Published on

startup

Tips kenali pelanggan a la Mailchimp

Maria Yuniar

pelanggan.jpg

Bila ada saran yang paling baik untuk diberikan kepada para pengusaha, saran tersebut hanya satu: kenali pelangganmu. Hal ini penting karena pelanggan adalah orang yang membeli produk atau layananmu. (Baca juga: Pakai teknologi ini untuk bangun kepercayaan pelanggan)

Tanpa mengetahui cara mereka berpikir, kamu tak dapat membangun bisnis yang sukses. Hal ini pun sudah dibuktikan oleh Mailchimp. Sejak awal, Mailchimp memutuskan harus berinovasi dengan cepat dan membiarkan pelanggan mendikte fokus mereka sebagai perusahaan. Karena itu, mengenal pelanggan merupakan hal kecil yang dapat berdampak luar biasa bagi bisnismu. Berikut ini beberapa cara sederhana untuk melakukannya.

 

Mengunjungi pelanggan

Dengan mengunjungi pelanggan secara langsung, tentu kamu dapat membangun empati yang lebih dalam dan membangun kepercayaan di antara pelanggan dan bisnismu. Upaya semacam ini juga dapat menjaring masukan yang jujur dan langsung tentang yang dipikirkan oleh pelanggan terhadap bisnismu. 


Sumber: memegenerator.net

 

Undang pelanggan ke kantor

Untuk membangun empati dengan pelanggan, kamu memerlukan komunikasi dua arah. Ketika mengundang pelanggan untuk berkontribusi terhadap perkembangan bisnismu, kamu tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan mereka, melainkan karyawanmu juga akan lebih terhubung dengan pekerjaan mereka. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan pemahaman dan apresiasi lebih jelas mengenai yang dilakukan pelangganmu sebelum bisa memperoleh produk atau layananmu. (Baca juga: Optimalkan chatbot AI untuk tingkatkan kepuasan pelanggan)

 

Menjadi pelanggan

Untuk memahami yang harus dilakukan pelanggan sebelum memperoleh produk atau layananmu dengan lebih baik, kamu perlu menempatkan diri sebagai pelanggan. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh wawasan yang akan membantumu untuk mengembangkan produk atau layananmu. Karena pada prinsipnya, pelayanan pelanggan yang baik dapat membantumu untuk membedakan bisnismu dari bisnis pesaing.

 

Jangan takut membuat perubahan

Setelah berjuang untuk meraih empati pelanggan, tak akan ada gunanya bila kamu tak membuat perubahan yang berarti. Sebab, empati pelanggan merupakan kunci dalam keberhasilan bisnis apa pun. Koneksi personal juga akan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jadi, dedikasikan waktumu dengan pelangganmu untuk mendengar pikiran dan perasaan mereka secara jujur. Bila tidak, kamu baru saja melewatkan kesempatan untuk membuat bisnismu lebih baik.

Sumber:
fastcompany.com
 

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_Wholesale.jpg

Expert's Corner

Benarkah wholesale adalah strategi penjualan terbaik? Berikut cara mendapatkan keuntungannya!

Algonz D.B. Raharja

17 January 2022
6 min read
H1_(2).jpg

Lainya

10 Daftar Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes Terbaru di Tahun 2021

Luqman Hafidz

17 January 2022
5 min read
Sebenarnya_apa_itu_omset__Berikut_pengertian_dan_panduan_untuk_meningkatkannya!.jpg

Lainya

Omzet adalah? Berikut Pengertian dan Panduan Meningkatkannya

Sylvia Rheny

17 January 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read