Published on

Technology

Ternyata Whatsapp bisa membuat smartphone Android hang

Widyanto Gunadi

whatsapp_android_hang.jpg

Siapa yang tak mengenal WhatsApp? Aplikasi berkirim pesan pesaing BBM ini memberikan kemudahan berkomunikasi melalui teks, telepon, serta video. Bahkan raksasa teknologi Facebook pun sudah mengakuisisi WhatsApp. Namun, bukan berarti WhatsApp menjadi aplikasi yang sempurna. Ternyata, aplikasi WhatsApp bisa membuat smartphone Android Anda mengalami hang. Bagaimana bisa? Simak penjelasan berikut ini.

Pesan singkat berbuntut crash

Ada pesan teks singkat dalam WhatsApp yang bisa membuat ponsel pintar Android berhenti total atau mengalami crash. Pesan ini berupa 2.000 karakter huruf berukuran 2 MB. Dua pemuda asal India, yaitu Saurav Kar dan Indrajeet Bhuyan lah yang menemukan hal itu. Keduanya berprofesi sebagai periset keamanan digital independen, Mereka telah mengujicoba pesan itu pada sebagian besar OS Android, termasuk Kitkat dan Jellybean.

Waspadai juga pesan khusus lainnya berupa titik hitam dan bertuliskan “don’t touch here”. Simpan rasa penasaran Anda. Pengguna WhatsApp yang menyentuh layar di bagian titik hitam tersebut harus merelakan smartphone mereka hang ata bahkan mati total. Pesan semacam itu bekerja layaknya virus komputer.

Bagaimana cara memulihkannya?

Seperti dilansir Androidterritory, pesan ini merepresentasikan format kode American Standard Code for Information Interchange (ASCII). Jika Anda menerima pesan teks WhatsApp dengan jumlah karakter banyak, biasanya Anda akan menjumpai tulisan “Read more” untuk mempersingkat pesan. Namun hal ini tidak ada dalam pesan “don’t touch here”. Anda harus mencermati hal ini.

Sebab, pesan viral tersebut mengganggu dan dapat menghancurkan sistem OS Android Anda, dengan memaksa munculnya ribuan karakter bersamaan saat pesan dibuka. OS Android pupn harus menanggung beban yang besar dan memperlambat kinerja smartphone, bahkan menyebabkan crash.

Lantas, jika Android Anda terlanjur crash karena pesan singkat tersebut, bagaimana cara memulihkannya? Caranya dengan menghapus seluruh percakapan dengan orang yang mengirimkan pesan tersebut.

CEO WhatsApp mundur

Tak lama setelah mencuatnya persoalan ini, CEO Whatsapp, Jan Koum, keluar dari perusahaan yang sudah membesarkan namanya itu. Namun, alasan Jan Koum memilih hengkang bukanlah semata karena pesan viral ini. Kepada Gizmodo, Koum menyatakan jenuh karena terus-menerus terseret dalam skandal penyalahgunaan data oleh Facebook.

 

 

Tags

Share

Artikel Terkait

Tes_IELTS-Pengertian__Manfaat__Format__Kategori__dan_bedanya_dengan_TOEFL.jpg

Careers

Tes IELTS: Pengertian, Manfaat, Format, Kategori, dan Bedanya Dengan TOEFL

Ningtyas Dewanasari Kinasih

27 January 2022
5 min read
H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

Technology

Jadwal FYP TikTok Hari Ini 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

26 January 2022
5 min read
H1_film_terbaru_2021.jpg

Lainya

Mungkin Kamu Melewatkannya, Inilah 10 Film Terbaik 2021 Beserta Platform untuk Mengaksesnya!

Nurina Ulfah

26 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read