Published on

Technology

Yuk, manfaatkan crowdfunding untuk penjualan produk Anda

Widyanto Gunadi

crowdfunding.jpg

Di era teknologi, Di era teknologi, segalanya dituntut untuk serba efisien. Tidak hanya untuk mendapatkan pendanaan, crowdfunding juga sangat bermanfaat untuk membangun branding bisnis anda. Apa itu crowfunding? Apa saja keunggulan memanfaatkan crowfunding untuk penjualan produk? Berikut ulasannya untuk Anda.

Apa itu crowdfunding? 

Crowdfunding merupakan salah satu jenis dari kategori fintech sebagai layanan yang bergerak di bidang pendanaan. Crowdfunding menjadi satu cara mendapatkan modal untuk suatu bisnis atau pun proyek dengan mengumpulkan dana dari banyak orang dengan menggunakan jaringan Internet. Dengan adanya crowdfunding, siapa pun bisa mengutarakan idenya atas suatu produk atau proyek ke situs crowdfunding untuk mendapatkan modal usaha.

Keunggulan untuk penjualan produk

Crowfunding memiliki banyak manfaat untuk penjualan produk. Melalui crowdfunding, dapat membangun branding bisnis dan memperoleh lebih banyak keuntungan. Lalu, apa saja sih keunggulan memanfaatkan crowfunding untuk penjualan produk?

Jangkauan platform 

Dengan meluncurkan produk pada platform crowdfunding, Anda secara efektif mendapatkan pemasaran dan promosi gratis. Jangkauan dan pengguna di setiap platform mungkin berbeda, tapi Anda tetap mendapatkan cakupan pasar serupa. Ini sangat penting, karena Anda memerlukan kuantitas untuk menyebarkan berita bisnis untuk mendapatkan pengikut, serta membangun merek bisnis Anda.

Target pengguna 

Platform yang berbeda mungkin membidik pasar konsumen yang berbeda pula. Anda bisa mencoba metode trial-error dalam berbagai platform yang berpotensi menjaring segmen pengguna baru. Misalnya, Kapital Boost, platform crowdfunding untuk usaha kecil dan menengah (UKM) yang mempertimbangkan prinsip-prinsip etis. Platform ini memastikan semua bisnis yang telribat di dalamnya, tidak terafiliasi antara lain dengan industri persenjataan, perjudian, dan hiburan dewasa. 

Tentu saja ini menjadi hal yang baik bagi Anda yang ingin mengembangkan UKM. Dengan demikian, kampanye bisnis yang Anda rencanakan, sejalan dengan prinsip etis pada platform yang berkelanjutan. Pada akhirnya, bisnis Anda mendapatkan pengakuan dari para konsumen.

Jaringan bisnis yang luas 

Sebagian besar bisnis yang sukses, memiliki jaringan luas dengan perusahaan dan individu lain. Dengan memanfaatkan platform crowdfunding, Anda juga dapat memperkuat jaringan. Platform ini bisa menjadi memfasilitasi pertemuan calon klien, investor, mitra serta karyawan. Anda bisa memanfaatkan jaringan semacam ini untuk membangun kesuksesan usaha, sekaligus mengembangkan identitas bisnis.

Pemasaran gratis

Pemasaran gratis yang Anda nikmati pada platform crowdfunding, dapat menjadi alat pemasaran yang strategis dan promosi viral di dunia maya. Selain itu, jangan lupakan promosi mulut ke mulut sebagai solusi periklanan terbaik untuk menjaring investor. 

Anda bisa mempelajari platform yang fokus pada teknologi, seperti Indiegogo. Platform ini menampilkan perusahaan Anda kepada pengunjung yang mencari peluang investasi. Bukan tak mungkin, pada akhirnya, bisnis Anda sampai kepada mata konsumen lain yang jatuh hati pada produk Anda.

Bukan tak mungkin juga, para investor akan menjadi mitra bisnis yang royal setelah kampanye crowdfunding usai. Pada akhirnya, kesuksesan sebuah bisnis tidak hanya ditentukan oleh jumlah penjualan yang anda hasilkan, melainkan brand image yang Anda bangun. Lalu, setelah membaca uraian ini apakah Anda semakin tertarik dengan crowfunding?

 

Sumber:
inc-asean.com
kapitalboost.com
kompas.com
berinovasi.com

 

Tags

Share

Artikel Terkait

3_Jenis_Rasio_Likuiditas__Manfaat__dan_Panduan_untuk_Menghitungnya.png

Careers

3 Jenis Rasio Likuiditas, Manfaat, dan Panduan untuk Menghitungnya

Sylvia Rheny

24 January 2022
5 min read
Sebenarnya_apa_itu_omset__Berikut_pengertian_dan_panduan_untuk_meningkatkannya!.jpg

Lainya

Omset adalah? Berikut Pengertian dan Panduan Meningkatkannya

Sylvia Rheny

21 January 2022
5 min read
merek_apple.jpg

startup

Sepenting apa sih, branding untuk perusahaan teknologi?

Widyanto Gunadi

21 January 2022
0 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh deskripsi diri sendiri yang profesional dan menarik HRD

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
02

Tips menyampaikan kata-kata perpisahan kerja yang berkesan

Maria Tri Handayani

23 September 2021
5 min read
03

6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Maria Tri Handayani

23 September 2021
6 min read
04

12 Jenis strategi pemasaran yang paling efektif beserta contohnya

Tsalis Annisa

09 November 2021
5 min read
05

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

01 December 2021
3 min read