kerja kamu dengan perusahaan untuk mengetahui kebijakan terhadap karyawan yang ingin melanjutkan kuliah. Sebab, tak sedikit karyawan perusahaan yang kesulitan mendapat izin untuk menjalani kuliah. Apabila kamu diperbolehkan menjalani kuliah dan pekerjaan secara bersamaan, pikirkan pembagian waktu dan tenaga. Bagaimanapun juga, kamu memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan. Pilihan lainnya, kamu bisa mengajukan resign kemudian fokus pada pendidikan.

Gelar pendidikan cukup mempengaruhi kenaikan penghasilan sekaligus meraih karier yang lebih tinggi, meski tidak mutlak. Jadi, setelah memikirkan hal lainnya kamu harus optimistis dan yakin bahwa kamu bisa meraih gelar master dan tujuanmu. Sudah siap meraih impianmu mendapatkan gelar master? Cari informasi sebanyak-banyaknya, persiapkan secara fisik, mental dan finansial ya! 

Sumber:
thebalancecareers.com
suara.com
beritagar.id
kompas.com

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Agent_of_Change.jpg

Careers

Alasan Mengapa Perlu Menjadi Agent of Change (AoC) dalam Sebuah Perusahaan

Algonz D.B. Raharja

21 January 2022
5 min read
daya_tarik_startup.jpg

startup

Bekerja dan belajar, daya tarik di startup

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
aktivitas_freshgrad.jpg

Careers

Aktivitas fresh graduate setelah lulus, kerja atau kuliah lagi ya?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read