Published on

startup

Traveloka umumkan pendanaan baru senilai 3.6 Triliun

Nur Lella Junaedi

Traveloka-umumkan-pendanaan-baru-senilai-3.6-Triliun-EKRUT.jpg

Traveloka kabarnya baru saja mengumumkan pendanaan baru yang mereka dapatkan. Total pendanaan yang dikumpulkan perusahaan diperkirakan senilai USD 250 juta atau mencapai sekitar Rp 3.6 triliun. 

Dikutip dari berbagai sumber, kabarnya pendanaan ini dipimpin oleh lembaga keuangan global termasuk di dalamnya ada investor yang dahulu sempat menyuntikkan dana seperti East Ventures, GIC, FWD Group, Siam Commercial Bank hingga Qatar Investment Authority (QIA).

Rencananya pendanaan ini akan digunakan perusahaan untuk memperkuat perusahaan dan mendorong upaya memberikan penawaran di bidang-bidang prioritas tertentu seperti bidang gaya hidup, perjalanan dan solusi layanan keuangan. 

Dalam pengumuman tersebut, Ferry Unardi selaku CEO Traveloka bercerita bahwa sepanjang 8 tahun berdiri, baru kali ini perusahaan benar-benar terpukul akibat dampak Covid-19. 

Pembatasan perjalanan membuat banyak pelanggan Traveloka meminta pengembalian dana kepada perusahaan dan mengakibatkan perusahaan harus melakukan PHK yang kabarnya mencapai 100 orang staf beberapa waktu lalu. 

Baca juga: LinkedIn PHK 960 karyawan di seluruh dunia

Tak hanya itu, perusahaan afiliasi Traveloka yakni Airy juga harus menutup bisnisnya secara permanen Mei lalu. 

Perusahaan juga telah banyak ditinggalkan oleh jajaran eksekutifnya saat berada di tengah-tengah masa krisis seperti oleh Hendrik Susanto selaku Chief investment officer, Halif Hamzah Head of Singapore & Malaysia dan Benjamin Man selaku chief of Technology.

Sebelumnya pada Juni lalu Dealstreet pernah memberitakan bahwa perusahaan tengah membicarakan kesepakatan bernilai lebih dari USD 100 juta dari investor yang ada. Bahkan nilai ini kabarnya cukup besar hingga mencapai USD 500 juta namun terhalang akibat Covid-19. 

Saat itu disebutkan bahwa GIC memimpin pendanaan terbaru dan perusahaan juga sedang dalam pembicaraan dengan investor Qatar Investment Authority (QIA) yang diperkirakan menjadi investor utama dalam pendanaan saat ini. 

Traveloka sendiri kini sudah beroperasi di berbagai negara seperti Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina dan Australia. Di beberapa negara tersebut bidang bisnis pariwisata mulai kembali pulih. 

Seperti di Vietnam menurut Ferry telah pulih 100 persen sebelum Covid-19, lalu di Thailand pulih sekitar 50 persen. Indonesia dan Malaysia juga turut pulih pasca pandemi secara perlahan. 

Bahkan pemerintah di beberapa negara tersebut telah mendukung pemulihan kembali industri pariwisata. Contohnya pemerintah Thailand yang memberikan subsidi senilai USD 722 juta untuk perjalanan domestik. 

Baca juga: Tips ide marketing efektif agar tetap kreatif di tengah Covid-19

Pemerintah di Singapura dan Vietnam juga memberikan dukungan yang serupa dengan turut menggalakkan lagi kampanye pariwisata lokal. 

Sementara itu, di Indonesia sendiri pihak resort di Bali berencana mulai  buka kembali kunjungan wisatawan lokal mulai minggu ini dan untuk wisatawan internasional  rencananya mulai dibuka September nanti. 

Traveloka umumkan pendanaan baru senilai 3.6 Triliun EKRUT

Sumber: 

  • Reuters.com
  • DealStreetAsia.com
  • TechinAsia.com
  • Medcom.id

Tags

Share

Artikel Terkait

talenta_sleekr.jpg

startup

Kembangkan bisnis, Sleekr akuisisi Talenta

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
startup_fintech.jpg

startup

Startup fintech jadi incaran investor di indonesia

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read
travel.jpg

startup

Traveloka dan Tiket.com dominasi agen travel online

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read