Published on

Technology

Pilih yang Mana, Google Assistant atau Siri?

Widyanto Gunadi

google_assistant.jpg

Mengingat Google Assistant baru diluncurkan, mungkin Google masih menguji banyak hal, dan masih banyak yang akan ditambahkan di masa depan dalam pembaruan platform tersebut.Kecanggihan Google Assistant disebut-sebut merupakan asisten dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) ponsel yang paling sadar kontekstual di pasar saat ini, sekaligus mampu memahami pertanyaan dari permintaan sebelumnya tanpa perlu mengulangi semua rincian. Berikut ini beberapa kecanggihan Google Assistant yang mencengangkan, jika dibandingkan dengan Siri.

Lebih pandai dibanding Siri

Kalau Anda pernah mengungkapkan bahwa Anda suka klub olahraga tertentu, Google Assistant akan langsung reaktif terhadap yang akan Anda cari selanjutnya. Sementara itu, Siri perlu Anda ingatkan kembali secara detail tentang apa yang akan Anda cari. Meskipun Siri bisa memproses pertanyaan lanjutan dari pertanyaan pertama, tanpa Anda harus mengulangi subyeknya, hasilnya sering tidak akurat dan kemungkinan yang terlalu luas.

Mengintegrasikan smart home

Salah satu pengembangan tercerdas yang Google lakukan adalah membuat Google Assistant menjadi pusat dari keseluruhan strategi perangat kerasnya. Bukan hanya di ponsel. Ini termasuk berbagai speakerpintar, bahkan sampai ke lampu rumah. Terobosan ini dinilai bisa menjadi kunci fungsi rumah pintar masa depan yang serba otomatis dan Anda bisa mengontrolnya, seperti yang kita lihat di film-film.

Mengintegrasikan aplikasi pihak ketiga

Anda mungkin akan stres menggunakan Siri jika perangkat Anda tidak serba dari Apple atau berhubungan langsung dengan Apple. Dengan Google Assistant, Anda bisa meminta Spotify untuk memainkan musik yang Anda mau dengarkan, meminta Google Maps untuk mencari suatu lokasi dan lain sebagainya. Sementara itu, ketika diminta hal yang sama, Siri hanya akan membukakan aplikasinya tanpa menjalankan fungsi yang Anda minta. Jadi, Anda harus berusaha ekstra untuk mendapatkan yang Anda mau.

Mengenali suara yang berbeda dan memberi respons tersendiri

Kalau siapapun mengatakan, "Hey, Siri!" pada ponsel Anda,  Siri akan aktif dan merespon secara umum. Sementara itu, Google Assistant memiliki kemampuan voice training. Dengan voice training ini, suara yang berbeda dapat dikustomisasi melakukan respon yang berbeda, tergantung siapa yang mengucapkannya. Jadi kalaupun Anda ingin melakukan transaksi pembayaran, Anda bisa merasa lebih aman dengan suara khasmu melalui Google Assistant.

Itulah kecanggihan Google Assistant yang mencengangkan. Bagi Anda yang pengguna Android, itulah yang perlu Anda banggakan. Bagi Anda yang pengguna iOS, tenang saja, cepat atau lambat, Apple akan menyediakan fasilitas tersebut. Jadi, mana yang Anda pilih? Google Assistant atau Siri?

Rekomendasi bacaan:
Gedung Putih bersiap kembangkan kecerdasan buatan
Klout akan tutup situsnya bulan ini
Pascaserangan bom di Surabaya, Kominfo temukan 1.000 akun radikal

 

Sumber:
mashable.com
idntimes.com
wartaekonomi.co.id

Tags

Share

Artikel Terkait

facebook_AI.jpg

Technology

Mengapa Facebook Membutuhkan Teknologi AI?

Widyanto Gunadi

10 January 2022
0 min read
binary-1538718__340.jpg

Technology

Sediakan banyak data, Asia diprediksi jadi pemimpin AI

Maria Yuniar

10 January 2022
4 min read
subway.jpg

Technology

Subway di Shanghai akan Gunakan Pengenalan Wajah dan Suara

Widyanto Gunadi

10 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read