Published on

Technology

Tahukah kamu, Google Docs bisa lakukan 10 hal ini?

Maria Yuniar

technology-791029__340.jpg

Apakah kamu selama ini hanya terpaku pada Microsoft Word untuk melakukan berbagai pekerjaan? Sebaiknya kamu mulai mempertimbangkan untuk beralih ke Google Docs. Sebab, Google Docs sekarang punya berbagai fitur tambahan untuk memudahkanmu dalam bekerja. Kamu juga tidak perlu memasang ekstensi untuk menikmati berbagai fitur tersebut. Apa saja sih fitur yang menjadi kelebihan Google Docs itu?

 

Memindahkan teks lebih cepat

Bila perlu memindahkan teks dalam dokumen, kamu hanya perlu menyorot paragraf yang posisinya ingin kamu ubah. Klik dan drag dengan mouse serta tempatkan kursor di bagian mana saja dalam paragraf. Tahan Alt dan Shift bersama-sama, lalu gunakan kursor untuk memindahkan teks ke mana saja.

 

Mengganti ukuran teks

Tekan Ctrl (atau Cmd pada Mac) dan Shift bersamaan lalu tekan tombol tanda kurung siku (<) atau (>) untuk memperbesar dan memperkecil teks. Dengan cara ini, kamu dapat mengganti ukuran teks pada dokumenmu dengan cepat.

 

Menyalin format teks

Pada Google Docs, kamu bisa menyalin format teks pada satu area ke area yang lain. Kamu hanya perlu menempatkan kursor pada teks yang formatnya ingin kamu kopi, klik simbol paint roller pada sebelah kiri atas, dan klik paragraf yang ingin kamu berikan formatnya. Mudah ya!

 

Mencari berbagai fungsi

Untuk mencari berbagai fungsi pada Google Docs, kamu hanya perlu mengarahkan kursor ke tab Help dan mengetik fitur yang kamu butuhkan.


Sumber: memegenerator.net

 

Mengubah suara menjadi teks

Kamu bisa mengubah suaramu menjadi teks pada Google Docs selama komputer atau laptop yang kamu gunakan memiliki mikrofon. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu klik menu Tools dan pilih “Voice typing” atau tekan Ctrl (atau Cmd pada Mac), Shift, dan S bersamaan. Setelah itu, kamu bisa berbicara dan suaramu akan direkam lalu diterjemahkan ke dalam teks oleh Google.

 

Mengatur tanda baca atau format paragraf

Selain teks biasa, kamu juga bisa memberikan perintah dengan suara untuk memberi jeda (period), koma (comma), tanda baca (question mark), baris baru (new line), atau paragraf baru (new paragraph). Bila kamu ingin hentikan fitur voice-to-text ini, tinggal katakan “stop listening”. Untuk melanjutkan, katakan “resume”.

 

Melakukan pengeditan sulit dengan suara

Kamu pun bisa melakukan pengeditan lebih lanjut dengan suara untuk memilih kata-kata, frasa, maupun paragraf tertentu. Untuk melakukan pengeditan, kamu bisa memberikan perintah cutting untuk memotong teks, copying untuk mengkopi teks, dan pasting untuk menerapkan kopian teks. Kamu pun dapat mengecek daftar perintah suara Google Docs melalui link ini.

 

Mentranskrip dokumen audio

Dengan Google Docs, kamu bisa mentranskrip dokumen audio, seperti rekaman wawancara atau podcast. Kamu hanya perlu menyalakan fitur voice typing pada Google Docs dan memainkan dokumen audionya.

 

Browsing tanpa tinggalkan Google Doc

Terkadang, kamu perlu untuk mencari sesuatu di Internet ketika sedang mengetik di Google Docs. Google Docs pun memfasilitasi kebutuhan ini. Kamu hanya perlu membuka menu explore dengan menekan Ctrl (atau Cmd pada Mac), Alt, Shift, dan I. Google Docs pun akan memunculkan serangkaian hasil pencarian, gambar, dan dokumen yang berkaitan dengan apa yang sedang kamu kerjakan.

 

Menambah gambar dari Google Photos ke dokumen

Pengguna Google Photos bisa langsung menambahkan gambar pada Google Docs tanpa perlu melakukan download. Untuk menggunakan fitur ini, kamu hanya perlu klik Insert dan pilih Image untuk mencari imaga pilihanmu.

Bagaimana pendapatmu? Fitur mana yang paling membantu pekerjaanmu?

Sumber:
fastcompany.com

Tags

Share

Artikel Terkait

goal_line_piala_liga_inggris.jpg

Technology

12 Pertandingan Liga Inggris Gunakan Goal-Line Technology

Widyanto Gunadi

21 January 2022
5 min read
mobile_payment.jpg

Technology

Ini alasan peritel kembangkan mobile payment

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
augmented_reality.jpg

Technology

AR dan mobile payment jadi pasangan serasi, mengapa demikian?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read