Published on

Lainya

Berikut tips berolahraga saat bulan puasa di rumah

Widyanto Gunadi

olahraga_puasa.jpg

Berpuasa bisa membuat tubuh Anda lemas karena tidak mendapatkan asupan nutrisi selama jangka waktu tertentu. Namun, jangan sampai hal ini menghalangi aktivitas berolahraga Anda. Tentu saja Anda tetap bisa berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Hanya saja, ada baiknya Anda mencoba beberapa tips di bawah ini untuk menjalankan latihan fisik selama masa puasa di bulan Ramadan. Simak tips di bawah ini.

Kurangi intensitas latihan Anda

Latihan fisik yang berlebihan bisa membuat Anda kelelahan, apalagi selama berpuasa. Kurangi porsi latihan fisik Anda. Direktur akademik International Fitness Professional Association (IFPA) Prof. Dr. Rano Izhar memperingatkan akan adanya bahaya berolahraga dengan intensitas tinggi. Terutama, bagi Anda yang menderita penyakit jantung. Jadi, hindarilah latihan fisik berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, bukan?

Perhatikan asupan makanan

Tubuh tidak akan mampu melakukan performa maksimal ketika dipaksa berolahraga dengan intensitas yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan latihan fisik dengan intensitas yang tinggi, jangan lupa untuk makan sebelumnya. Pastikan tubuh Anda mendapat asupan protein yang cukup.

Protein merupakan sumber tenaga yang dapat membentuk otot saat Anda berlatih. Jadi, sebaiknya makanan yang Anda santap memiliki kandungan protein. Terlebih jika Anda ingin melakukan latihan fisik berat. Jangan lupa sesuaikan jadwal makan Anda jika hendak berolahraga.

Seperti dilansir jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, asupan whey protein sebanyak 20 gram per sajian sebaiknya dikonsumsi paling tidak setengah jam sebelum berlatih. Langkah ini dapat meningkatkan metabolisme dan energi tubuh Anda. Pisang juga merupakan pilihan makanan ringan dengan kandungan gula alami untuk menambah energi saat berlatih.

Minum air yang cukup saat sedang tidak berpuasa

Dehidrasi dapat dialami setiap orang yang berolahraga. Pasti Anda berkeringat setelah melakukan latihan, bukan? Oleh karena itu, minumlah air dengan jumlah yang cukup selama Anda tidak sedang menjalankan puasa. Selain membuat kulit halus dan menghindarkan Anda dari dehidrasi, air membantu distribusi nustrisi di dalam tubuh. 

Jadi, siapkah Anda untuk berolahraga di bulan puasa? Susunlah jadwal makan yang menyesuaikan latihan Anda? Jangan ragu untuk berlatih, demi kebugaran  Anda. Selain menjaga kesehatan, berolahraga pun bermanfaat untuk membuat Anda lebih muda.
Sumber:
enshealth.com
dailyburn.com
mercola.com
globalnews.ca
cdn.com

Tags

Share

Artikel Terkait

buka_puasa.jpg

Careers

5 Tips Buka Puasa Bersama Keluarga

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
promo_lebaran.jpg

Technology

Promo Ramadhan yang paling banyak dicari

Widyanto Gunadi

21 January 2022
3 min read
youtube_ramadan.jpg

Technology

Ini yang banyak diakses masyarakat Indonesia selama Ramadan

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read