Published on

Careers

Yuk, intip 6 tips sehat bugar saat bekerja selama puasa

Tsalis Annisa

tips-sehat-bugar-saat-bekerja-selama-puasa-EKRUT.jpg

Kurangnya asupan makanan dan air saat berpuasa dapat memicu dehidrasi, penurunan gula darah, sakit kepala, serta rasa lelah. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar selama bekerja di bulan Ramadhan.

Asalkan dilakukan dengan benar, efek samping selama berpuasa tidak akan menurunkan produktivitas dalam bekerja. Asupan nutrisi dengan jumlah dan jenis yang tepat akan membuatmu tetap bisa memenuhi tugas sehari-hari secara optimal.

Ingin tahu rahasia sehat bugar selama berpuasa? Berikut caranya.

1. Mengonsumsi makanan padat serat saat sahur

Saat sahur, kamu perlu membekali tubuh dengan makanan yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Jenis makanan yang tepat adalah makanan kaya karbohidrat kompleks dan serat karena kedua nutrisi ini memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna.

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks di antaranya nasi, oat, gandum utuh, serta polong-polongan. Sementara itu, asupan serat bisa diperoleh dari sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Kamu juga dapat mengolah sayur dan buah menjadi jus untuk menambah asupan cairan.

2. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi saat berbuka puasa

Ketika berbuka puasa, kamu membutuhkan makanan yang dapat mengembalikan nutrisi dan cairan. Keseimbangan nutrisi dan cairan selama berpuasa tidak hanya penting untuk pencernaan, tapi juga untuk mencegah gangguan pada fungsi otot.

Pilihan makanan terbaik untuk berbuka puasa adalah buah-buahan, sumber karbohidrat seperti nasi dan roti, serta sumber protein seperti daging. Makanan manis juga disarankan untuk berbuka puasa, tapi hindari makanan yang mengandung terlalu banyak gula.

3. Jangan makan berlebihan saat berbuka puasa

tips sehat bugar saat kerja selama puasa - EKRUT
Meski merasa lemas saat berpuasa, usahakan tidak duduk seharian agar badanmu tetap bugar - EKRUT

Berpuasa selama belasan jam akan membuatmu tergoda untuk makan banyak saat berbuka puasa. Nah, kamu justru harus menghindari perilaku ini karena dapat menyebabkan perut terasa penuh dan membuatmu lebih cepat lelah.

Kebiasaan makan berlebihan saat berbuka puasa akan menimbulkan dampak jangka panjang, termasuk membuatmu tidak bugar saat berpuasa pada esok harinya. Jadi, biasakanlah berbuka puasa dengan porsi makan normal.

Baca juga: Tetap produktif selama puasa, ini kuncinya

4. Tidak duduk seharian saat bekerja

Badanmu mungkin akan terasa lemas saat berpuasa, tapi jangan biarkan hal ini menjadi alasan untuk duduk seharian tanpa beraktivitas. Aktivitas fisik ringan selama berpuasa justru bermanfaat untuk membuat kamu tetap bugar.

Sesekali, cobalah beranjak dari tempat duduk untuk meregangkan tubuh. Kamu juga dapat berjalan-jalan di sekitar kursi atau ruangan bila memungkinkan. Akan tetapi, ingatlah untuk tidak melakukannya secara berlebihan agar tidak banyak energi yang terkuras.

5. Makan cukup protein

Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Saat karbohidrat habis selama berpuasa, tubuh memperoleh energinya dari lemak. Jika lemak tidak lagi cukup, maka tubuh akan menggunakan sumber energi lain berupa protein.

Namun, kehilangan protein dalam jumlah besar dapat mengurangi massa otot dan membuat kamu cepat lelah. Jadi, pastikan kamu mencukupi kebutuhan protein dengan mengonsumsi daging, ayam, ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan sejenisnya.

6. Jangan memaksakan diri bila badan sedang tidak sehat

Rasa lapar, lelah, dan badan lemas adalah efek yang lumrah saat berpuasa. Apabila kamu mengalami keluhan lain yang terasa tidak wajar, ini mungkin menandakan bahwa kondisi tubuhmu sedang tidak baik.

Memaksakan diri berpuasa saat tubuh tidak sehat justru dapat memperparah kondisimu dan menurunkan produktivitas kerja. Saat keluhan yang kamu alami mulai tidak tertahankan, segeralah membatalkan puasa dan beristirahatlah sejenak.

Baca juga: Ingin izin tidak ngantor karena sakit? Yuk cari tahu prosedurnya

Berpuasa akan menimbulkan sejumlah efek pada tubuh, termasuk menyebabkan lesu yang mengganggu produktivitas kerja. Meski demikian, makanan yang tepat saat sahur dan berbuka disertai kegiatan fisik ringan dapat mengurangi risikonya.

Jika badanmu tetap terasa lesu setelah menjalani berbagi tips sehat bugar di atas, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai kondisi kesehatanmu. Pasalnya, beberapa masalah kesehatan dapat membuat puasa terasa lebih sulit bagi sebagian orang.

tips sehat bugar saat bekerja selama puasa EKRUT

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

  • health24.com
  • medicalnewstoday.com
  • healthline.com

Tags

Share

Artikel Terkait

olahraga_puasa.jpg

Lainya

Berikut tips berolahraga saat bulan puasa di rumah

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
buka_puasa.jpg

Careers

5 Tips Buka Puasa Bersama Keluarga

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
youtube_ramadan.jpg

Technology

Ini yang banyak diakses masyarakat Indonesia selama Ramadan

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read