Published on

Careers

Saat karyawan komplain, ini yang harus dilakukan HRD

Maria Yuniar

lakukan-ini-ketika-karyawan-komplain-EKRUT.jpg

Setiap karyawan memiliki kehidupan yang berbeda-beda dan permasalahan masing-masing. Karena itu, sebagai bagian dari tim HRD, kamu perlu bersikap terbuka agar karyawan mau berbagi cerita.

Tak hanya mendengarkan cerita, kamu juga harus menawarkan solusi. Sebab dari komplain, isu, atau peristiwa tak menyenangkan yang dialami karyawan, HRD dapat melakukan analisis lebih lanjut demi kemajuan perusahaan.

Dalam menangani keluhan karyawan, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk memberikan penanganan yang tepat bagi mereka

Kenali karyawan

Kamu harus mengenali setiap karyawan dan cara kerja mereka di kantor. Dengan memantau dari jauh misalnya, kamu bisa melihat kebiasaan seorang Manager saat mendelegasikan tugas kepada anggota timnya. Kamu pun dapat memperhatikan kebiasaan seorang staf yang hobi ke pantry. 

Baca juga: Tujuan dan cara melakukan evaluasi kinerja karyawan

Gali persoalan karyawan

Ketika seorang karyawan menyampaikan keluhan padamu, tanyakan kembali mengapa ia merasa seperti itu. Mengapa hal itu menjadi masalah baginya? Cari tahu kondisi yang sebenarnya. Misalnya, seorang karyawan berkata, “Manajer saya selalu mengawasi saya, hal itu membuat saya tak nyaman.”

Setelah melakukan pengamatan, mungkin saja kamu menemukan fakta bahwa karyawan tersebut memang tak pernah melakukan tugasnya dengan teliti. Intinya, kamu tak akan pernah tahu apa yang sedang terjadi tanpa bertanya dan melakukan pengamatan langsung. 

Tawarkan bantuan

Terkadang, kepenatan bekerja di kantor dapat membuat seorang karyawan merasa jenuh dan frustasi. Karena itu, ia bercerita kepadamu hanya untuk melampiaskan energi negatifnya. Untuk itu, kamu perlu bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?” 

Bersikap terbuka

Penting bagimu untuk membuka pintu selebar-lebarnya bagi setiap karyawan untuk bercerita atau menyampaikan opini mereka. Karena, kamu bisa saja kehilangan informasi berharga yang justru menjadi penghambat kemajuan perusahaan selama ini jika mereka tidak bercerita.

Saring informasi

Tak semua kasus perlu kamu bicarakan dengan manager atau pimpinan karyawan tersebut. Dalam beberapa kasus, khususnya yang bersifat pribadi, karyawan akan merasa dikhianati karena ceritanya kamu bongkar. Namun, bila keluhan yang disampaikan bersifat pelecehan atau diskriminasi rasial, kamu harus membentuk tim untuk menyelidiknya.

Baca juga: Tampak keren, ternyata ini dampak multitasking bagi karyawan

Sesungguhnya, pekerjaan HRD lebih membutuhkan seni daripada sains. Sebab, kamu tak selalu dapat melakukan hal yang sempurna setiap saat, mengingat kamu juga berurusan dengan karyawan yang tidak sempurna. Mendengarkan dan meluangkan waktu untuk karyawanmu adalah kunci keberhasilanmu.

Sumber:

  • thebalancecareers.com

Tags

Share

Artikel Terkait

izin-tidak-masuk-kerja---EKRUT.jpg

Careers

Penyebab karyawan sering izin tidak masuk kerja dan cara mengatasinya

Maria Tri Handayani

17 January 2022
3 min read
talent_management.jpg

Expert's Corner

Manfaat dan pentingnya talent management bagi perusahaan dan karyawan

Sylvia Rheny

17 January 2022
7 min read
tips_rekrutmen_startup.png

Expert's Corner

5 Tips Rekrutmen Startup Beserta Strategi yang Efektif

Widyanto Gunadi

17 January 2022
8 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read